Penyamaran yang Sempurna dari Kadal Madagaskar


Sepintas lalu, ia merupakan bagian dari selembar daun kering yang bertengger di pucuk pohon kering saat datangnya musim gugur. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, lembaran daun itu adalah seekor kadal yang memiliki penyamaran yang sempurna.
Sebagaimana diberitakan Daily Mail, Kamis (15/10) kadal yang mampu mengkamuflasekan dirinya dengan lingkungan ini ditemukan di Taman Nasional Andasibe-Mantadia di Madagaskar.
Ia termasuk jenis kadal setan berekor daun (Uroplatus phantasticus) yang memiliki bentuk tubuh pipih. Dalam foto ini tampak kadal tersebut memilki warna cokelat kekuning-kuningan sama dengan warna daun di sebelahnya. Ekornya di bagian ujung kanan tampak berbentuk daun. Sementara kepalanya di bagian kiri jelas terlihat bentuknya berikut dengan kaki kiri di bawah tubuhnya.
Ukuran tubuh kadal jenis ini bisa mencapai 9 cm dan dapat ditemukan di sekitar timur pulau Benua Afrika khususnya di Madagaskar. Disebut kadal setan berekor daun karena bagian kepalanya kelihatan seperti (tanduk) setan dan memiliki kedua mata bewarna merah. Kadal ini mengerami telurnya dan menetas setelah 60 atau 70 hari.
Warna tubuh kadal setan berekor daun ini bisa cokelat atau abu-abu dan ia paling jitu mengkamuflasekan dirinya sesuai dengan lingkungan dengan warna kuning, hijau, oranye atau merah.
Selain itu, ia termasuk hewan yang paling unik di Madagaskar sebab kadal ini tidur di cabang-cabang pohon yang tipis dengan kepala mengarah ke bawah. Dan satu hal lagi tentu saja kemampuannya mengubah warna tubuhnya.
Hewan ini akan bergerak jika ia terusik dengan alat sensoring pada ekornya yang tegak. Kadal setan berekor daun ini berburu di malam hari. Ilmuwan memperkirakan ada sembilan anggota family spesies kadal ini yang ukurannya berkisar 8 cm hingga 30 cm. Spesies yang lebih besar lagi bahkan memiliki janggut di tubuhnya.
Penduduk Madagaskar menjauhi hewan ini disebabkan penampilannya yang mirip setan. Terlebih-lebih ketika spesies yang lebih besar merasa terusik, ia akan membuka lebar-lebar mulutnya sambil berdiri dengan mengeluarkan suara desi.harian-global.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: