Jejak Kaki Dinosaurs Terbesar Ditemukan


Para pemburu fosil di Prancis baru-baru ini telah menemukan jejak kaki dinosaurus berukuran besar dan menurut mereka ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail, Kamis (8/10) disebutkan, jejak kaki yang ditinggalkan oleh Sauropod raksasa itu beratnya mencapai 50 ton dan ditemukan di sebuah desa kecil Prancis di dataran tinggi Jura Plagne, sebelah tenggara kota Lyon.

Sebenarnya jejak ini telah ditemukan pada April lalu, namun baru disahkan beberapa waktu yang lalu oleh palaeontologis dari National Centre for Scientific Research (CNRS).

Adalah Marie-Helene Marcaud dan Patrice Landry yang menemukan situs ini saat melintasi sebuah kawasan pegunungan dan melaporkannya kepada para ilmuwan.

Michel Mazin, seorang peneliti CNRS mengatakan jejak kaki itu melingkar, meninggalkan tekanan dalam sedimen berkapur yang diperkirakan berasal dari periode Upper Jurassic, sekitar 150 juta tahun yang lalu. Saat itu kawasan tersebut ditutupi oleh laut dangkal yang hangat.

Temuan ini akan membantu para ahli memelajari lebih banyak seputar makhluk reptil yang tingginya bisa mencapai 75 kaki dan beratnnya 40 ton dan hidup di masa Late Jurassic.

Sejauh ini sudah terdapat 20 jejak kaki di berbagai lokasi di sekitar 25 akre situs tersebut. Dan para peneliti yakin ada ratusan bahkan ribuan jejak kaki purba yang tersembunyi di sana.

Daerah Jura diyakini pernah menjadi tempat berkumpulnya Sauropod, dinosaurus terbesar dan berleher panjang yang memakan tumbuh-tumbuhan.

Dari jejak yang ditemukan, Sauropod diperkirakan memiliki berat 33-44 ton dengan panjang 25 meter. Dari jejak itu pun, para peneliti bisa mengetahui perilaku dan kebiasaan Sauropod.harian-global.com

  1. pantek anjing apa itu, itu jejak kaki agus temanku

      • sigit@
      • Juni 14th, 2011

      dasar congok, ga pernah sekolah ta? goblok jangan di pelihara…………..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: