Facebook Bikin Cerdas, Twitter Turunkan Kemampuan Daya Ingat?


BEIJING, KOMPAS.com — Seorang ahli dalam masalah ingatan mengatakan, sebagian jejaring sosial dapat membuat orang jadi kurang cerdas, sementara yang lain dapat meningkatkan kemampuan mengingat banyak hal.

dr Tracy Alloway, psikolog di Stirling University, mengatakan, beberapa jejaring sosial, seperti Facebook, sesungguhnya bisa meningkatkan daya kerja ingatan. Pasalnya, sistem jejaring tersebut mengharuskan orang menyimpan banyak informasi di dalam kepala mereka.

Namun, kata wanita ahli ilmu jiwa itu, fenomena seperti jejaring Twitter malah mungkin mengurangi kemampuan orang untuk mengingat banyak hal.

“Twitter bisa menimbulkan bahaya karena jejaring ini menghasilkan arus informasi setiap detik, sementara orang tak punya peluang untuk memproses atau memanipulasi informasi itu,” kata Alloway.

Tracy juga menyalahkan “tirani teknologi” yang telah mengurangi kebutuhan orang untuk mengingat banyak hal. Fitur speed dial pada telepon genggam membuat orang tak merasa perlu terikat komitmen untuk mengingat banyak angka. Bahkan, dia menambahkan, menonton televisi juga meningkatkan risiko sindrom defisit perhatian.

Iklan
  1. Makasih atas infonya…

  2. Betul banget…..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: