Teka-teki ‘Garis Nazca’ Aneh Ditemukan di Timur Tengah


Garis-garis Nazca dari Peru, ukiran raksasa (geoglif) misterius yang terukir berabad-abad lamanya telah menjadi teka-teki dan terkenal di dunia, dan kini ribuan pola serupa telah ditemukan di Timur Tengah.

Hasil jepretan udara dan satelit telah mengungkapkan keberadaan ‘roda’ batu misterius dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih tua dari ukiran Nazca, ditemukan di negara-negara seperti Suriah, Arab Saudi, dan Yordania.

Struktur raksasa ini diperkirakan berusia 2.000 tahun, tetapi bagaimana struktur itu dibangun masih membingungkan para arkeolog dan sejarawan.

DAVID BOYER/"PRLM"

DAVID BOYER/”PRLM”
UKIRAN misterius ditemukan di Timur Tengah.*

“Di Yordania sendiri kita punya struktur bangunan batu yang jauh lebih banyak dari Nazca Lines, jauh lebih luas daerah yang diliputinya, dan jauh lebih tua,” ujar David Kennedy, seorang profesor klasik dan sejarah kuno dari Universitas Australia Barat, kepada Live Science.

Orang-orang Badui, para nomaden yang ditemukan di Arab Saudi, Yordania, Libya, Mesir, dan Israel, menyebut struktur tersebut sebagai ‘karya orang-orang tua’.

Dia menjelaskan struktur tersebut muncul dalam berbagai bentuk, beberapa mirip ‘layang-layang’, struktur hewan, beberapa baris batu berkelok-kelok yang tampaknya acak, dan yang lainnya berbentuk persegi panjang.

Geoglif ini pertama kali ditemukan pada 1927 oleh seorang pilot RAF Letnan Percy Maitland, kemudian Profesor Kennedy dan timnya mulai mempelajari foto udara dan foto dari Google Earth. (Aya/A-147)***@pr

  1. tidak terlihat misterius?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: