Pria-Wanita Diijinkan Berbaur


Thuwal (BCZ) Arab Saudi membuat gebrakan dalam dunia pendidikan. Untuk kali pertama sebuah universitas serbacanggih di negeri konservatif itu memperbolehkan laki-laki dan perempuan belajar bersama dalam satu tempat.

Universitas yang dibangun di tepi Laut Merah tersebut bertujuan untuk memajukan Arab Saudi di bidang riset dan teknologi.

AFP melansir, kampus mewah itu dipenuhi peranti modern yang mungkin hanya bisa diimpikan oleh para ilmuwan. Didukung dengan sistem komputerisasi supercepat di dunia, Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi King Abdullah (KAUST) diresmikan kemarin malam (waktu setempat) bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Arab Saudi pada 23 September.

KAUST yang dilengkapi fasilitas gambar tiga dimensi dan sejumlah peralatan modern lain dibangun dengan anggaran USD 1,5 miliar (sekitar Rp 15 triliun). Proyek tersebut merupakan langkah awal obsesi Raja Abdullah untuk memodernisasi negara kerajaan kaya minyak itu.

Kebijakan yang mengizinkan berbaurnya perempuan dan laki-laki di satu-satunya universitas pascasarjana di Arab Saudi itu menuai kontroversi. Pejabat senior beraliran keras mengecamnya.

Dibangun sejak dua tahun lalu di luar wilayah gurun tandus 80 kilometer utara Jedah, KAUST mempunyai satu fakultas internasional dan jurusan.

”Fasilitas riset kami paing canggih tak terkalahkan,” klaim Presiden KAUST Choon Fong Shih, yang juga membantu membangun universitas nasional di Singapura hingga menjadi institusi pendidikan yang mumpuni. (cak/ami/jpnn)

Iklan
    • wahyu am
    • September 28th, 2009

    eh, emang sebelumnya g boleh y gan 😀

  1. tidak apa2 berbaur asal bisa menjaga kesopanan

  2. wah mang sebelumnya ngga boleh ta..
    baru tau aku..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: