Tragedi Situ Gintung, Ratusan Rumah Hancur Masjid Utuh Berdiri


 rumah-rumah penduduk di sekitarnya banyak yang rata dengan tanah. rumah-rumah penduduk di sekitarnya banyak yang rata dengan tanah.

JAKARTA (SuaraMedia) – Sebuah masjid masih tegar berdiri pascajebolnya tanggul Situ Gintung di Kampung Situ, Cirendeu, Ciputat, Tangerang, Banten.

Ini tergambar dari sebuah video yang diunggah ke situs di alamat youtube atau  http://tinyurl.com/cee96n. Dalam video yang berdurasi 4 menit 6 detik, video milik fitriscooter99 ini, menggambarkan sebuah masjid berlantai 2 yang tetap berdiri.
Sementara, rumah-rumah penduduk di sekitarnya banyak yang rata dengan tanah. Dalam video juga tergambar, sebuah rumah yang berada di ketinggian akhirnya roboh akibat tanah longsor.

Air terlihat sudah mulai surut, namun kondisi tanah di tempat yang lebih tinggi terlihat rawan longsor. Warga banyak yang berkumpul untuk melihat kondisi di Kampung Situ.

Sejak Zaman Belanda, Tanggul Belum Pernah Direnovasi


Tanggul Situ Gintung belum pernah sekalipun direnovasi. Tanggul ini dibangun sejak zaman Belanda.

Menurut Informasi Kepala Balai Besar Wilayah Cidurian dan Sungai Cisadane Provinsi Banten, Joko Suryanto mengatakan, sejak zaman Belanda belum sekalipun tanggul direnovasi.

“Biasanya hanya dilakukan pengerukan saja. Itu terakhir dilakukan tahun 2008 oleh Pengairan Departemen Pekerjaan Umum,” kata dia kepada wartawan.

Nama Situ Gintung tidak pernah diubah sejak pertama tanggul dibangun oleh pemerintah Belanda. Situ yang memiliki luas 31 hektare dengan kedalaman 10 meter ini awalnya diperuntukkan bagi sistem pelimpahan dan penampungan air hujan.

Menurut warga sekitar, mereka telah meminta perbaikan tanggul sejak tiga tahun lalu. Saat itu, air di Kali

Pesanggrahan meluap dan menyebabkan banjir di kawasan sekitar.

Situ Gintung pernah dijadikan tempat wisata. Kawasan seluas 150 hektare tersebut akhirnya menyempit. Keberadaan rumah-rumah di sekitar Situ juga tidak dilarang. Sayangnya, kawasan Situ sudah lama tidak diperhatikan oleh Pemerintah Tangerang.

Debit air yang deras, menyebabkan jebolnya tanggul Situ Gintung. Apalagi, kontur tanah di sekitar kawasan tersebut sangat curam, sehingga menyebabkan tanah longsor setelah diterjang air bah dari limpahan Situ Ginting.

Dua Orang dalam Honda Jazz Nyangkut di Jembatan

Dua mobil tesangkut di bawah jembatan Kali Pesanggarahan, Jalan Ciputat Raya, Tangerang, Banten.

Dua mobil tersebut berjenis Honda Jazz dan BMW. Dari informasi petugas Jakarta Rescue Situ Babakan, Zaenuddin mengatakan, di dalam Honda Jazz diduga terdapat dua orang yang masih terjebak di dalamnya.

“Kami kesulitan karena banyak kayu, batang pohon, dan kasur di Sungai Pesanggrahan,” kata dia.

Selain dua mobil tersebut, ada juga lima motor yang hanyut di dalam sungai. Menurut informasi, mobil jazz tersebut milik warga yang tinggal di Perumahan Cirendeu Permai. Jenazah korban jebolnya tanggul Situ Gintung di Kampung Situ, Cirendeu, Tangerang, Banten, telah berada dievakuasi ke Instalasi Forensik RS Fatmawati.

Adapun nama-nama korban jenazah insiden jebolnya tanggul Situ Gintung yang telah tercatat hingga pukul 12.22 WIB sejumlah tujuh korban dan sisanya sedang menuju RS Fatmawati.SUARAMEDIA

Telah terjadi keanehan atau keajaiban atas tragedi jebolnya dam danau Situ Gintung Tangerang pada hari Jumat tgl 27/03/09 jam 04.30. Peritiwa itu terjadi saat berakhirnya azan subuh : asholatu khoiru minanaum (shalat lebih baik daripada tidur) yang berkumandang di sebuah masjid al jabal rahmah. Masjid itu  lokasinya persis dilewati air bah. Tetapi subhanallah, ternyata air dibelokkan oleh Allah SWT. Masjid tetap berdiri tegar utuh. Masjid luput dari terjangan air danau Situ Gintung yang jebol. Ini suatu isyarat agar ditegakkan shalat subuh berjamaah di masjid. Sayang kebanyakan orang masih tidur. SABILI

    • septyan
    • Maret 27th, 2009

    saya turut berbele sungkawa atas tragedi ini .
    tapi menurut saya seandainya saja pemerintah bertindak cepat mungkin semua ini gak akan terjadi.
    sebab tanggul tersebut sudah ada sejak zaman belanda jadi otomatis usia’A sudah terlalu TUA .

    • budi
    • Maret 27th, 2009

    situ gintung merupakan pelajaran yang sangat penting untuk menilik kembali bendungan2 yang dibangun sejak jaman Belanda,Contoh seperti Bendungan pintu 10 SEWAN Tangerang juga merupakan ancaman berikutnya, karena kita lihat juga pemeliharaan kurang diperhatikan sehingga terjadi sedimen lumpur yang mengendap didepan permukaan pintu bendungan,alangkah sayangnya kalau sampai terjadi sesuatu ,berapa besar kerugiaan yang pasti terjadi,sepanjang jalan pinggir kali yang sudah dibangun oleh Bupati WAGIMAN terdahulu akan longsor, karena begitu terjadi penyurutan permukaan air,erosi akan terjadi disepanjang kali, saya sdh berumur 53Th, sejak saya kecil,BENDUNGAN PINTU SEWAN tsb merupakan tempat rekreasi kota TANGERANG, bayangkan umur bendungan tsb bisa sudah mencapai seratus tahun lebih,Himbauan untuk pemda Tangerang ,JANGAN BIARKAN BENDUNGAN YANG SUDAH ADA RUSAK KARENA KURANG PERHATIAN PEMELIHARAAN ATAU KITA MASIH KEKURANGAN TENAGA AHLI YANG MENGERTI SOAL BENDUNGAN,PADAHAL KITA KAN NEGARA AAGGRRAARRIIAA

  1. Inallilahi wainaillaihi radziun,turut prihatin atas kejadian yg menimpa saudaraku,semoga tabah menjalani ujian ini.

    • DONY SUGIANTO
    • Maret 28th, 2009

    kami mengetuk para calon wakil rakyat untuk senantiasa merasakan penderitaan para korban tragedi situ gintung , dari pada menghamburkan uang di pake kampanye untuk hiburan ,masih ada yang lebih bermanfaat dan sangat membantu terhadap tragedi kemanusiaan ,jebolnya situ gintung di Tanggerang Banten

    • DONY SUGIANTO
    • Maret 28th, 2009

    kami turut berduka cita yang sangat dalam

    • edy
    • Maret 28th, 2009

    inalillahi wa inna ilaihi roji’uun,
    kuasa alloh tdk satupun mahluk dapat menghentikan,..
    turut berduka cita, thd saudara2 kita.
    kpd Para Pejabat tlg action sebelum musibah datang… jgn tunggu penderitaan menerpa,
    selagi ada waktu knp tidaaaaaaaaaaakk ????
    Dan yg skrg penting atasi musibah ini dgn sebijjjak 2 nya…

    • abu khaleed
    • Maret 28th, 2009

    Innalilliahi wa innailaihi raji’un. turut bela sungkawa.
    Sesunggguhnya yang namanya bencana memang pada saat orang2 sedang bersenda gurau atau pada saat orang tertidur lelap. Baca Al Qur’an.
    Jangan hanya dilihat dari faktor tuanya Situ Gintung, tapi lihat juga dari sisi maksiat yang diperbuat penduduk setempat, serta tidak ada yang mengingatkan. Prostitusi mungkin, kost2an mesum mungkin, atau maksiat yang lain. Masjid yang tetap kokoh berdiri mungkin itu sebagai hikmah kejadian ini.
    Seperti yang banyak terjadi di Aceh pada Tsunami 2004. Masjid tetap berdiri kokoh pada saat yang lain brantakan.
    Tidak Menarik, bukan ??

  2. Ya ini masalah kita bersama. Mari berpikir supaya tragedi spt ini tidak lagi terjadi. Silahkan kunjungi blog saya bagi yang berkenan (saya menuangkan uneg-uneg saya tentang masalah ini) http://www.newsoul-sayangidirimu.blogspot.com

  3. waduwww akk turudd prihatinnn ma yang terkena musibahh,smga di tabahkann
    seharussnya dari duluuu d benerinya jangan pas udah jebol baru d benerinnn huhuhuuuu

    • iema
    • Maret 28th, 2009

    kami turut berduka cita atas bencana ini!
    Semoga dgn kejadian ini umat manusia semakin teringat akan kuasa ALLAH,,,Sudahlah masalah ini jgn saling menyalahkan! Kita tahu smua ini memang ulah manusia juga,Tabahlah kalian semua yang terkena musibah ini !
    Sekian

    • Humor lucu
    • Maret 28th, 2009

    Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun

  4. saya turut berduka cita atas musibah yang terjadi di situ gintung. ini bukan musibah yang pertama kalinya terjadi di tempat wisata. mengapa ini bisa terjadi??? karna semakin tipis nya iman seseorang sehingga banyak yang memanfaatkan tempat-tempat wisata sebagai tempat pelampiasan nafsu khususnya anak-anak muda sekarang ini…sudah lah, yang penting kita sebagai anak bangsa yang mempunyai moral dan agama, harus lebih bisa menjaga diri.. dan untuk pemerintah setempat, tolong perhatikan daerah kekuasaannya, jangan hanya memikirkan kekuasaan pribadi.

    • M. Ilyas
    • Maret 28th, 2009

    Innalillahi wainna ilaihi Raji’un, Musibah telah terjadi, jadika ia ibrah untuk menatap ke depan.”Sudah tepatkah qt menyikapi alam sebagai amanah yang harus dikelola dengan bai????????????

  5. subhanallah … masjid masih utuh

    saya beberapa kali pernah sholat di masjid tersebut saat berkunjung ke Gintung

    • Irwan
    • Maret 28th, 2009

    Innalillahi wainna ilaihi Raji’un, bencana sudah terjadi, perlu adanya evaluasi dan tanggap terhadap laporan warga agar tidak terulang di tempat lainnya.

  6. Innalillahi wainna ilaihi Roji”un, ikut berduka pada seluruh korban tragedi jebolnya tanggul situ gintung Ciputat Banten, perlu adanya instrospeksi semua pihak baik masyarakat sekitar maupun pemerintah yang mempunyai wewenang wilayah situ gintung, agar kejadian tersebut tidak akan terulang lagi kelak !! yang jelas Allah swt telah memberikan peringatan !!! yang tidak menutup kemungkinan terjadi di tempat-2 lain !!

    • Gugun Guntara
    • Maret 28th, 2009

    SUBHANALLAH……MASJID BERDIRI KOKOH DI TENGAH BENCANA
    MERUPAKAN TANDA ALLAH BERKUASA ATAS SEGALANYA

    BANGKIT UMAT ISLAM !!!!!!!!!!!!!!!

  7. yach itulah keajaiban tuhan…

    • Abah Rendahhati
    • Maret 29th, 2009

    WAHAYYYY…… BANGSA INDONESIA, AWAL KEKUASAAN SBY-JK DIAWALI DENGAN TSUNAMI DI UJUNG BARAT INDONESIA, LALU DI AKHIR KEKUASAAN MEREKA DI AKHIRI JUGA DENGAN TSUNAMI DI………..DEPAN HIDUNG SBY-JK !, APAKAH SEMUA INI CUMA KEBETULAN ???, APAKAH INI BUKAN PERINGATAN ??? BUAT BANGSA INDONESIA ????, WAHAYYY BANGSA INDONESIA, INI ADALAH PERINGATAN TUHAN UNTUK KITA SEMUA, BANGSA INI SUDAH SALAH URUS, PARA PEMIMPIN KITA BORO-BORO MIKIRKAN RAKYAT, YANG DIPIKIRKAN CUMA “APA YANG BISA DI CURI HARI INI”, LEBIH-LEBIH LAGI PARA PENCURI DAN PERAMPOK DI DPR “DEWAN PENCURI DAN peRAMPOK” DAN MPR “MAJELIS PENCURI DAN peRAMPOK” SEMAKIN MENGGILA. MEREKALAH YANG MENJADI PENYEBAB MURKANYA TUHAN, MEREKALAH YANG DI PERINGATKAN TUHAN DENGAN BENCANA-BENCANA DAN SILIH BERGANTI TIDAK TERPUTUS DARI MINGGU-KE MINGGUNYA. WAHAY BANGSA INDONESIA KITA HARUS PEKA BAHWA INI ADALAH PERINGATAN TUHAN UNTUK KITA KARENA MENGELOLA NEGERI INI DENGAN CARA YANG SANGAT SALAH, KITA MEMBERIKAN AMANAT (MELALUI PEMILU) KEPADA BANGSAT BAJINGAN PENCURI DAN PERAMPOK, KITA RAKYAT INILAH YANG MEMBUAT MEREKA LELUASA MENGURAS HARTA NEGERI INI. WAHAYY …. BANGSA INDONESIA, KITA HARUS MERUBAH SISTEM YANG SALAH INI, KARENA JIKA TIDAK………TUHAN TIDAK AKAN LAGI MENGINGATKAN KITA DENGAN BENCANA, TUHAN TIDAK AKAN LAGI MEMBERI PERINGATAN, TUHAN AKAN BERTINDAK DENGAN CARA “MENCUCI BERSIH” BANGSA INDONESIA. LIHATLAH BOSNIA, AFGANISTAN, IRAQ, MEREKA DIPERINGATKAN DENGAN BENCANA TAPI TIDAK SADAR-SADAR JUGA AKHIRNYA TUHAN “MENCUCI BERSIH” MEREKA, DARI RT SAMPAI PRESIDEN DAN SELURUH PNS NYA HAAABBBISSS… BEGITU JUGA KITA KALAU TIDAK MAU BERUBAH MAKA TUHAN AKAN MENCUCI BERSIH BANGSA INDONESIA INI, SEHINGGA DARI RT SAMPAI PRESIDEN NYA HABBISSS, SEMUA PNS NYA YANG KERJA NYA “CUMA MIKIRIN APA YANG BISA DI MALING HARI INI” JUGA AKAN HABBISS SEMUA, DAN AKAN TUHAN GANTI DENGAN ORANG-ORANG BARU. WAHAYY BANGSA INDONESIA….. SADARLAH KITA INI DIKELILINGI OLEH “PARA TUKANG CUCI” YANG BENGIS BIADAB YANG AIR LIURNYA TIDAK BERHENTI MENETES INGIN SEGERA JADI TUKANG CUCI BANGSA INDONESIA, AUSTRALIA, AMERIKA, CHINA, ADALAH TUKANG CUCI YANG MENGINTAI KITA SETIAP SAAT. INGATLAH KITA DIKELILINGI OLEH ARMADA MILITER AMERIKA, BELUM LAGI CECORO-CECORO MEREKA YANG TIDAK SABAR UNTUK TURUT ANDIL IKUT MENCUCI KITA, MEREKA : KABUPATEN MALAYSIA DAN KECAMATAN SINGAPURA ADALAH BAHAYA YANG TIDAK BISA DIANGGAP REMEH ! WAHAYYY BANGSA INDONESIA, CHINA TIDAK HENTI-HENTINYA MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK PERANG MILITER TERBUKA DENGAN BARAT DAN SIAP MEMBANJIRI ASIA DENGAN BALATENTARANYA. LALU APA YANG SUDAH KITA PERBUAT ???? TIDAK ADA ?? PARA BANGSAT YANG MEMIMPIN KITA HANYA BERIPIKIR “APA YANG BISA SAYA CURI HARI INI” BORO-BORO NGURUSIN RAKYAT. MAKANYA RIWAYAT HIDUP BANGSA INI DARI HARI-KE HARI HANYA DI ISI DENGAN “BENSIN HILANG”, “BERAS HILANG”, “MINYAK GORENG HILANG”, “KEDELAI HILANG”, “GAGAL PANEN”, “SAWAH KERING”, “TARIF ANGKOT NAEK” DLL ITU LAGI-ITU LAGI ITU LAGI-ITU LAGI. WAHAYY SAUDARAU BANGSA INDONESIA SADARLAH SEBELUM KITA “DICUCI” !
    SALAM CINTA,
    ABAH

  8. Situ Gintung daerah yang sangat bagus…. dulu ! Airnya bening, kalo mancing disitu ikannya keliatan… dulu ! Tapi belakangan di situ gintung bukan ikannya yang keliatan. tapi kondom bekas yang ngambang. Ampuuun…..

  9. Turut berduka cita ya..

    • budi
    • Maret 29th, 2009

    TSUNAMI ALAM DAN TSUNAMI BUATAN MANUSIA
    THN 2004 Tsunami besar terjadi dan THN 2009 tsunami kecil terjadi, wahai pejabat pemerintah bekerjalah lebih fokus pada kesejahteraan RAKYAT ketimbang kepentingan PRIBADI, SEMOGA TUHAN YME menyadarkan kita semua amien

  10. turut berduka cita
    semoga masyarakat, sodara2 kita yang ada disitu gintung diberi ketabahan
    bagi sodara2 yang lain mbok ya jangan membuat pemandangan di situ gintung jadi tambah miris dengan foto2, bergaya bak super model
    ga etis banget

    • Sammy
    • Maret 29th, 2009

    Turut berduka cita kepada saudaraku yang terkena musibah ini, Pemerintah harus mengembalikan situ pada fungsinya semula luas 30 Ha sekarang tinggal 21 Ha, Bapak2 petugas Pengairan apakah anda tidak mengantisipasi sebelum kejadian ini…? semoga para korban ditempatkan ditempat yg layak disisiNya. amin

    • Dede
    • Maret 30th, 2009

    Ya.. mesjid masih berdiri dg tegak bukan krn tempat ibadah !!! tapi krn memang struktur bangunannya yg lebih bagus, serta bangunan yg relatif lebig luas dg bangunan sekitarnya, sehingga menjadi kuat dari terjangan air !! Jangan bandingkan dg rumah penduduk yg lainya yg lebih sempit sehingga struktur bangunan menjadi krang kuta jika dibandigkan dengan masjid !! setiap hari ada doa di masjid tersebut berarti doanya nggak terkabul dong ??? wah…. dasar !! Tapi sesama umat manusia saya tetap berbela sungkawa kpd yg telah menjadi korban bencana, semoga amal baktinya dapat diterima sesuai dg amal baktinya !!

    • mr. X
    • Maret 30th, 2009

    masjid masih berdiri tegak bisa juga diartikan Tuhan marah atas perilaku umat Islam.
    Logis juga kan?

    • airyz
    • Maret 30th, 2009

    Subhanallah. Ini keajaiban Tuhan.

    • anang
    • Maret 30th, 2009

    Innalillahi wainnailaihi rojiun.Turut berduka cita atas korban tragedi situ gintung.

    • hamba allah
    • Maret 30th, 2009

    subahallah ya allah ya rohman ya rohim,sebuah cobaan di alami lg oleh para saudara2 kt,nitip pesan kepada bos2 besar yg memegang bangsa ini,janganlah merauk keuntungan buat kantong sendiri,sadarlah anda2 di pilih oleh rakyat untuk kesejahteraan rakyat,sadarlah bahwa harta itu tidak di bawa sampai mati.tolong lah jaga amanat rakyat yg sudah di titipkan kepada anda.sugguh besar dosanya apabila amanat yg sudah di titipkan kepada anda lalaikan.sadarlah sebelum ajal menjemput anda,ya allah maafkanlah orang2 yg sudah melalaikan amanat2 rakyat.amin

    • gmbrong
    • Maret 30th, 2009

    Subhanallah………..

    [Http://gMbrong.wordpress.com/]

  11. saya turut berduka cita atas tragedi situ gintung yg banyak menewaskan banyak org……….

    • awang
    • Maret 30th, 2009

    situ apa artinya ya??

  12. Subhanallah…inilah sekian banyak bukti dari kebesaran Allah kalau tempat peribadatan umat islam beserta agamanya akan selalu tegak dimuka bumi sampai hari kiamat dan sebagai peringatan kepada orang-orang kafir yg selalu
    menghujat Islam

    • omiyan
    • Maret 30th, 2009

    ini musibah sekaligus peringatan buat kita semua…

    http://bungaliani.wordpress.com/2009/03/30/situ-gintung-dan-sebuah-cermin/

  13. Sudah beribu-ribu tanda kekuasaan Allah telah Dia tunjukkan kepada rakyat Indonesia ini, namun masih ada pula yang tetap mengingkarinya. wah dasar manusia..

    lihat foto masjid yang masih kokoh serta bendungannya secara jelas di:
    http://www.muslimdaily.net/2009/03/28/Masjid+dan+Luluh+Lantaknya+Situ+Gintung.html

  14. ksami seluruh staf karyawan dan karyawati pt. temam lestari mandiri mengucapakan rasa belasungkawa. inilah kebesaran allah.dan allah ngak akan menguji umatnya melebihi batas kemampuannya

  15. SubhanALLAH ,,, q ikt berduka cita ats musibah tersbt..in adlh kksn Allah..Bangunan Masjid msh uth sdgkan rumah hncr smw..semg smw nya dbr ktbahn untk mghdp smw msbh2 yg ALLAH berkn!!! SEKALI LAG Q IKT BERDUK@ CIT@ sedlm2ny!!!

  16. kiamat kubro telah menegur kita, menorehkan kembali apa saja yang telah kita perbuat selama ini ….. tragedi situ gintung ini sebagai cermin kita semua, amiiieeennn ……. !!

  17. KASIHANYA SITU GINTUNG 50 ORANGTEWAS DAN BANYAK ORANG KEHILANGAN KELUARGANYA

  18. SIBHANALLAH MASJID TETAP BERDIRI SARANKU PEMERINTAH HARUS MEMPERBAIKI TANGGUL

  19. Biasalah bangsa kita punya budaya kalo belum ada yang modar belom di sentuh apa lagi yg korban ada pejabat baru repot.kemarin pada ke mana aja bung?

    • Patriot muslim
    • Maret 31st, 2009

    Caci maki tidak akan akan membantu korban apalagi membangun masyarakat buat kita bertindak dengan menolong apa yg kita itu lebih bijak dan sepantasnyalah kita berdoa kepada korban agar mereka mendapat tempat yg layak di sana . Amiin ya robbal alamin

  20. Innalillahi wainnailaihi rojiun.Saya Turut berduka cita atas korban tragedi situ gintung,semoga mereka yang mendapat musibah diberikan kekuatan untuk menjalani hidup ini, dan untuk pemerintah semoga lebih perhatian kepada rakyatnya

  21. saya juga berada disana selama 3 hari dan menyaksikan pula masjid yang masih utuh,namun menurut saya itu bukan suatu mikjizat,atau keajaiban, tapi memang kontruksinya yang bagus dan mungkin mereka yang mengerjakan tidak berani untuk korupsi, jadi ya wajar saja kalau tidak runtuh karena memang kontruksinya bagus dan tidak dikorupsi dari segi semen,pasir,batubata dan besinya

    • Arbawe
    • April 4th, 2009

    dengan adanya musibah ini,perlu di tingkatkannya pemahaman diri untuk selalu mendekatkan diri pada yang kuasa.semoga saudaraku di beri kesabaran dalam menghadapi segala cobaan karena,di balik cobaan pasti ada hikmahnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar