Ssst… Masjid di Amman Yordania Bernama Yesus Kristus


REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN — Mungkin anda bakalan terkejut saat mendengar nama sebuah masjid yang berlokasi di kota Madaba, Selatan ibukota Yordania, Amman. Ya, masjid ini dinamai ‘Masjid Yesus Kristus’. Masjid ini dibangun tahun 2008 silam.

Oleh media barat, Masjid ini dipuji lantaran menjadi masjid pertama di dunia arab yang dinamai Yesus. Namun. masjid Yesus Kristus di Madaba bukanlah satu-satunya. Di Tripoli, ada masjid bernama masjid Isa Bin Maryam. Nama serupa juga digunakan sebuah masjid di Giza, Mesir.

Selain dunia arab, ada sejumlah masjid di AS, yang mengabadikan nama Yesus sebagai nama masjid seperti Masjid di Stratford, Connecticuit, dan satu lagi masjid di Columbus, Ohio. Berbagai kalangan mengatakan masih ada lagi masjid kecil yang dinamai demikian hanya saja tidak diketahui.

Menurut surat kabar Al Quds Al Arabiya, apa yang membuat Masjid Yesus Kristus begitu istimewa adalah baik umat Islam dan Kristen telah menunjukkan apresiasi untuk penamaan masjid itu. ANSA melaporkan ide nama Yesus berasal dari Jamal Al Sufrati, imam masjid.

Saat dikonfirmasi, Jamal mengungkap tidak ada satupun masjid di dunia Arab yang memakai nama Yesus. “Dunia Arab penuh dengan masjid yang dinamai semua nabi kecuali Yesus,” kata dia seperti dikutip dari Islam.net, Jum’at (12/8).

Menurut Jalal penamaan itu dimaksudkan untuk mempertebal kesan kebersamaan dan toleransi. Apalagi ada semacam ketegangan dari dua pengikut agama terkait karikatur Nabi Muhammad SAW.

Bagi dunia arab, nama Yesus begitu asing. Sebab, dunia arab lebih mengenal nama Isa bin Maryam ketimbang Yesus.

Redaktur: Djibril Muhammad
Reporter: Agung Sasongko
Sumber: Muslim.net

STMIK AMIKOM

    • Bayu
    • Juni 15th, 2012

    PUJI TUHAN…. Betapa bahagianya mereka yang hidup Rukun, Berdampungan dan saling menghargai satu dengan yang lainnya…. Tuhan Berkati Negeri ini….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: