20 Tahun Lalu Panggilan GSM Pertama Terjadi


Tahukah Anda bahwa pada 1 Juli, 20 tahun lalu, panggilan GSM pertama di dunia dilakukan? Saat itu, 1 Juli 1991, Perdana Menteri Finlandia Harri Holkeri menelepon Wakil Wali Kota Tampere, Kaarina Suonio.

Perdana Menteri Finlandia tahun 1991 Harri Holkeri melakukan panggilan GSM pertama di dunia.Jaringan GSM pertama di dunia dibangun oleh Telenokia dan Siemens untuk operator Finlandia, Radiolinja, yang saat ini sudah berganti nama menjadi Elisa. Melalui jaringan itulah Holkeri dan Suonio berbincang mengenai teknologi GSM, kualitas suara, dan keamanannya.

GSM alias Global System for Mobile communications diadopsi pada 1987. Namun, baru 4 tahun kemudian komunikasi yang pertama di jaringan tersebut resmi dilakukan.

Setelah 1991, pelanggan GSM terus bertumbuh. Pada dekade pertama jumlahnya mencapai 500 juta. Saat ini sudah terdapat 838 jaringan GSM di 234 negara di seluruh dunia dengan lebih dari 4,4 miliar pengguna.

Pengguna teknologi GSM terus bertambah dengan angka 1 juta pelanggan baru per hari atau 12 pelanggan per detik. “GSM adalah teknologi digital pertama berbasis standar terbuka dan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunaan teknologi selular secara luas,” kata Pekka Soini, Head of Corporate Development Office Nokia Siemens Networks, perusahaan patungan Siemens dan Nokia.

Ponsel pertama yang diluncurkan Nokia ke pasar untuk melakukan panggilan GSM adalah Nokia 1011 pada 1992. Model lain yang menjadi ikon Nokia adalah Nokia 2110. Adapun model yang paling laris sepanjang zaman adalah Nokia 1100, yang terjual lebih dari 250 juta unit.

“Ketika kami membangun sistem ini dan menciptakan ponsel GSM Nokia pertama yang akan membuat panggilan pertama, sangat sedikit dari kami berani bermimpi tentang masa depan,” kata Timo Ali-Vehmas, Wakil Presiden Compatibility & Industry Collaboration Nokia. “Tak satu pun dari kita pada saat itu membayangkan bahwa dampak besar dari GSM akan terus berlanjut bagi kehidupan miliaran orang di seluruh dunia.”

Nokia dan Siemens kemudian berkolaborasi dalam sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Nokia Siemens Network. Perusahaan ini telah mendirikan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung 2,9 miliar pelanggan dari 365 jaringan GSM di 143 negara.

Sumber

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: