Cara Unik Cari Kerja: Bentang CV Raksasa


cv raksasa

LONDON, KOMPAS.com — Anda nyaris putus asa cari pekerjaan? Coba simak cara pria Inggris ini. Alex Kearns sudah ratusan kali mengirim surat lamaran kerja, tetapi semuanya berakhir tanpa respons. Namun, ia tidak hilang akal. Kearns memutuskan untuk membuat CV yang gampang terlihat orang. Maka dari itu, ia pun membentang CV-nya dalam ukuran raksasa di Trafalgar Square, London. Pria berusia 23 tahun tamatan Sastra Perancis dan Italia dari Universitas Swansea ini mendapat kesempatan satu jam untuk menggelar CV-nya di Trafalgar Square. Ia membentangkan CV dalam bentuk wallpaper setinggi 10 kaki. Tak lupa, ia menambahkan sebuah poster bertulis: “Selamatkan seorang lulusan. Beri saya pekerjaan”. Ternyata upaya itu manjur. Beberapa saat setelah kemunculan CV-nya Juli lalu, dia dikontak seorang manajer dari International Business Development Group.

cv

Setelah melalui wawancara per telepon, dia diundang mengikuti tes bersama 16 orang dan termasuk satu dari tiga orang yang diterima bekerja. Sekarang Kearns mulai bekerja sebagai sales executive di London, menjual jasa konsultasi perusahaan itu di Inggris dan berbagai tempat di dunia. Kenekatannya itu juga membuat dia mendapat tawaran wawancara dengan perusahaan lain dan pengalaman kerja di sebuah perusahaan periklanan. Kearns, yang tinggal bersama orangtuanya di barat daya London, mengatakan, “Saya melihat hal itu merupakan kesempatan emas untuk menjual diri saya.

Saya telah melamar ratusan pekerjaan, tetapi tidak seorang pun memberi saya pekerjaan. Dan itu ternyata berhasil, bos saya yang baru bilang dia sangat terkesan dan saya mendapat sejumlah kesempatan.” Kearns, yang tamat awal tahun ini, sekarang bahagia mulai meniti hidup di dunia kerja. “Saya tahu saya sungguh beruntung. Banyak orang muda yang tamat dari unversitas dan merasa hampir putus asa, tidak ada pekerjaan di luar sana,” katanya sebagaimana dikutip Dailymail, Kamis (3/9). Krisis ekonomi global yang juga menghajar Inggris telah menyebabkan kesempatan kerja di negeri itu berkurang. Tahun lalu, sedikitnya 200.000 dari 573.000 orang angkatan kerja berusia 18 hingga 24 tahun menganggur. Kesuksesan Alex datang di tengah jaminan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown untuk menyediakan pekerjaan bagi setiap orang di kelompok usia 18-24 tahun yang banyak kehilangan pekerjaan selama 10 bulan terakhir.

Iklan
    • luminous25
    • September 3rd, 2009

    wow,.. idenya kreatif juga, dan yg lebih menarik lagi akhirnya bisa diterima utk bekerja. 🙂

  1. ada ada aje..

    • cubadak-angek
    • September 3rd, 2009

    akun numpang beken aja ya bos,salam kenal dan makasi….
    sekalian aku mo ucapin makasi udah add link aku

    • iip
    • September 4th, 2009

    bayangkan, apa jadinya kalau separuh saja pengangguran sarjana Indonesia melakukan hal yang sama seperti pria inggris itu—di lapangan monas!

    pasti gak cukup, luber sampai bundaran HI atau blok M dipenuhi CV raksasa:)

    semoga para jobseeker cepet dapat kerjaan yah, mumpung masih puasa–doanya banyak yang makbul

    • wahyu am
    • September 4th, 2009

    kerennnn

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: