Orang Bati Mahkluk Misterius Pulau Seram


Di Pulau Seram, Ambon, menurut legenda masyarakat setempat, hiduplah seekor makhluk misterius yang tinggal di gunung di wilayah Kairatu. Tubuhnya seperti manusia, bersayap dan suka menculik anak kecil pada malam hari untuk disantap itu. Makhluk itu bernama Orang Bati.

Sebenarnya sudah sejak dua bulan yang lalu ketika saya diminta untuk menulis mengenai monster-monster dari Indonesia. Baru-baru ini ketika saya kembali diminta untuk menulis kisah misteri di Indonesia, saya teringat dengan permintaan awal itu.
Tahukah anda bahwa sesungguhnya sangat sulit menulis mengenai misteri dari Indonesia, terutama mengenai monster-monsternya ? Saya akan jelaskan sebabnya.

Apabila di Amerika ditemukan anjing aneh seperti Shunka Warak’in yang pernah saya tulis mengenainya sebelumnya, maka penduduk Amerika akan menyebutnya anjing jenis baru atau anjing purba yang masih bertahan hidup. Namun apabila anjing seperti itu ditemukan di Indonesia, maka penduduk akan menyebutnya Anjing jelmaan siluman.
Di Indonesia, semua makhluk yang aneh dan misterius selalu dikaitkan dengan manifestasi roh jahat. Saya tidak memungkiri adanya makhluk jelmaan setan atau manifestasi dari Ilmu hitam seperti Jenglot, Tapi penyamarataan ini mengakibatkan makhluk cryptid Indonesia menjadi tidak terdokumentasi dan terlupakan.

Jadi saya mengalami kesulitan untuk menemukan monster-monster Indonesia yang benar-benar diakui sebagai Cryptid oleh komunitas internasional.
Menurut saya, mungkin fenomena ini bukan saja karena budaya tahayul yang mengakar kuat di Indonesia, namun mungkin karena belum ada ahli Cryptozoology asal Indonesia (atau mungkin sudah ada, hanya saya yang tidak tahu). Padahal dari Sabang sampai Merauke, saya yakin masih banyak Cryptid yang menunggu untuk ditemukan.

Untungnya ada beberapa peneliti Internasional yang tertarik dengan makhluk-makhluk misterius Indonesia. Mereka yang cenderung lebih rasional mengkaitkan makhluk-makhluk ini dengan Cryptozoology, bukan dengan hal-hal yang berbau mistis.
Contohnya, Cryptid Indonesia yang paling ternama di dunia adalah makhluk yang bernama “Orang Pendek”, makhluk pendek berbadan monyet yang hidup di propinsi Jambi. Orang Pendek masuk ke dalam jajaran Cryptid kelas dunia karena jasa satu orang, Deborah Martyr, seorang Inggris.

Selain Orang Pendek, ada juga Cryptid Indonesia yang disebut Orang Gadang, Bigfootnya Indonesia yang dipercaya hidup di Sumatera. Sekali lagi, Orang Gadang go international karena jasa seorang Belanda bernama KW Dammerman.

Ada juga Orang Gugu, yang kadang dianggap sama dengan Orang Pendek. Orang Gugu Go Internasional karena jasa dua orang Inggris. Pertama William Marsden yang menceritakan kisah ini dalam bukunya “The History Of Sumatera”. Dan yang kedua Benedict Allen yang menulisnya dalam buku berjudul “Hunting the gugu : In search of the lost ape-men of Sumatera”.

Namun, bagaimanapun juga, informasi mengenai makhluk-makhluk diatas sangat minim.
Anyway, bagaimanapun juga, akhirnya saya memutuskan juga untuk menulis mengenai monster-monster Indonesia seperti permintaan beberapa orang, namun tetap dalam garis Cryptozoology.

Monster yang ingin saya ceritakan kali ini adalah Orang Bati. Kisah Orang Bati mendapat perhatian Internasional setelah seorang bernama Karl Shuker (orang asing juga) menuangkan kisahnya dalam buku yang berjudul “Is Batman alive and well and living on the island of seram?”.

Monster ini sering dikaitkan dengan Mothman. Apabila Karl Shuker menyebutnya Batman, maka beberapa peneliti lainnya menyebut makhluk ini Mothman Indonesia. Begini kisahnya :

Di Pulau Seram, Ambon, Sejak abad ke-15, para penduduk melaporkan adanya makhluk misterius yang hidup di gua-gua di gunung api non aktif di Kairatu. Makhluk itu disebut memiliki badan seperti manusia dan memiliki sayap. Kebiasaannya adalah menculik anak kecil pada malam hari untuk makan malamnya. Mereka menyebutnya Orang Bati.

Menurut deskripsi para penduduk, Orang Bati memiliki tinggi badan sekitar 1,6 meter, bersayap hitam, berkulit merah dan memiliki ekor kecil yang panjang. Nama Orang Bati sendiri berarti “Orang bersayap”.
Kisah Orang Bati bertahan selama berabad-abad diantara penduduk lokal hingga kemudian diceritakan kepada para Misionaris Kristen yang datang ke Pulau itu.

Pada tahun 1987, Seorang misionaris Inggris yang bernama Tyson Hughes memulai pekerjaannya tinggal selama 18 bulan di Maluku untuk mengajarkan kepada penduduk cara bercocok tanam yang efisien. Para penduduk kemudian menceritakan kisah Orang Bati kepada Mr Hughes. Tentu saja, Mr Hughes skeptis, hingga akhirnya ia sendiri mengaku berjumpa dengan makhluk itu.

Sayang, saya tidak menemukan informasi lebih lanjut mengenai detail perjumpaan itu.

Beberapa ahli Cryptozoology percaya bahwa Orang Bati adalah Pterodactyl yang masih hidup pada abad modern ini. Namun teori yang paling populer adalah teori Kelelawar raksasa. Kemungkinan para penduduk melihat seekor kelelawar raksasa pemakan monyet dan salah mengidentifikasikannya. Teori kelelawar raksasa juga sering dikaitkan dengan Mothman di Amerika.

Sekali lagi, Tidak ada bukti fisik yang menunjukkan bahwa makhluk ini pernah hidup di Pulau Seram. Namun entah mengapa, legenda ini terus hidup selama berabad-abad. Tapi saya tidak terlalu heran. Kitapun tidak memiliki bukti fisik Nessie dari Lochness, Bigfoot atau Mothman dari Amerika.
Apabila ada orang yang membaca tulisan ini yang berasal dari pulau Seram yang dapat memberikan informasi yang lebih lengkap, maka saya akan sangat senang sekali.

sumber

  1. asshole

  2. seram
    namanya juga pulau seram
    apa masih ada mahluk itu.

  3. benar cerita tentang orang bati(Bate-Bate),trus terang komentar saya ini sangat meneganggkan saya,aliyas merinding.karna didesa latu desa saya.sekitar 25 kilometer dari kairatu,lebih identik kami mengenalnya dengan Bate-Bate,mahluk yang sangat menakutkan,kebiasaan kita, ketika menyingung dia dengan istilah sindoto(dia diatas),karna ktika kita menyebut namanya bate-bate dia pasti muncul dan marah.bate-bate sering muncul ditengah hutang biaasanya,karna bate-bate senag jika ada yang merokok tembakau di tengah hutan,karna bate-bate perokok,dan banyak orang dewasa yang kehilangan rokok tembakau di tengah hutan.dan sekedar tambahan buat penulis perlu di garis bawahi,aku pernah dengar dri crita kakekku,katanya Bate-Bate(bati),bukan satu mahluk tpi mereka banyak.kalau aku gak pernah lihat,tpi kata kakekku yang mendpat crita dri bapaknya.mahluk itu mirip dengan yang ada dlm tulisan anda.semoga dia tidak mendengar apa yang aku sampaikan malam ini

    • shahe shinoda
    • Februari 16th, 2010

    di daerah kota palopo dan kabupaten enrekang ada monster yg terkenal.. POPPO’
    poppo adalah manusia biasa,, tapi jika malam hari dia bisa menjelma menjadi monster. gak jahat jahat amat… dia akan mengeluarkan sayap diantara tangan dan badanx dan bertelanjang.. dia akan mencari buah atau ikan.. ciri khasx dia akan bersuara “pok…pok…pok” dan jka terdengar jauh artinya dia berada sangat dekat dan sebalikx…
    pernah di daerah enrekang…ada Poppo yg sedang terbang tapi dapat di jatuhkan masyarakat setempat, dia seorang wanita muda berambut panjang yg cantik..

  4. APAPUN ITU BENTUKNYA MEREKA TETAP CIPTAAN YANG MAHA KUASA…. DAN MEREKAPUN BERHAK HIDUP DIALAM INI SAMA SEPERTI KITA… JANGANLAH KITA MENGGANGGU KEHIDUPAN MEREKA KALAU KITA TIDAK INGIN DIGANGGUNYA…

    • WEUL ARTAFELLA
    • Oktober 4th, 2011

    orang bati adalah cerita turun temurun di tanah besar atau yang kita tahu sekarng bernama seram bgian timur, desa bati terletak ditengah2 hutan belantara, semuanya berpenduduk muslim, desa tersebut adalah desa terjauh dan tertuah yang ada di seram bagian timur, sejarah-sejarah bati cukup banyak jika kita menginjakkan kaki kita di tanah seram, mulai dari mereka bisa terbang, berpindah-pindah tempat dalam hitungan kedipan mata, berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yng cukup jauh, semua dapat dilakukan oleh orang bati., jalan menuju kekampung batih tidak lah mudah karena posisinya yang berada di tetangah-tengah hutan, pengalaman saat saya berada di desa tersebut saya merasa bahwa apa yang saya dapatkan didunia pendidikan semuanya gugur pada saat saya memasuki pintu desa bati tersebut, didesa tersebut logika saya tidak berjalan sama sekali karena semuanya tersaji secara tidak normal terdapat sebuah singasana kerajaan yang sampai sekarang masih ada keturunan-keturunannya, anggapan-anggapan tentang orang bati memang benar, tetapi mereka bukan monster seperti yang telah diinfokan mereka hanya manusia biasa yang hidup di belantara dengan meneral-mineral alam yang sampai sekarang masih terjaga…sehingga mereka memiliki kemampuan-kemampuan di atas manuasia biasa.

    • Lisma
    • Oktober 20th, 2011

    Emm…
    Boleh tanya-tanya gag?
    Lalu apa yang dilakukan oleh penduduk pulau Seram menanggapi cerita rakyat itu?
    Apakah mereka atau tidak?
    Terima Kasih….

    • salehlahmady
    • Juli 19th, 2012

    bos…..di maluku( pulau seram). itu hanya ada dua suku. suku bati sama suku alifuru.
    suku alifuru itu suku yang tinggal di seram bagian barat.
    suku bati itu suku yang tinggal di seram bagian timur.

    suku bati itu sampai saat ini masih ada…tempatnya ada di kabupaten seram bagian timur kecatan seram timur desa kian darat dan dusun bati.
    mereka manusia biasa. tidak bersap seperti apa yang anda katakan.
    hanya mereka memiliki kekuatan magis yang membuat mereka bisa terbang. tetapipi terbanyanya mereka tidak seperti superman dan batman. mereka hanya dengan memejamkan mata saja mereka dapat menghilang kemanapun mereka mau.
    dulu disekitar thn 1990an jika ada anak atau penduduk dari suku bati yang meninggal dunia mereka akan datang ke setiap kampung yang terdekat untuk mencari 1org sbg tumbal untuk digantikan pada penduduk mereka yang mati.
    namun kebiasaan mereka itu menghilang disekitar tahun 2000an dan sampai sekarang tidak lagi.
    saya tau karena saya org seram timur yang yang hidup dijaman itu(penculikan) dan suda berkali2 naik ke gunung bati dan sampai saat ini saya baik2 saja tidak dijahati sama mereka.

      • salehlahmady
      • Juli 19th, 2012

      @lisma___ penduduk setempat tidak takut sama mereka suku bati karena mereka tidak jahat seperti yang di cerita dalam blog ini.
      ini hanya cerita rakyat yang tak ada kebenaranya sama sekali.
      blog yang sangat parah karena tak ada kebenaran didalamnya.

      bos kalau mau buat suatu cerita/blog observasi dulu ke lapangan…jangan cuman datanya dicoppy paste.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: