“Manusia Karang” dari China Berhasil Disembuhkan


Seorang pria asal China yang selama ini dijuluki sebagai si ‘manusia karang’ disebabkan tumbuhnya kutil mirip cangkang di seluruh tubuhnya, telah berhasil disembuhkan.
Sebagaimana diberitakan Telegraph.co.uk, Minggu (4/10), Lin Tianzhuan (38 tahun) pemuda asal Shuimen, selatan China ini pertama kali mengalami pertumbuhan cangkang di kedua tangannya dan kakinya sejak usia 13 tahun.
Apa yang dialami Lin mengingatkan kita akan nasib yang menimpa Dede Koswara, si “manusia pohon” dari Indonesia karena kutil-kutil yang berjumlah banyak tumbuh di tangan, kaki dan sebagian tubuhnya.
Lin Tianzhuan tidak bisa menggerakkan lengan dan kakinya dan merasakan seperti berubah menjadi batu. Akibat penyakitnya itu, ia harus bersembunyi di rumah keluarganya dan takut ke luar rumah sebab banyak oarnag menjulukinya si “manusa karang”.
“Semula muncul tonjolan keras seperti kutil. Lalu saya mencoba menghilanginya dengan mengolesi antibiotik dan cream tapi tidak berhasil. Sejak itu pertumbuhannya semakin parah. Cangkang-cangkang itu terus tumbuh di seluruh lengan dan kaki, punggung dan bahkan kepala saya. Saya seakan-akan telah berubah menjadi batu dan itu membuat saya takut,” ujar Lin.
Kini, setelah setahun menjalani pengobatan dan operasi, Lin kondisi mulai membaik dan tinggal bekas lukanya saja yang menunjukkan sisa pertumbuhan cangkang disana. “Dia masih perlu menjalani radiotherafi untuk beberapa kali tapi dia keadaanya sudah menunjukkan kemajuan yang baik,” tambah Dr Yinghong, Wakil presiden Rumah Sakit Fuzhou Pencegahan Dermatosis Fuzhou.

Harian-global.com

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: