Otak Kecoak Mengandung Antibiotik


Kecoak mungkin dapat membuat anda merinding, tetapi serangga-atau lebih tepatnya, otak mereka, suatu hari nanti akan dapat menyelamatkan nyawa Anda.

Itu karena sistem saraf pusat dari kecoa Amerika menghasilkan antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri mematikan bagi manusia, seperti methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan Escherichia coli beracun.

Dua jenis belalang yang diuji sejauh ini juga memiliki molekul yang sama dalam kepala mereka untuk membunuh bakteri.

Temuan ini menunjukkan bahwa serangga yang merupakan 80 persen dari semua hewan di bumi-mungkin dipenuhi dengan antibiotik baru, kata Simon Lee dari University of Nottingham di Inggris. Penemuan tersebut sangat penting, karena para ilmuwan berebut untuk memerangi beberapa penyakit menular, termasuk MRSA dan E. coli, yang tahan terhadap antibiotik tradisional.

“Ini petunjuk baru yang menjanjikan. Kami mencari di tempat yang tidak biasa, dan sepengetahuan saya tidak ada orang lain yang mencari di sana,” kata Lee.

Tim telah menguji sembilan jenis molekul antibakteri terpisah yang ditemukan dalam otak serangga dan menemukan bahwa setiap molekul tercipta untuk membunuh jenis bakteri yang berbeda.

Ini “mekanisme pertahanan yang sangat pintar” memungkinkan serangga untuk bertahan di kawasan yang paling kotor sekalipun. Para ilmuwan menemukan bahwa serangga memiliki antibiotik hanya pada jaringan otak mereka.

Obat dari otak serangga untuk manusia mungkin baru ada beberapa tahun lagi, tapi ada secercah harapan: Ketika tim serangga menambahkan antibiotik pada sel manusia di laboratorium, tidak ada efek beracun.

(sumber: National Geographic)

    • mamo cemani gombong
    • September 13th, 2010

    kalau jangkrik aku pernah makan ….. lumayan enak kok

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: