Bisa Nangis, Tikus Jumbo Hebohkan Warga


Malang – Seekor hewan pengerat bikin heboh. Puluhan warga mendatangi dan menjubeli halaman rumah Narno (64), warga Dusun Kebonsari, Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, untuk melihat hewan pengerat yang tak lain adalah seekor tikus.

“Warna kulitnya hitam legam mas. Kalau panjangnya, sekitar 60 centi. Saya baru lihat tikus sangat besar ya baru kali ini,” ungkap Iwan, warga Desa Ngebruk saat ditelepon.

Dari keterangan yang dihimpun, tikus ukuran jumbo itu ditangkap Narno pada Sabtu (6/02) lalu sekitar pukul 11.30. Saat itu, tikus yang ukuranya tidak lazim itu, masuk kerumah Narno.

Narno sendiri adalah seorang juru kunci makam di dusun kebonsari yang sudah puluhan tahun lamanya. Rumah Narno sendiri, berada dipojok dusun dan berdekatan dengan makam umum.

Meski agak jauh dari rumah warga lainnya, dikanan kiri rumah Narno terdapat sawah yang luas. Meski selama ini ia banyak menangkap tikus berukuran lazim, saat berpapasan dengan tikus aneh itu, Narno mengatakan jika dia menangkapnya saat tikus itu berpapasan diruang belakang rumahnya.

“Saya sempat kaget kok ada tikus masuk. Begitu saya tangkap, nggak tahunya memang bentuk dan fisiknya beda dengan tikus pada umumnya,” ungkap Narno saat menjeskan didepan warga yang penasaran dengan tikus tangkapanya itu.

Menurut Narno serta beberapa warga desa, ada beberapa keanehan dan tak lazim pada hewan pengerat itu. Selain warnanya yang hitam legam, bulunya agak berdiri.

Anehnya lagi, jika pada umumnya jari kuku tikus hanya empat saja, tikus yang ditangkap Narno mempunyai lima jari. Dan yang lebih menghebohkan warga, tikus itu kerap menangis jika malam sudah larut.

Biasanya, tikus yang mempunyai panjang ekor 30 centi itu, suara tangisanya mirip suara manusia. Bedanya, saat diperhatikan secara teliti, tikus jumbo itu tidak mengeluarkan air mata layaknya manusia. Hanya suaranya saat menangis, mirip manusia.

“Malam ini ramai mas. Ada banyak orang yang datang melihat tikus aneh itu. Apalagi, memang banyak warga yang mendengar langsung suara tangisan tikus. Biasanya, suara tangisnya di atas jam 12 malam,” terang Saptono, Warga setempat yang melihat langsung tikus aneh tangkapan Narno, Rabu (10/2) malam ini.

Dijelaskan Saptono, bau tikus itu juga sangat menyengat seperti bau manusia yang lama tidak mandi. Selain itu, jari-jemarinya mirip jari manusia. Ia juga menjelaskan jika malam ini, banyak sekali warga yang berdatangan kerumah Narno.

Bahkan, menjelang dini hari sejak tikus itu ditangkap, beberapa warga tak sedikit yang menunggui sampai tikus itu terdengar menangis.

“Suara tangisanya mirip suara manusia. Cuma, tidak keluar air matanya. Tikus aneh itu juga kelihatanya berkelamin jantan. Pasalnya, warga mengetahui hal itu melihat dari alat kelaminya yang agak panjang. Sedang bulunya, hitam legam dan agak berdiri menyerupai landak,” papar Saptono.

Saat ini, tikus aneh yang membuat warga sekitar berduyun-duyun ke rumah Narno, disimpan dalam kandang berukuran sedang. Kandang yang terbuat dari kawat ram-raman, berbentuk bulat.

Menurut warga sekitar, tikus aneh itu sudah lama diincar dan dilakukan penangkapan tapi selalu lolos karena kerap merusak tanaman padi warga. Bahkan, tikus itu masih ada satu lagi yang lebih besar dan masih berkeliaran.INILAH.COM

Tikus Jumbo Jelmaan Roh Pesugihan

Malang – Beberapa pengunjung yang datang tak sedikit dari wilayah luar Kota Malang. Ada juga warga dari Kediri dan Blitar.

Mereka penasaran karena melihat tayangan televisi jika ada tikus berukuran jumbo yang bisa menangis.

“Bentuknya memang aneh. Tidak seperti tikus pada umumnya. Mungkin saja hal itu ada kaitannya dengan pesugihan. Biasanya, tikus pesugihan itu memang mencari satu butir padi yang disuruh oleh pengendali tikus atau tuannya,” kata Andi Setiawan, warga Desa Kesamben, Blitar yang datang kamis (12/2) malam bersama tiga orang temannya.

Apakah tikus itu sendiri adalah jelmaan yang diperuntukkan bagi pesugihan semata, menurut Narno, hal itu memang mengundang reaksi berbagai ragam dikampungnya.

Malah, beberapa hari lalu dan pagi tadi, ada orang yang mau membeli tikus dengan harga Rp 5 Juta. Tapi, syaratnya tikus itu harus Narno lepaskan. Karena tidak mau, orang yang mau membayar tunai itu langsung pergi.

“Saya tidak tahu dia orang mana. Dia cuma mau bayar dan bisa menemuinya disatu tempat kalau ingin uang Rp 5 Juta. Karena saya menolaknya, ya orang itu akhirnya pergi,” kata Narno.

Khawatir jika tikus itu nantinya hilang atau dicuri orang, Narno pun terpaksa meletakkan tikus dalam sangkar berukuran oval itu kedalam kamar pribadinya.

Selain dikunci dari luar, biasanya, Narno baru mau menunjukkan tikus aneh berukuran jumbo itu pada sore hari. Pasalnya, ia sendiri harus mencari uang dengan menjadi buruh penjemur gabah.

Meski pagi hingga siang hari banyak warga yang berdatangan kerumahnya, Narno pun memberi pesan pada Sriatun Istrinya, agar tikus itu tidak dikeluarkan dan boleh dilihat jika dirinya sudah pulang kerumah.

“Pesen bapak sih memang begitu. Kalau mau lihat tikus, nanti sore saja kalau bapak sudah pulang kerja,” papar Sriatun pada beberapa pengunjung yang nampak memenuhi halaman rumahnya. [beritajatim.com/bar]

Iklan
    • azzaam
    • Februari 15th, 2010

    kok bisa yah 😀

    • aaa
    • Februari 15th, 2010

    Wah, biasa aja..kan kalo kambing ato sapi mao dipotong juga nangis kok..mungkin tikus itu juga ngira mau dipotong.hahaha

  1. Makin bnyk juga yg aneh, ck…ck…ck

    • chilli
    • Februari 22nd, 2010

    wah kalo kayak gitu sih banyak di batam….udah biasaaa……

    • kim
    • Maret 1st, 2010

    saya tinggal d amerika sekarang. gw bs d bilang tuh peneliti ttg binatang gitu. nah baru2 ini tuh emang bru d temuin jenis tikus baru yg emang bisa mencapai ukuran sebesar anjing berukuran sedang. skg d sni menyebutkan tikus jenis itu adalah ratzilla. rat(tikus biasa) zilla(yg sangat besar atau ukuran yg melebihi ukuran biasanya) di sini emang sudah banyak sekali yang menemukan tikus2 ini

      • nyonyogoblog
      • April 14th, 2010

      kok bisa?mutasi gen?

    • nocturnal pulse
    • Maret 6th, 2010

    wah species baru ya? atau jangn2 hewan langka
    harus jadi yg pertamax buat ngasih nama ilmiahnya….
    tapi itu orng2 desa pasti dianggap mahluk siluman
    haa, cepe deh

  2. Itu tikus bukan nangis kaliii tpi kelilipan,,,ha,,,ha,,,ha,,,

    • zha
    • Maret 25th, 2010

    kay tikus kutukan ya, ta[i kasian bangat tuh tikus . . .
    dia nangis pasti ada sebab’a dech . . .
    tapip kita kan ga pernah tau apa yang dia rasa’in sampe dia nangis . . .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: