Seberapa Besar ? Dimana dan Bagaimana Disimpan ??


Manusia modern, hampir setiap hari berurusan dengan data digital. Kita menggunakannya dan menyimpannya setiap hari. Mulai dari nomor telepon yang kita simpan di HP, film-film di hardisk, atau foto2 yang kita upload di facebook. Buku? Buku pun sekarang sudah berpindah format,Dahulu menerbitkan buku identik dengan kertas, dan mahal! namun sekaran gkita bisa menerbitkan buku kita sendiri dalam format digital, dan diperjual belikan (ataupun dibagikan gratis). http://www.virtualxbook.com salah satu contohnya.

Tapi ngomong-ngomong, pernahkah kita bertanya tentang data digital ini, tentang seberapa besar kira2 data digital diseluruh dunia? cara penyimpanannya, dan hal-hal terkait dengannya???

Mari simak yang berikut

JUMLAH DATA DIGITAL SELURUH DUNIA

[Image: 1.jpg]

Seberapa Besarkah Data di Seluruh Dunia?

[Image: 2.jpg]

dua puluh tahun penelitian, yang dipublikasikan dalam jurnal Science tahun ini menghitung jumlah data yang disimpan di seluruh dunia mulai tahun 1986 hingga 2007. Pada 2007 mereka memperkirakan bahwa ada sekitar 295 exabytes data yang disimpan diseluruh dunia. Kalau gak tahu 295 exabytes, maka itu sebesar 295 miliar gigabyte (295.000.000.000 GB) = 1,200.000.000.000 X Rata2 kapasitas harddisk hari ini.

“Andaikan kita menaruh data-data tersebut dalam bentuk sebuah buku dan ditata, maka itu mampu untuk menutupi seluruh wilayah Amerika Serikat, atau China dalam tiga belas tumpuk buku. “-Dr. Martin Hillbert, University of Southern California dalam BBC Science in Action-

Sekali lagi, ini data tahun 2007. Dan perlu diketahui bahwa kapasitas Storage Berlipat Ganda setiap tiga tahun. Dikalikan dua, maka tahun ini di seluruh dunia diperkirakan menyimpan sekitar 600 exabytes data.

Ini artinya data2 di harddisk ane + harddisk kaskuser semua + flashdisk2 + SD Card + CD, DVD + rekaman handycam, dll diseluruh dunia jika dijumlah totalnya plus minus 600 exabytes

BAGAIMANA ITU SEMUA DISIMPAN?

[Image: 3.jpg]

Sebagian besar konversi dari analog ke digital dilakukan dalam 2 dekade terakhir. Pada tahun 2002 jumlah data digital sudah melampaui data dalam bentuk analog.Mayoritas teknologi penyimpanan data sudah dalam format digital semenjak awal tahun 2000-an, dan 94% dari keseluruhan data digital sekarang, disimpan dalam beberapa tahun belakangan…

Dalam pie chart bisa dilihat, komposisi media penyimpanannya…

52% – HARD DISK. (sebagaimana laptop/PC nt sekarang)
28% – Optik. (CD, DVD, dll)
11% – Tape Digital
9% – Lainnya (termasuk SD, flashdisk, dlsb)

MELIRIK 10 DATA CENTER TERBESAR DISELURUH DUNIA

kampus, perusahaan,bank, website, facebook, google, mereka semua tentu punya tempat tersendiri khusus untuk penyimpanan data sesuai kebutuhan mereka. tempat ginian biasa disebut data center.BNI punya data centernya, Bank Muamalat punya data centernya, kampus ane punya data centernya, dlsb. Tapi rasa2nya dibandingkan yang dibawah ini, data center2 tadi gak bakal ada apa-apanya…

[Image: 4.jpg]

top 10 data center:

data diatas diurutkan berdasarkan LUAS data center. Ukuran dalam square foot (kaki persegi) bukan meter persegi.

Bisa kita lihat dari tabel bahwa yang terbesar adalah 350 East CERMAX .
Dengan luas data center sebesar 1,1 Juta Kaki Persegi. setara dengan 102193,344 meter persegi. Jika luas lapangan sepak bola kita adalah 7140 meter persegi, maka ini artinya luas data center 350 East CERMAX sebanding dengan 14 luas lapangan sepakbola kita. Wew!

Bayangan kita data center identik dengan bangunan2 futuristik dengan desain arsitektur yang waaah… dan semcamnya… Hmm… ternyata350 east ini arsittekturnya bergaya gothic… klasik dah pokoknya.
Ini previewnya…..

Foto udara Data Center 350 East CERMAX

[Image: cermak-aerial.jpg]

Tampak luar… gak kebayang kan kalau bangunan kayak gini data center paling gede sedunia?

[Image: cermak-hallway.jpg]

Ini lorong2nya…. lebih mirip lorong rumah sakit jiwa daripada sebuah data center…

lorong data center terbesar:

[Image: cermak-risers.jpg]

Lebih lanjut tentang si 350 CERMAX ini bisa dilihat langsung di link reference dibawah. OH YA si cermax tu cuman SALAH SATU data center aja lho.. yang lainnya? ya banyak

Mungkin para pembaca bertanya-tanya, DIMANA Data Center Google? Kok gak masuk dalam list?
Jawabannya adalah karena Google berfokus meletakkan data centernya dalam beberapa bangunan2 (multiple data center) daripada dalam satu bangunan yang sangat besar. Dan lagi google rupanya gak banyak membuka identitas data centernya (spesifikasi, berapa daya yang dibutuhkan, bahkan termasuk lokasi), karena menurutnya itu bisa dimanfaatkan para pesaingnya. (ckckck… mpe segitunya?) Lebih lanjut tentang data center terbesar bisa dilihat di link2 berikut..

Reference
http://archinect.com/news/article/13…data-is-stored
http://www.datacenterknowledge.com/s…-350-e-cermak/
http://www.datacenterknowledge.com/s…hy-contenders/

sekian, dapat cendol atau gak, ane berharap apa yang ane sampaikan bermanfaat buat para kaskuser semuanya

SEKURITI DAN KEAMANAN.

ane bayangin klu tmpt itu dpt ancaman keamanan kyk teroris gmn ya?.. secara dari yg kasat mata keamanannya minim banget..

Well, yang namanya data center tentu gak main2 ndan. kalau misal sekedar data center isinya file2 pilem2 n mp3 doang sih gak terlalu masalah, datailang paling para donloder protes semua. Cuman bayangin
jika yang disimpen tu data2 bank, termasuk saldo rekening nt. Atau data2 penelitian dan teknologi sebuah perusahaan. atau data senjata2 pemerintah? Gimana gak berabe…? So sekuritas tentu jadi prioritas…. gak sembarang orang boleh masuk ke Data Center, intinya RESTRICTED AREA!. Bahkan adakalanya sekedar memfoto pun gak boleh. gak heran si google nyembunyiin data centernya. Si CERMAX ini pinter juga, data center, tapi bangunannya sama sekali gak keliatan kayak data center…

Jangankan data center ukuran gede, untuk ukuran kampus pun (seharusnya) dijaga bener keamannnya. Ane inget dulu pernah kunjugnan ke Ruang server UII Jogja, mulai personel yang boleh masuk, itu dijaga ketat. Ada CCTV nya pula dari segala penjuru (termasuk luar gedung). Ada AC-nya buat jaga suhu ruangan server gak boleh lebih dari sekian derajat.. ribet dah pokoknya. Sekali lagi, itu seharusnya…. kalau gak gitu, bisa kebayang ada mahasiswa nakal nyelundup masuk trus ganti nilai mata kuliahnya jadi A semua.. atau ngehapus KHS2 dan daftar gaji karyawan semua… kan repot

Kalau ke bom? hancur? data center yang baik biasanya selalu punya backup. Ane pernah diceritain, contoh sederhana adalah Bank. Tahun 2000an awala, ane diceritain kalau Bank punya backup yang tersebar di tempat2 lain. Jadi misal Bank X Jakarta, dia punya backup data di Surabaya sama Jogja. Bank X Jogja punya backup di Malang sama Serang. Misalnya gitu. Gunanya buat apa? misal terjadi force majeur, gempa bumi, gunung meletus atau teroris atau apa, dan satu gedung ancur, maka data masih ada di cabang lain.

Cloud Computing Dan GLOBAL WARMING

kalau cloud PC udah banyak yang pakai…mau taruh dimana lagi yaa data centernya? bakal segede apa nanti bangunannya..& masalah global warming bisa bertambah…

Kalau soalCloud Computing ndan, menurut ane data centernya gak bakalan di satu sentral super gede, tapi tersebar. Boleh jadi aja kelak di indonesia ada yang seukuran 350 CERMAX itu, di malaysia ada, di cina ada, di saud ada, di Timor Leste pun ada…

Soal global warming… Hmmm. .tentu kita tahu kalau namanya kompie butuh listrik. apalagi ni data center super gede, so pasti butuh listrik banyak.untunglah sekarang lagi tren juga green computing… intinya computer yang bersahabat dengan alam.

Contoh populer, Sumber Listrik satu server.Sekarang mulai banyak kok server2 yang memanfaatkan green energy. gak lagi tergantung listrik dari bahan bakar fosil, tapi memanfaatkan sumber daya terbarukan. ada maahari, tapi yang populer di beberapa server webhosting di US sana, adalah energi angin. ini ndan salah satu contohnya webhosting yang pakai 100% wind energy

Sumber:
http://www.fatcow.com/
[/color]

  1. info yang menarik sobat , salam kenal😉

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: