Menavigasi Sisa perjalanan Laman web masa lalu


Wow….hebat kita bisa melihat kembali  laman situs ketika pertama kali dibuat contohnya laman situs detik.com  tertanggal 11 November 1998  lalu kembali ke tahun 1996 melihat laman situs kompas.com yang masih berupa indexnya saja atau mungkin pengen melihat tampilan halaman depan facebook tahun 2005 yang masih terpampang gambar pendirinya mark zuckerberg seperti ini :

facebook 2005


Translate Beritanya dari newscientist.com :

Menemukan versi lama halaman web dapat menjadi berkat jauh lebih sederhana “waktu bepergian” browsing web teknologi yang dirintis di Los Alamos National Laboratory di New Mexico.

Bookmark halaman akan membawa Anda ke versi sekarang – tetapi sebelumnya yang lebih sulit untuk menemukan (untuk melihat pemenang penghargaan tahun 1990-an inkarnasi newscientist.com, lihat galeri dari halaman web masa lalu, kanan). Salah satu pilihan adalah untuk mengunjungi sebuah sumber daya seperti Internet Archive’s Wayback Machine. Di sana, Anda kunci dalam URL situs yang Anda inginkan dan dihadapkan dengan matriks tahun dan tanggal untuk halaman lama yang telah di-cache. Atau, jika anda ingin memeriksa bagaimana sebuah halaman Wikipedia telah berkembang, Anda dapat menekan “sejarah” tab pada halaman minat dan gulir melalui dalam upaya untuk mencari versi halaman pada hari Anda tertarik dalam

Ini banyak kerumitan. Tapi akan shoudn’t, kata Herbert Van de Sompel, seorang ilmuwan komputer di Los Alamos. “Hari ini kita memperlakukan web seperti sebuah perpustakaan di mana Anda harus tahu bagaimana untuk pergi dan mencari sesuatu. Kami punya cara yang lebih baik.”

Bahwa “cara yang lebih baik” adalah sebuah sistem yang memberi browser “time-travel” mode, yang memungkinkan pengguna untuk menemukan halaman web dari tanggal dan waktu tertentu tanpa harus menavigasi melalui arsip.
Total ingat

Disebut Memento, sistem Van de Sompel sedang mengembangkan bersama rekan-rekan dari Old Dominion University di Norfolk, Virginia, memanfaatkan fungsi dari hypertext transfer protocol (HTTP) – sistem yang menyokong world wide web dengan mendefinisikan bagaimana halaman web yang diformat dan ditransmisikan dari server ke browser.

Salah satu fungsi standar HTTP disebut isi negosiasi. Hal ini memungkinkan satu URL untuk mengirim berbagai jenis data, tergantung pada pengaturan browser yang kontak URL: misalnya, browser di Prancis mengakses URL dapat mengambil halaman HTML dalam bahasa Prancis, sementara mengakses URL yang sama dari US mungkin menyampaikan versi bahasa Inggris.

“Your browser doesn’t negosiasi ini sepanjang waktu, tetapi Anda tidak menyadarinya,” kata Van de Sompel. Tapi negosiasi konten HTTP tidak terbatas untuk menengahi antara format media dan bahasa – dapat mengatasi dengan tipe data apapun. Sehingga tim menambah dimensi lain ke halaman permintaan: tanggal dan waktu.

“Selain bahasa dan jenis media, kami berunding dalam waktu. Jadi Memento tidak meminta server untuk versi saat ini halaman ini, tapi bagaimana ia melihat satu tahun lalu, misalnya,” kata Van de Sompel.
Browsing lalu

Kenang-kenangan terdiri dari server dan perangkat lunak browser. Di server menjalankan open-source web Apache sistem, hanya empat baris kode tambahan diperlukan untuk membangun in date-dan-waktu negosiasi. Pada browser, drop-down menu akan membiarkan pengguna masukkan tanggal dan waktu yang mereka inginkan untuk melihat halaman.

Sejauh ini, tim telah mengembangkan Memento plug-in untuk open-source Firefox browser, plus sebuah “hacked”, versi Firefox dengan built-in Memento kemampuan. Halaman web tidak memerlukan fitur tambahan: web server hanya perlu mencegat tanggal-waktu permintaan dari pengguna. Sebuah demonstrasi dari apa yang dapat dilakukan Memento tersedia untuk setiap browser.

Tentu saja, seluruh ide membutuhkan pemilik situs web untuk menyimpan lebih banyak waktu-cap versi halaman mereka daripada mereka lakukan sekarang, tetapi tim berpikir Memento akan mendorong mereka untuk melakukan hal ini.

“Saya akan senang melihat Memento didukung,” kata Van de Sompel. “Ini akan sangat menyenangkan untuk mengatur browser kami kembali dalam waktu dan hanya melihat masa lalu.”
Menggali lebih dalam

Jakob Voss, seorang pengembang dengan common Library Network di Göttingen, Jerman, adalah awal pengguna Memento – dan ia sudah menganjurkan penggunaan Memento untuk situs dengan halaman yang sering diperbarui seperti Wikipedia.

“Memento hanya suatu bukti dari konsep tapi terlihat sangat menjanjikan dan bisa menjadi tambahan besar ke web. Ada sedikit dukungan dalam browser hari ini untuk menggali ke dalam arsip, terutama mereka yang memiliki sistem manajemen konten dinamis seperti wiki dan weblog,” ujar Voss .

“Pelacakan versi, dan informasi web asalnya, menjadi lebih dan lebih penting dan Memento dapat membantu mengelola tugas yang rumit ini.”

Dia tidak sendirian dalam pandangan itu. Ian Jacobs, juru bicara untuk World Wide Web Consortium di Boston, Massachusetts, setuju bahwa “URL ketekunan” adalah tujuan yang berharga – dan bahwa pengguna harus dapat melihat versi terbaru dari sebuah halaman atau satu pada tanggal tertentu.

“Browser harus memperbolehkan pengguna untuk memilih,” kata Jacobs.

Van de Sompel adalah menghadirkan teknologi Memento hari ini pada pertemuan Informasi Digital Nasional Infrastruktur dan Program Pelestarian di Perpustakaan Kongres di Washington DC.

Jurnal referensi: arxiv.org, arXiv: 0911.1112v2

Lansung aja kesini : Internet Archive’s Wayback Machine

facebook 2005
    • nyonyogoblog
    • November 18th, 2009

    ih woooooooooooooow

    • Bayu
    • November 18th, 2009

    Waduh translatenya parah…

  1. bingung…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: