Mengapa Mereka Bunuh Diri ?


Setiap dua hari sekali, di Jakarta terjadi bunuh diri (sumber). Begitu banyaknya kasus bunuh diri belakangan ini, memang memprihatinkan. Banyak orang mengambil jalan pintas untuk mengakhir problemnya dengan mengakhiri juga hidupnya. Dan orang sudah tidak takut lagi melakukan bunuh diri. Alasan seseorang bunuh diri begitu pribadi dan tidak bisa diketahui, namun meresahkan. Bagaimana tanda-tanda pada orang yang merencanakan bunuh diri? Dan bagaimana sebagai orang terdekat dan keluarga, kita bisa membantunya mengatasi perasaan ingin bunuh diri?

Bunuh diri merupakan masalah yang kompleks karena tidak diakibatkan oleh penyebab atau alasan tunggal. Tindakan Bunuh diri merupakan interaksi yang kompleks dari faktor biologik, genetik, psikologik, sosial, budaya dan lingkungan. Sulit untuk menjelaskan mengenai penyebab mengapa orang memutuskan untuk melakukan bunuh diri, sedangkan yang lain dalam kondisi yg sama bahkan lebih buruk tetapi tdk melakukannya. Meskipun demikian, tindakan bunuh diri atau percobaan bunuh diri pada umumnya dapat dicegah.

Silahkan disimak gan
Quote:

Mengapa Kehidupan Harus Diakhiri dgn Bunuh Diri ?

Quote:

Banyak orang memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri sebenarnya tidak sungguh-sungguh ingin mati. Mereka bunuh diri untuk mengakhiri apa pun yang sedang terjadi. Beberapa surat pesan terakhir dari orang yang bunun diri sering mengandung kata-kata bahwa mereka sebenarnya tidak ingin mati, tapi hanya ingin mengakhiri problemnya.

Kata-kata seperti “Saya sudah tidak tahan lagi!”, atau, “Buat apa saya hidup?” bisa menjadi petunjuk yang memperlihatkan keinginan yang kuat untuk terbebas dari kerasnya realitas kehidupan. Dan jika mereka sudah dalam taraf yang tidak mampu mengatasinya, jalan pintas bunuh diri menjadi solusi terakhir bagi mereka.
Quote:

Beberapa Pemicu Bunuh Diri ?

Meskipun alasan orang yang melakukan bunuh diri berbeda-beda, peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan pada umumnya memicu bunuh diri. Berikut ini beberapa alasan utama yang memicu seseorang sampai melakukan bunuh diri:

Quote:

Masalah sekolah

Beberapa remaja bahkan sering bunuh diri karena masalah nilai di sekolah yang buruk, stres karena ujian, atau khawatir dengan masa depannya.

Masalah keluarga

Beberapa remaja dalam keluarga yang berantakan, lebih rentan bunuh diri. Selain itu, beberapa kasus bunuh diri juga dipicu karena problem dalam perkimpoian.

Problem pekerjaan dan finansial

Bagi orang dewasa, kebanyakan kasus bunuh diri karena problem finansial maupun masalah pekerjaan. Usaha yang bangkrut, ataupun karena dipecat dari pekerjaan, membuat mereka tidak berani menghadapi masa depan dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Penyakit

Bagi beberapa orang yang menderita penyakit yang tak kunjung sembuh, juga akhirnya mengambil tindakan untuk bunuh diri. Atau kaum lansia yang sudah tak sanggup lagi menanggung penderitaan akibat penyakit fisik, memilih bunuh diri.

Memang tidak semua orang memilih untuk bunuh diri.
Bahkan sebagian besar orang mampu menghadapi problem yang bahkan jauh lebih berat, tanpa perlu bunuh diri. Jika demikian, mengapa ada orang-orang yang memandang bunuh diri sebagai jawaban untuk masalah mereka?
Quote:

Faktor Penyebab Bunuh Diri ?

Banyak keputusan untuk bunuh diri bisa jadi bergantung pada cara menyikapi berbagai peristiwa. Banyak orang dapat menanggung depresi yang berat sekalipun selama mereka yakin bahwa keadaan akan membaik. Jika pikiran tetap dijaga positif dan sehat, tidak akan menyikapi peristiwa apa pun sebagai sesuatu yang begitu menghancurkan. Itu sebabnya banyak orang berhasil menanggulangi depresi dan tidak sampai bunuh diri.

Namun tekanan dan problem seperti rem pada kendaraan. Jika ditekan terus menerus, rem bisa menipis. Demikian juga mental seseorang, jika tekanan terus menerus dan bertubi-tubi, serta keputusasaan yang menumpuk, hal ini bisa mengikis kesanggupan sistem mental seseorang untuk menahan dorongan bunuh diri. Kemampuan mental untuk berpikir positif secara perlahan melemah dan memperkuat keinginan bunuh diri.

Selain itu, terdapat juga faktor-faktor lainnya yang membuat seseorang mengambil tindakan bunuh diri. Berikut ini beberapa faktor tersebut:

Quote:

Gangguan mental

Beberapa gangguan mental seperti gangguan bipolar dan skizofrenia menyebabkan seseorang memiliki dorongan yang lebih kuat untuk bunuh diri.

Kecanduan

Beberapa kasus bunuh diri dilakukan oleh mereka yang memiliki kebiasaan menggunakan narkoba dan alkohol.

Bawaan genetik

Beberapa orang mewarisi gen dengan emosi yang lemah dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa garis keluarga terjadi banyak kasus bunuh diri. Anggota keluarga yang salah seorang di garis keturunannya pernah bunuh diri, lebih berisiko melakukan bunuh diri.

Kondisi otak

Otak kita memang unik. Susunan kimiawi otak bisa membuat seseorang lebih kuat dalam menghadapi problem. Kadar serotonin yang rendah khususnya di dalam otak, dapat membuat mood seseorang menjadi buruk, membuat tidak bahagia, mengurangi minat seseorang pada keberadaannya, dan berisiko menjadi depresi dan bunuh diri.

Tanda-tanda Bunuh Diri ?

Meskipun ada byk alasan bunuh diri, namun tanda seseorang ingin bunuh diri bisa terlihat dlm satu atau lbh sikap berikut ini:

Quote:

Putus asa & depresi

Jika seseorang terlihat putus asa & depresi, ini bsa menjadi pertanda ke arah bunuh diri. Namun tdk semua org yg mengalami keputusasaan & depresi berujung pd bunuh diri. Ini merupakan salah satu tanda awal saja.

Perasaan kehilangan

Seseorang yg secara tiba2 kehilangan sesuatu, entah org yg disayangi ataupun kehilangan pekerjaan, jg patut diperhatikan lbh serius. Ini jg merupakan salah 1 tanda awal terjadinya bunuh diri.

Bicara tentang ingin mati atau bunuh diri

Jgn tertawakan atau sepelekan ketika seseorang mengatakan menyatakan ingin mati, atau bahkan mengungkapkan ingin bunuh diri. Bhkan meski ungkapan tsb hanya secara sambil lalu. Ini bsa jd ungkapan hatinya yg terdlm yg hrs segera mendapat respon. Kata2 seperti “Saya sdh tdk tahan lagi”, “Mereka tdk perlu mengkhawatirkan saya”, atau “Mereka akan lbh baik tanpa saya”, merupakan contoh pernyataan yg umum diungkapkan oleh mereka yg akhirnya bunuh diri.

Percobaan bunuh diri

Ini merupakan tanda yg cukup serius jika seseorang pernah 1 atau beberapa kali mencoba bunuh diri namun tdk berani. Beberapa kasus yg lbh ringan, seperti sikap yg bermain-main dgn maut & tdk takut mati.

Perilaku dan sikap yg berubah

Sikap mulai menarik diri & menutup diri serta terasing secara sosial setelah mendapat masalah, perlu menjadi perhatian serius. Jgn sampai mereka yg sedang depresi & putus asa berada dlm situasi kesepian. Beberapa ungkapan seperti menyatakan diri tdk berguna, perlu ditanggapi dgn serius.
Quote:

Cara Mencegah Bunuh Diri ?

Keinginan untuk bunuh diri seperti sebuah penyakit. Namun dgn penanganan yg tepat, keinginan itu bs diobati & disembuhkan. Jika Agan sedang menghadapi masalah yg berat, dan mulai memperlihatkan tanda2 seperti yg diuraikan di atas, langkah2 berikut ini telah terbukti sbg obat yg ampuh untuk mengatasi keinginan bunuh diri:

Quote:

Atasi masalah gangguan mental & kecanduan

Jika Agan memiliki masalah sehubungan dgn gangguan mental maupun kecanduan, segeralah hubungi ahlinya seperti psikiater. Mereka tahu cara terbaik untuk mengatasi & merehabilitasi Agan.

Atasi perasaan kesepian & segeralah bicarakan masalahnya

Org yg cenderung ingin bunuh diri, menganggap problemnya terlalu besar & tdk dpt diatasi. Dan tdk ada seorgpun yg bsa diajak bicara. Jgn takut akan hal itu, segeralah berbicara dgn org terdekat Agan. Keluarga Agan, seperti ortu ataupun pasangan hidup adalah org yg paling dekat yg bs memahami Agan.

Byk kasus bunuh diri, krn timbulnya perasaan kesepian. Segeralah cari teman yg bsa menjadi tempat mencurahkan perasaan Agan.
Quote:

Membantu Org Yg Ingin Bunuh Diri ?

Apa yg hrs Agan lakukan, jika seseorang sering mengatakan tdk tahan lagi dgn kehidupannya atau bahkan org tersebut sdh mulai menyatakan secara langsung maupun tersirat bhw mereka sdh tdk ingin hidup lagi? Beberapa langkah berikut telah berhasil mengatasi keinginan bunuh diri pd byk orang.

Quote:

Jadi pendengar yg baik

Cobalah jadi pendengar yg baik. Dlm byk kasus, org yg ingin bunuh diri biasanya menarik diri & tertutup. Cobalah mendekatinya & sadarilah bahwa kepedihan atau keputusasaan yg sedang ia rasakan benar2 nyata.

Coba secara halus menyebutkan bahwa Agan melihat beberapa perubahan sikap & perilakunya sehingga dapat menggerakkan dia untuk membuka diri & mencurahkan perasaannya kepada Agan.

Berempati

Coba dalami perasaannya, dan katakan bahwa ia sangat berarti untuk Agan maupun org lain. Jika ia bunuh diri, hal ini akan membuat hancur Agan & org lain jg.

Jauhkan benda berbahaya

Jauhkan darinya benda berbahaya apapun yg bsa menjadi alat untuk bunuh diri. Pelaku bunuh diri biasanya melihat byk alat yg tersedia di sekitarnya membuatnya memantapkan tekad untuk bunuh diri. Misalnya tali, pisau, cutter atau bahkan senjata api.

Minta bantuan medis

Untuk kasus yg sudah cukup ekstrem, segeralah memanggil bantuan medis utk menangani masalahnya. Misalnya sdh terjadi gangguan mental yg serius, Agan bs segera menggunakan bantuan medis seperti psikiater atau rumah sakit jiwa yg tahu cara terbaik menanganinya.
Quote:

Bunuh Diri Bsa Diatasi

Bunuh diri bukanlah jalan keluar terakhir.
Semua problem berat bsa diatasi, dan byk org telah berhasil melakukannya. Kehidupan Agan sangat berharga termasuk bagi org lain.

cerita dari ane dari sudut pandang survivor.

mati itu gampang, bertahan hidup itu susah.
mati itu gampang, bertahan hidup itu kebanggaan.

kalimat ini ane liat di billboard di new york. org pas lagi depresi banget ga bakal mikir tuhan. kalo lagi ngedampingin org-org yg punya suicidal tendencies, udah ga bisa bawa2 tuhan. jujur, bahkan ane sering ngomong ke temen ane yg mau bunuh diri, “tuhan ga disini hari ini”. neraka itu kaya sesuatu yg jauh di depan mata……neraka itu ga nyata. kalo neraka itu ga nyata, pikiran tentang tuhan itu hilang.

buat yg belum prnh depresi, punya keluarga bahagia, ga prnh di bullying, bisa bergaul dengan teman, atau ga prnh malu akn dirinya atau anggota keluarganya, bersyukurlah. krn kalian ga bakal prnh mengerti susahnya hidup. kalian ga prnh bakal ngerti rasa takut. klian ga prnh diperkosa, keluarga kalian ga prnh ada yg melecehkan scara seksual. kalian yg bilang bhw bnuh diri itu dosa, ga akn penah mngerti.

banyak org bilang ke temen2 ane yg punya depresi, “ngapain sih kamu depresi?”, “Ngapain sih kamu takut masa depan?”. mereka yg ngomong kaya gini, biasanya ga prnh ngerasain apa yg kami rasain.

Sebagai survivor, ane cuman bilang, tuhan ga disini hari ini. yg ada cuman kamu. tuhan itu emang ga adil. tapi bukan berarti ini jalan keluar terakhir. habis gelap terbitlah terang. kartini itu bener. tunggu aja .

hal yg menarik, terutama buat org yg mau bunuh diri dengan ngeloncat dari tempat yg tinggi, biasanya setelah mereka meloncat, sebelum ngehantam tanah, ada suatu perasaan dan pemikiran bahwa semua masalah kamu yg ada, bakal bisa dipecahkan. berdasarkan pengalaman, kejdannya persis 2 detik setelah kamu mulai meloncat.
Quote:
Originally Posted by Bagus23 View Post

Pada dasarnya, segala sesuatu itu memiliki hubungan sebab akibat (ini adlh sistematika).
Dalam hubungan sebab akibat ini akan menghasilkan suatu alasan atau sebab tindakan yg disebut motif.

Motif bunuh diri ada banyak macamnya. Disini penyusun menggolongkan dalam kategori sebab, misalkan :

Dilanda keputusasaan dan depresi
Cobaan hidup dan tekanan lingkungan.
Gangguan kejiwaan / tdk waras (gila).
Himpitan Ekonomi atau Kemiskinan (Harta / Iman / Ilmu)
Penderitaan krn penyakit yg berkepanjangan.
Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu
egoistic suicide (bunuh diri krn urusan pribadi),
altruistic suicide (bunuh diri utk memperjuangkan org lain), dan
anomic suicide (bunuh diri krn masyarakat dalam kondisi kebingungan).

sumber wikipedia
Quote:
Originally Posted by diprAE View Post

wow, kalo trit ini benar berarti kondisinya sdh mendekati negara2 dengan tingkat stres tinggi sampe banyak bunuh diri kayak jepang cina ato korea, parah juga

kalo menurut ane bunuh diri krn menganggap dirinya ga tahan menghadapi cobaan hidup itu jelas salah, Tuhan itu maha adil, memberikan cobaan masalah kepada hambanya hanya sampe tingkat yg mampu diatasinya, jd kalo org ga mampu mengatasi masalah itu hanya dirinya yg menganggap dirinya ga mampu, krn Tuhan lebih tahu kalo dia sebenarnya mampu menghadapi masalah dan cobaan tersebut, kalo ada yg merasa berat atau merasa ga bisa menghadapi sendiri minta bantuan kepada org lain, ingat org itu ada banyak kan tinggal minta tolong aja kan

misalkan, org kaya diberi kekayaan krn Tuhan lebih tahu kalo dia dibuat miskin ga bakalan mampu mengatasi kemiskinannya tsb, mgkn dia akan terlalu banyak bekerja ato mencari urusan dunia aja dan melupakan akhiratnya, begitu juga sebaliknya org miskin tdk diberi kekayan berlebih oleh Tuhan krn mgkn dengan kemiskinannya tersebut dia akan lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya dengan tetap berusaha mendapatkan urusan dunianya

Perkuat imanmu dekatkan diri pada Tuhanmu
Quote:
Originally Posted by rizuki_puratama View Post

Thread mantap, Gan…

“Namun tekanan dan problem seperti rem pada kendaraan. Jika ditekan terus menerus, rem bisa menipis. Demikian juga mental seseorg, jika tekanan terus menerus dan bertubi-tubi, serta keputusasaan yg menumpuk, hal ini bisa mengikis kesanggupan sistem mental seseorg utk menahan dorongan bunuh diri. Kemampuan mental utk berpikir positif secara perlahan melemah dan memperkuat keinginan bunuh diri.”

Ini ane kutip dari thread agan, memang rem tersebut lama2 akan mengikis kemampuan rem mobil tersebut, sama seperti akal dan pikiran positif manusia…

Ane juga prnh mengalami hal seperti yg agan ceritakan panjang lebar di atas… Tapi ane tetap terus berpikir positif, dan ane selalu teringat ajaran agama ane, bahwasannya diharamkan surga atasnya apabila bunuh diri.

Ini yg jd pegangan ane, terngiang terus di dalam benak ane…
Lagipula, kita ini hidup bukan utk mencari harta dan kesenangan di dunia saja, tapi yg paling utama adlh beribadah kepada Allah Azza wa Jalla…
Nah kalo ingat, ini ane jd tambah semangat hidup…
Quote:
Originally Posted by Widiarti View Post

JEPANG n KOREA punya asumsi cara berpikir kalo mereka bunuh diri mereka akan terlahir kembali menjd manusia baru, krn merasa kehidupan yg dijalani tdk seindah yg dinginkan makanya ingin terlahir kembali baru dengan kehidupan yg lebih baik dr kelahiran sebelumnya/kehidupan sebelumnya.

byk org depresi, kesepian, masalah yg dtg bertubi2 tapi tdk ada bantuan juga motivasi, apalagi jika orgnya tertutup, setiap masalah selalu disimpan sendiri (tdk prnh curhat sama sekali), dll itulh yg menyebabkan mrk jd ambil jalan pintas adlh bunuh diri, padahal itu bukan solusinya. malahan yg ada bikin mrk penasaran n mgkn gentayangan barangkali di dunia krn ga seneng terus mrk jd setan yg suka membuat org jd cenderung bunuh diri hehe jk

ya sebisa mgkn kalo ada org yg depresi, kesepian, pesimis dlm hidup yg dijalani, ada yg mencoba bunuh diri, dll jika berjodoh dg org2 tersebut bantulh mrk agar tdk ada keinginan mencoba u/ bunuh diri. krn menolong org lain tdk perlu menggunakan alasan

Walaupun hidup bagaikan mimpi buruk yg tdk prnh berakhir
Asalkn kita berusaha menjd org yg lbh kuat, lebih tegar, pasti mimpi buruk itu akan berakhir juga.
Yg terpenting anggaplh itu sebuah ujian, semua berakhir asalkn kita pantang menyerah!
Hidup hrs optimis, pesimis jgn dipelihara.
Quote:
Originally Posted by cilutte View Post

Ane prnh dengar dari temen kost ane yg prnh kerja di RSJ gan…

kalo sebenarnya org2 yg bunuh diri ditengah keramaian (misalnya nih bunuh dirinya di pusat perbelanjaan, dijalan raya, pokoknya yg rame gitu sebenarnya mereka itu ingin di tolong.. mereka ga pengen sendirian.. cuma g tau gimana mau crita…
dan org yg bunuh diri di tempat yg sepi ngunci dikamar, nggantung di kamar mandi) tu, memang dia benar2 dah g mau ditolong…

jd jangan prnh cuek dengan org2 disekitar kita ya gan…
bisa jd org2 yg sebenarnya nte kira baik2 saja. trnyata membutuhkan bantuan kita.. kadang kita perlu bersikap lebih sensitif dengan org2 disekitar kita!.
Quote:
Originally Posted by dandann View Post

Seberat2nya masalah yg dihadapi pasti ada jalan keluarnya
Asal terus berjuang dan brdoa kepada Allah SWT.
Bunuh diri cuma jalan pintas yg dilakukan oleh org2 tak beriman saja
Quote:
Originally Posted by nicerebellio View Post

Tambahan sedikit dari pengalaman ane gan…

Dulu ane pernh merasa spt hidup dah tak ada artinya,krn permasalahan ekonomi dan hutang ane yg semakin menumpuk,..
itu 1 tahun yg lalu gan..tp sekarang “life is beautiful” cara ane mengatasinya adlh dengan mendekatkan diri ke “Tuhan”..memang hal ini bth proses.
awalnya ane mendengar dari org-org terdekat tentang hal ini (mendekatkan diri ke Allah SWT),dan ane mulai melakukan sec pelan2 dan sendiri , memang awalnya tdaklah mdh apalagi tanpa bantuan org,kemudian mgkn krn petunjuk Allah SWT ane diarahkan utk mengikuti suatu kegiatan..
yaitu mengikuti kegiatan sebuah Pondok pesantren yg mengajarkan ketauhidan yg dinamakan dengan ajaran Tarekat.
di tempat itu seakan2 Allah AWT membukakan mata ane mengenai kehidupan melalui perantara Guru rohani…SUbhanallah ternyata pandangan ane mengenai dunia dibalik oleh Allah SWT…

Alhamdulillah semuanya kini lebih baik kehidupan, emosi, keimanan. meskipun masalah hutang ane blm selesai..
jd menurut ane :
“Tuhan Adalah Penyelesaian Paling Mujarab”
Quote:
Originally Posted by MarksmanRyo View Post

Nice info gan..

Beberapa pelaku bunuh diri pada dasarnya memang sdh memiliki kecenderungan kepribadian yg labil, sehingga mdh mengalami depresi. Depresi ini kalo tdk segera ditangani akan semakin berat sehingga memicu timbulnya gangguan jiwa berat.
kalo sdh mengalami gangguan jiwa berat mereka bisa mengalami halusinasi, terutama halusinasi auditorik atau halusinasi dengar, disini mereka mendengar ada org yg menyuruh mereka utk bunuh diri, atau mgkn tdk menyuruh bunuh diri tetapi menyuruh mereka melakukan hal2 berbahaya.

@kaskus

  1. Being a natural herb obviously turmeric use in natural healing is a concluded fact.
    Research studies on the health benefits of turmeric both on humans as well as
    animals are numerous. Sauces, breads, crackers, and other “nonsweet” foods that
    contain hidden sweeteners (not only sugar but high fructose syrup
    and corn syrup appears often on ingredient lists).

  2. US uses Turmeric almost exclusively to add yellow color to mustard.
    People around the world swear by turmeric for easing headaches, soothing
    upset stomach and improving overall health. Using turmeric for pain is one of the best
    ways to help manage pain.

  3. Hi there it’s me, I am also visiting this site on a regular basis, this web site is in fact fastidious and the visitors are truly sharing good thoughts.

  4. you are in point of fact a just right webmaster.
    The web site loading velocity is incredible. It seems that you are doing any
    distinctive trick. Moreover, The contents are masterpiece.
    you have done a magnificent activity in this matter!

  5. I’m not sure exactly why but this web site is loading very slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end? I’ll check back later and see if the problem still
    exists.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: