Gelang Magnet, Terapi Sungguhan atau Sugesti?


Gelang MagnetTEMPO Interaktif, Jakarta – Rematik, penyakit sendi yang banyak diderita orang-orang berusia sekitar 50 tahun ke atas merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas, sehingga banyak cara yang ditempuh penderitanya untuk bisa sembuh.

Bagi yang tidak menyukai terapi bahan kimia, penggunaan gelang tembaga atau magnet banyak dipilih, namun sebuah penelitian di Inggris menyimpulkan terapi itu tidak banyak menolong.
Universitas York menyimpulkan hal itu dari observasi Departemen Ilmu Kesehatan atas 45 relawan berusia 50 atau lebih, yang dipublikasikan dalam Complementary Therapies in Medicine.

Mereka diberi empat tipe gelang yang digunakan bergantian selama 16 pekan masa observasi, dan semua jenis gelang ternyata tidak efektif utuk mengurangi nyeri atau tegang pada sendi.

Dr Stewart Richmond ilmuwan yang memimpin penelitian itu mengatakan “tampaknya semua perbaikan kondisi fisik yang dirasakan saat memakai gelang itu dapat diasosiaskan dengan dampak psikologis perawatan placebo.”

Namun Richmond mengakui saat ini memang hanya ada satu penelitian terdokumentasi yang digunakan sebagai pembanding yang mencoba membandingkan terapi gelang tembaga dengan terapi placebo.

Efek Placebo

Placebo adalah sebuah istilah yang belum memiliki padanan dalam bahasa indonesia yang berarti semua upaya pengobatan mulai dari pengobatan luar sampai operasi fiktif, sebagai metode selingan untuk meningkatkan kondisi fisik pasien.

Artinya pasien dirawat dengan berbagai teknik pengobatan yang tidak sungguh-sungguh dilakukan, misalnya memberikan pil yang ternyata hanya terbuat dari tepung, terapi listrik yang sebenarnya tidak dialiri listrik, sampai bedah yang sebenarnya tidak dilakukan.

Taktik itu secara medis sudah terbukti bisa meningkatkan kondisi pasien, yang menjadi bukti peran otak dan persepsi mental manusia terhadap kondisi fisiknya, atau yang populer dengan istilah sugesti.

Iklan
  1. placebo dasyat

  2. sugesti merupakan bagian dari terapi, thats what i tought

  3. sy jg baru 2 bln kenal terapy magnet, hasilnya keluargaku benar2 sehat. Pakailah dan rasakan. tanpa efek samping.
    0815 7944525

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: