Pisang raja aneh, kalau malam mengalir air amis


WARGA Kampung Kauman RT 04 RW 05 Purworejo dibuat geger dengan pohon pisang raja (musa paradisiaca) yang aneh. Keanehannya terletak pada jantung pisang yang biasanya berwarna merah hati, pisang ini berwarna hijau muda. Uniknya lagi, jantung itu membuka seperti daun. Sementara seluruh jantung hijau itu dililit lima daun yang seolah melindungi buah pisang, yang juga su-dah mulai tumbuh.Pohon itu tumbuh di halaman samping rumah milik Joko (60) warga Kauman, Purworejo. Rumah Joko sendiri terletak di samping selatan Masjid Agung Darul Muttaqin depan makam.


Menurut Joko, usia pohon pisang raja miliknya itu kini sudah lima ta-hun. Sejak tiga minggu yang lalu mun-cul jantung pisang aneh itu. ahkan buahnya juga sudah mulai tumbuh, brwarna hijau ranum.

Menurut penuturan Joko, awalnya muncul bakal buah jantung kecil na-mun berwarna putih. Lama-lama mun-cul tangkai buah beserta jantung na-mun berwarna hijau muda dililit dauh pisang. Tinggi jantung itu kini sekitar satu meter, tumbuh ke arah bawah.

Keanehan lain menurut Joko, bila malam hari dari ujung jantung mengeluarkan air namun berbau amis. Selain itu, banyak tawon yang mengerubuti buah pisang itu. ”Sudah banyak yang meminta pohon pisang itu untuk dimiliki namun tidak saya beri. Pohon itu juga tidak akan saya jual berapa pun harganya,” ujar Joko yang ditemui di kediamannya, Kamis kemarin (18/3).

Joko juga menuturkan, keteguhannya untuk tidak menjual atau memberikan pohon kepada siapa pun karena ia mendapat bisikan melalui mim-pinya.

Sejak pohon pisang aneh itu diketahui warga, banyak pengunjung yang berdatangan untuk menyaksikan po-hon pisang itu. Rata-rata pengunjung merasa kagum akan keanehan pohon pisang itu. Dr-skhwawasan digital

Iklan
    • zha
    • Maret 22nd, 2010

    lucu banget pohon’a, penasaran buah’a enak ga ya . . .

  1. Aneh sekali ya kak, Purworejo itu kan dekat ama tempatku kak, aku Kendal Jateng, tapi kok baru tahu ini ya beritanya.

  1. Mei 5th, 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: