Ilmuwan: Bumi Kita Kian Mengecil


Seorang ilmuwan asal Rusia, Vyacheslav Orlenok mengklaim bahwa Bumi kita mengalami pengecilan dari ukurannya yang semula.

Sebagaimana diberitakan Russiantoday.com, Selasa (6/10) disebutkan professor geologi di Universitas Kant Russian di Kaliningrad ini telah membandingkan struktur relief kuno dengan yang ada pada saat ini.

Dia menjelaskan sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, ketika permukaan bumi baru saja mulai memadat ukurannya lebih besar. Jari-jari diperkirakan sekitar 6.956 km dan saat ini sudah berkurang 585 km.

Selama ribuan tahun permukaan Bumi berkurang sekitar 128 juta kilometer persegi. Hal itu didapatkan dengan membandingkan total luas semua benua saat ini yang mencapai 149 juta kilometer persegi. “Penyusutan adalah faktor utama dalam proses tektonik seperti dalam platform gerakan benua,” kata Orlenok.

Dia menambahkan, berkurangnya ukuran diakibatkan oleh gaya gravitasi dan hilangnya massa yang disebabkan oleh radiasi matahari yang meniup atom hidrogen menjauhi atmosfer bumi.

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer.GLOBAL

Iklan
  1. konga !!!!!!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: