Museum – Museum Paling Aneh Di Dunia


TERNYATA, tak semua museum diberdirikan atas dasar suatu kebudayaan yang hendak diabadikan. Beberapa museum didirikan justru karena ada suatu aspek yang dianggap eksotis.

Mungkin kita tak pernah terpikir beberapa hal yang kita anggap biasa saja, namun ternyata menginspirasi untuk dijadikan sebuah museum.

Tanpa mempedulikan betapa anehnya subjek yang menjadi benda utama dalam museum yang dibuat, tapi museum-museum aneh ini nyata ada di dunia.

Berikut beberapa museum aneh tersebut, sebagaimana dilansir CNNGo, Senin (14/11/2011):

Museum Keran Air, Beijing, China

Dari namanya saja sudah terdengar cukup aneh bukan? Ya, tapi museum ini benar-benar ada di Beijing, China.

Museum yang didirikan di sebuah bangunan yang dulunya berbentuk tabung di pusat Beijing ini diubah menjadi tempat diabadikannya keran-keran air dari jaman dahulu hingga yang paling terbaru.

Secara keseluruhan, kurang lebih telah ada 130 model keran air yang benar-benar asli dari jamannya.

Selain itu juga ada artefak dari kupon penerimaan air dari jaman awal mula adanya keran air dari perusahaan air bernama Jingshi Tap Water Company.

Tapi jangan sampai tergoda mencicipi air dari dalam keran air yang ada di dalam museum itu ketika merasa haus setelah membaca sejarah dari masing-masing keran air yang dipamerkan di sana, pasalnya penduduk Beijing sudah lama tahu bahwa air dari keran-keran air tersebut tidak aman diminum.

Yang tidak boleh dilewatkan dari museum tersebut: miniatur sistem filtrasi keran air yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di Forbidden City.

Museum Karya Seni yang Jelek, Amerika Serikat
Karya seni yang buruk pun dapat dihargai dengan dikumpulkan menjadi satu dan diabadikan ke dalam sebuah museum.

Sebuah museum di Massachuset, Amerika Serikat, menyimpan setotal 600 benda karya seni buruk yang pernah ada di dunia.

Karya seni buruk yang dimaksud adalah sebuah karya seni yang gagal dalam pembuatannya. Semisal, lukisan seorang ibu bergaya pop art, namun gambar tersebut tidak sempurna, karena terjadi kesalahan penggambaran. bagian badan si ibu tidak asimetris dengan bagian tubuh lainnya.

Sehingga dalam gambar tersebut badan ibu yang ada di gambar tersebut terpisah dengan bagian pinggang.

Museum Tali Leher Anjing, Inggris
Sekitar setengah juta pecinta hewan peliharaan bersukacita menyambut kehadiran sebuah museum yang menampilkan beragam perlengkapan anjing. Museum ini pun menjadi satu-satunya di Inggris.

Anjing merupakan binatang peliharaan yang selalu ada di tanah halaman milik para bangsawan seperti di Leas Castle (Puri Leas).

Anjing-anjing ini lah yang menyemarakkan hidup Lady Baillie, seorang pemegang warisan terakhir di keluarga bangsawan di puri itu. Lady Baille begitu mencintai anjing, hingga dia pun terinspirasi mendirikan museum ini.

Museum ini memamerkan 100 pakaian anjing yang unik-unik dari beberapa ratus tahun yang lalu. Sehingga benda-benda di museum ini dapat menjadi dokumentasi sejarah dunia anjing dari abad pertengahan.

Benda paling unik dari museum ini adalah kalung leher anjing dari abad 15 dan 16 dengan hiasan berbentuk paku di seklilingnya untuk melindungi sekitar leher ketika menyerang binatang lain.

Museum Mesin Pemotong Rumput, Inggris
Kenapa tidak mendirikan mesin pemotong rumput? Mungkin begitu yang ada di benak pendiri museum aneh ini. Museum ini didirikan untuk merinci sejarah alat kebun bertenaga.

Jika Anda ingin melihat mesin pemotong rumput bertenaga surya pertama di dunia, atau bentuk asli dari pemotong rumput jaman dahulu, semua ada di museum ini.

Bahkan, mesin pemotong rumput milik kerajaan Pangeran Charles dan Putri Diana, atau pun mesin pemotong rumput yang paling mahal di dunia, semua ada di museum ini untuk masyarakat dunia.

Museum Rambut, Avanos, Turki
Avanos, sebuah kota kecil di pusat Turki, telah dikenal sejak jaman dahulu untuk gerabah gerabah yang luar biasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, kota telah memperoleh ketenaran untuk sebuah pemandangan yang lebih tidak biasa, yaitu sebuah museum kumpulan rambut aneh yang diciptakan oleh seorang pembuat tembikar, Chez Galip.

Di dalam museum ini terdapat rambut dari 16.000 perempuan di dunia, bersama dengan nama dan alamat dari si pemilik rambut.

Museum Penis, Islandia (Iceland Phallological Museum)

Jangan dulu berpikir buruk ketika mendengar adanya museum ini. Museum yang ada di didirikan pada awal tahun 2011 ini didirikan dengan tujuan untuk dapat mempelajari organ vital pria dan pejantan.

Tanpa ada unsur pornografi, tetapi di dalam museum ini terdapat sebanyak 276 “penis” yang tentunya dalam bentuk replika. Ke-276 “penis” tersebut sangat lengkap, mulai dari replika penis dari seekor hamster paling kecil yang berukuran dua milimeter hingga organ vital paus sperma yang berukuran raksasa yakni hingga 1,7 meter.

Museum yang memiliki jargon “satu-satunya museum di dunia yang berisikan replika penis” ini didirikan oleh seorang kakek warga negara Islandia yang telah berusia 95 tahun.

Museum Roti, Jerman

Roti bisa jadi kudapan favorit bagi banyak orang, sehingga menjadikan roti sebagai makanan yang populer di dunia. Namun, belum banyak yang tahu bahwa roti pun ada museumnya.

Museum ini telah didirikan sejak tahun 1955 dengan nama German Bread Museum (Museum Roti Jerman), namun museum ini berganti nama menjadi Museum of Bread Culture pada tahun 2002.

Di dalam museum yang terletak di Ulm, German ini terdapat sebanyak 18.000 replika roti yang menggambarkan sejarah roti dalam karya seni sejak 6.000 tahun yang lalu. Salah satu seniman dalam karya seni tersebut adalah Pablo Picasso.

Sebelum Anda berwisata mengujungi museum roti ini pastikan sebelumnya Anda telah kenyang, karena Anda tidak akan dapat menemukan satu roti pun yang dapat dimakan di dalam museum ini.

Museum Pakaian Dalam Selebriti (Celebrity Lingerie Hall of Fame), Amerika Serikat

Museum ini berada di dalam sebuah toko pakaian dalam wanita bernama Frederick’s of Hollywood (FoH), Amerika Serikat. FoH menjual berbagai macam pakaian dalam wanita di lantai dasar toko tersebut.

Namun, di lantai kedua terdapat berbagai pakaian dalam dari selebriti Hollywood seperti boxer milik Tom Hanks di film Forrest Gump, hingga seluruh pakaian dalam dari seluruh pemain “Beverly Hills 90210”. Ada juga bra pribadi milik Madonna yang dilelang dengan harga 10.000 USD untuk acara amal.

Museum Botol Lada dan Garam, Amerika Serikat

Masih di Amerika Serikat, setelah Museum Pakaian Dalam Selebriti, ada juga Museum Botol Lada dan Garam yang didirikan oleh Andrea Ludden yang menyukai bernagai bentuk tempat lada dan garam.

Andrea Ludden merupakan seorang antropolog terlatih. Dia menulis sebuah studi definitif dari tempat menaruh bumbu, dan menampilkan koleksinya lebih dari 22.000 set tempat garam dan lada di sebuah bangunan khusus yang disusun rapi.

Tempat-tempat garam dan lada itu memiliki berbagai bentuk, seperti berbentuk miniatur menu Mc’Donalds, berbentuk tulang kerangka manusia, pinguin, alien, dan berbentuk berbagai macam sayur-sayuran.

Jika Anda tertarik dengan bentuk-bentuk tempat lada dan garam di museum ini. Anda pun dapat memilikinya. Seluruh koleksi yang ada di museum ini dibuatkan replikanya dan dijual di sebuah toko yang ada di museum tersebut. Dan Anda pun dapat mulai menjadi kolektor botol lada dan garam yang unik-unik.

The Kunstkamera, Russia

Museum ini merupakan museum pertama di Rusia yang didirikan oleh seorang pria bernama Peter de Great. Sehingga museum ini juga disebut sebagai Peter de Great Museum of Anthropology and Ethnography.

Museum ini pun telah dikenal sebagai museum yang paling mengerikan karena merupakan tempat dikoleksinya hal-hal aneh dan langka seperti janin cacat, makhluk dengan kepala ekstra atau anggota badan lainnya yang ekstra, keseluruhannya asli.

Masing-masing “benda” tersebut dimasukkan ke dalam sebuah toples kaca bening yang telah diawetkan menggunakan air yang mengandung bahan pengawet. Yang lebih menyeramkannya lagi, di museum ini pun memiliki koleksi sebuah kepala manusia yang dipenggal dan kini diawetkan dengan air cuka.

Yang patut Anda lihat di museum ini adalah ratusan janin manusia yang telah diawetkan, setiap salah satu dari mereka memiliki kecacatan seperti kepala yang bersirip

Museum Internasional Cryptozoology, Amerika Serikat

Cryptozoology adalah sebuah ilmu mengenai hewan-hewan yang belum diverifikasi kebenaran keberadaannya, makhluk mistis yang dijadikan sebagai subjek rumor ataupun menjadi sebuah legenda atau kepercayaan.

Bagi Loren Coleman, yang telah menjadi salah satu ahli terkemuka di dunia pada makhluk yang tidak mungkin ada, “keyakinan” adalah murni dalam bidang agama.

Di dalam museum ini terdapat spesimen dan juga artefak dari makhluk-makhluk yang dianggap mitos. Selain itu ada juga sampel rambut serta kotoran makhluk-makhluk cryptid yang kemungkinan tidak pernah ada di muka bumi.

Yang tidak boleh dilewatkan di museum ini adalah makhluk yang dinamakan Crookston Bigfoot. Bigfoot ini merupakan makhluk berbulu seperti kingkong, tetapi memiliki wajah yang menyerupai wajah manusia. Bigfoot memiliki tinggi badan 2,5 meter dan berat 130 kilogram.

Museum Mi Ramen Instan

Makanan pilihan bagi para pelajar dan mahasiswa di seluruh dunia kini memiliki rumah sendiri.

Museum Ramen Instant merupakan sebuah tanda hormat bagi pencipta mie ramen instant, Momofuku Ando, karena dianggap telah berjuang menciptakan makanan murah bagi para penduduk miskin yang menjadi korban perang Dunia kedua.

Dalam museum ini, para pengunjung pun dipersilakan membuat mie instant sendiri.

Museum Kematian (Siriraj Medical Museum), Thailand

Museum aneh lainnya, yaitu berada di Thailand, yakni museum kematian. Apa yang ada di dalam museum ini sehingga dinamakan museum kematian?

Di dalam museum ini berisikan mayat-mayat yang telah diawetkan. Bagian-bagian tubuh mayat yang dimutilasi, seperti sepotong paha manusia, atau juga tangan. Bahkan ada pula janin bayi yang telah meninggal dan telah diawetkan.

Hal lain yang menyeramkan pula, adalah sebuah mumi yang merupakan badan dari Si Ouey, seorang kanibal terkenal yang membunuh beberapa anak selama tahun 1950.

Museum Badut (Clown Hall of Fame and Research Center), United States

Di museum ini terdapat berbagai bentuk badut dengan aneka rupa wajah dari mulai yang lucu hingga menyeramkan. Amerika mendirikan museum ini sebagai wujud penghormatan bagi para seniman badut yang memiliki kisah hidup menarik di balik make-up tebal di wajahnya.

Simaklah kisah dari para badut sirkus yang legendaris dari scrapbook yang ada di museum tersebut. Kisah tersebut memungkinkan Anda untuk akhirnya menemukan apa sebenarnya yang membuat badut menangis.

Museum Enduring Beauty (Museum Cantik Abadi), Malaysia

Museum ini terletak di lantai tiga People’s Museum, Malaysia. Di dalam museum ini, Anda akan menemukan berbagai definisi cantik dari berbagai bangsa di dunia.

Ada sebuah display yang menggambarkan definisi cantik bagi seorang perempuan dari berbagai suku. Ada yang cantik dengan leher memanjang yang dipenuhi cincin kuningan, ada juga cantik dengan kaki yang pendek, selain itu ada juga yang didefinisikan dengan ktulang tengkorang yang dibuat lonjot karena dibelit dari kecil dan masih banyak lagi.

Bawalah cermin ketika Anda mengunjungi museum ini, Anda akan merasa jauh lebih baik tentang penampilan Anda sendiri setelah meninggalkan galeri ini. Kecantikan yang sesungguhnya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: