Sulitnya Mempertahankan Makam Keramat “Mbah Priok”


Makam "Mbah Priok"

Makam "Mbah Priok"

JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa tak kenal Tanjung Priok? Sebuah wilayah di utara Jakarta tersebut memang pernah mendulang masa keemasan pada tahun 1980-an. Sebab, salah satu pelabuhan internasional Indonesia terdapat di wilayah ini.

Hilir mudik kendaraan berat dan aktivitas bongkar muat selalu menjadi daya tarik tersendiri di wilayah ini. Tapi siapa sangka di tengah kerasnya kehidupan masyarakat pesisir, nama Tanjung Priok ternyata diambil dari nama seorang tokoh ulama yang melakukan siar agama Islam sejak ratusan tahun silam?

Ya, dialah Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Al Husaini Ass Syafi`i Sunni RA atau akrab disapa mbah Priok. Makam mbah Priok terdapat di dalam areal pelabuhan Petikemas Koja, Tanjungpriok.

Makam keramat ini selalu diziarahi para ulama dan santri. Utamanya pada Kamis malam Jumat atau Walimatul Houl Maqom dan pada Ahad akhir di setiap bulan Shafar. Para peziarah tidak hanya berasal dari DKI Jakarta saja, melainkan juga berasal dari ulama dan santri di seluruh pulau Jawa.

Meski cukup disegani dan dihormati, namun upaya pelestarian makam keramat tersebut memang tidak mudah. Pihak ahli waris sering mendapat ancaman dan teror dari oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggusur keberadaan makam mbah Priok.

Salah satu ahli waris yang juga pengurus makam mbah Priok, Habib Ali, menuturkan, upaya penggusuran makam keramat tersebut sudah terjadi sejak tahun 1997 dan terus digencarkan hingga saat ini. Aktor di belakang layar upaya penggusuran tersebut, kata Habib Ali, tidak lain adalah pihak pengelola Pelabuhan Petikemas Koja. Sebab, areal makam mbah Priok akan dijadikan lahan perluasan terminal petikemas.

Sayangnya, upaya tersebut selalu gagal. Padahal, berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari iming-iming uang, teror, hingga sabotase. Bahkan, menurut pengakuan Habib Ali, sejumlah ahli waris termasuk dirinya pernah disandera di makam keramat tersebut selama 12 hari. Di samping tentunya, iming-iming uang selalu menghampirinya. Namun karena keteguhan iman, tak satu pun dari para ahli waris yang mau menerima upeti tersebut. Dan akhirnya mereka dilepaskan lagi.

Tak hanya itu, pada tahun 2004, pihak pengelola pelabuhan pernah akan melakukan pembokaran paksa dengan menggunakan buldozer. Tapi upaya ini juga dapat digagalkan karena kebesaran Allah. Buldozer tersebut macet dan terperosok dan para pekerja juga tertimpa musibah. “Bagi mereka yang berniat menggunakan lahan makam keramat untuk bisnis hendaknya berhati-hati dalam bertindak,” kata Habib Ali.

Habib Ali, selaku perwakilan dari ahli waris berharap kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar turut melestarikan situs sejarah makam keramat mbah Priok ini. Sebab, makam keramat di Jalan Kramat Situs Sejarah Tanjungpriok ini merupakan cagar budaya golongan A yang harus dilindungi pemerintah.

“Mewakili ahli waris, saya meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan Makam Keramat Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasab bin Muhammad Al Haddad. Karena makam ini juga cagar budaya golongan A,” harap Habib Ali.

Sumber : BeritaJakarta.com

Iklan
  1. Memang harus lah kita menjaga makam..di manapun itu tempatnya..karena makam adalah sebuah peninggalan para orang tua kita yang memperjuangkan bangsa tercinta ini.

    • asep
    • Januari 19th, 2010

    hati2 wali itu adalan seorang yang di unggulkan/dimulyakan Alloh.!!!!

      • ervina
      • Maret 6th, 2010

      ya bnr klau da orang yg brani psti ada tulah nya.

    • vhialgubahalhaddad
    • Februari 16th, 2010

    siap2 aja yg mw hancurkan gubah alhaddad koja klo gak tertimpa musibah

    • ervina
    • Maret 6th, 2010

    jangan mau menyerah gubah al-hadat jangan sampai dugusur saya akan mendoakan agar kalian menang.

  2. bila ada yang mau mem bongkar al-haddad silakan tapi lihat apa entar jadinya Jakarta akan tenggelam untuk selamanya

    • ahmad m.p
    • Maret 27th, 2010

    mereka yang mau menggusur, tak punya rasa hormat pada siapapun termasuk dirinya sendiri, mungkin mereka juga lupa kalau dirinya bakal mati.

      • deddy
      • April 2nd, 2010

      takbir,tahlil dan tahmid adalah payung dunia agar terhindar dari musibah,hati2 lah hai orang munafik,jangan macam2 dengan makam mbah priok.AL HABIB HASAN BIN MUHAMMAD AL HADDAD adalah seorang waliyulloh,beliau adalah manusia yg terjaga,siapa pun tak akan mampu membongkar atau menggusur pusara nya.

    • angga
    • April 14th, 2010

    pasti akan di timpa azab, terjadi tsunami/ tanah tangerang di balik

    • SKY
    • April 14th, 2010

    saya setuju jika sebuah makam dijadikan sebuah memorial atau suatu tempat penghormatan atas jasa org yg dimakamkan, tp jika itu menjadi tmpat pemujaan, permohonan atas sesuatu, tmpat yg diagung-agungkan itu menjadi syirik.. dan itu mendukakan TUHAN.
    bisa saja kan adanya penggusuran krn TUHAN “cemburu”, sehingga menghendaki itu terjadi.

    manusia hanyalah manusia, & setelah mati akn kembali ke debu, siapapun dia. jd tidak layak menerima pengagungan selain TUHAN.

    • Shofyan
    • April 14th, 2010

    Nangis batin rasanya kita umat islam didholimi oleh orang2x yang mengaku islam

  3. sayang sekali yaa…..bukan kah itu situs sejarah….
    di Melaka Malaysia (dimana saya tinggal sekarang)….makam2 orang yang berjasa dalam sejarah di rawat….di jadiin situs sejarah dan objek wisata sejarah….malah ada makam orang Aceh segala…..yang punya kaitan sejarah dg malaka….

  4. PERTAHANKAN MAKAM MBAH PRIOK…

  5. Mudahan allah membinasakan orang-orang dzolim

    • mefuady
    • April 14th, 2010

    Siapa yang mengganggu kekasih Allah, maka ia mengusik Allah.. Wallahu a`lam..

  6. wahay para pendusta allah …..!!!!!

    azab menuntun mu….

    • Lintang
    • April 14th, 2010

    Saya lihat pemerintah tdk brpihak pada rakyat byk..knp tdk diberikan SK cagar budaya,pdhl masyarakat yg mmilih wakil rakyat,Laknatullah untuk yg brusaha membongkar makam wali allah.. ingat,ap yg ad dlangit dan dbumi adlh milik ALLAH..hanya dgn rahmatNya kita dbumi ini.

    • adrian
    • April 14th, 2010

    tak ada yang bisa menggusur makam mbah priuk ,

    • amin
    • April 14th, 2010

    siapa yg berani membongkar makam mba priuk..liat apa akibat nya……

  7. Hari ini ada korban karena pemaksaan pembongkaran situs makam ini. Semoga bsa diselesaikan secara bijaksana.

    • zahidi
    • April 14th, 2010

    saya sangat prihatin dgn pemimpin dinegeri mayoritas islam. bagaiman pemerintah india belanda ingin memindah maqam .alhabib hasan yg trkena proyek pelebaran jalan,org belanda memerintkn utk menggali ini maqam satu dua kali menggali sakit akhirnya meninggal smpai brjumlah 100 org(80 org pri bumi 20 org belanda)gubernur belanda bingung,lalu brtnya sama s’org ulama,ulama itu melihat habib hasan duduk d,ats maqam,y,ulama itu mnyrankn utk minta izin kpd klrg habib hasan alhaddad atas izin adik beliau habib zein ini maqam di pindah,yg lebih mengherankn org belanda jasad dn kain kapan beliau msh utuh d kubur 23 thn, belanda kuburkn d tmpt skrng dgn luas tanah 6 hektar,gub belanda bilang ini maqam jgn dipindah2 lagi,eh pemimpin yg zholim skrg ingin memindah ini maqam HABIB HASAN BIN MUHAMMAD ALHADDAT

    • nana supriatna
    • April 15th, 2010

    hanya orang-orang yg tdk percaya dgn waliAllah yg ingin menggusur makam kramat ini, mereka tdk akan pernah bisa karena Allah sendiri yg akan menjaganya, Allahu Akbar..Alahu Akbar…

    • me
    • April 15th, 2010

    Berkahnya para Wali hidup jadi berarti , Berkahnya para Wali jalan menjadi suci Berkahnya para Wali jalan menjadi suci……..

    • Muhammad Hata
    • April 15th, 2010

    Mungkin inilah yang di katakan KH. Zainuddin MZ, Kehidupan ISLAM mangacu pada prinsip “Lebah”. Lebah bersipat tidak mengganggu, tidak mengusik, apalagi merusak, malah memberikan manfaat yang banyak bagi lingkungannya, tapi kalau diganggu yang nyilem aja dia tunggu, AL HABIB HASAN BIN MUHAMMAD AL HADDAD sebagai Waliyulloh telah begitu banyak banyak memberikan manfaat bagi ummat Islam dengan syiarnya, jangan anggap enteng Sehingga makamnya saja di beri keberkahan. Pertahankan dan berjihadlah saudaraku dari kerakusan kekuasaan sang penguasa

    • fajri
    • April 15th, 2010

    ada uang iman melayang
    Tak ada uang orang ditendang
    Begitulah kaum kapitalis

    • susilo
    • April 15th, 2010

    saya dan kami berlima di sini kota surakarta… akan siap membantu ikut mempertahankan makam mbah priyok. satpol PP di bentuk untuk menjadikan alat aparat pejabat yg berbisnis.. namamu akan kami jaga mbah,, harumu untuk indonesia akan selalu kami cium. bersemayanglah dengan damai,, karena kami anak cucumu akan melanjutkan perjuanganmu sebagai sahid ilahi.

    • denbagus rajalahu
    • April 15th, 2010

    pelajaran untuk satpol PP, kena batunya dia, hidup mbah priuk.

  8. hmmmmm… debger2 kalo makam habib itu di gusur maka akan terjadi musibah dan bencana yg besar di jakarta spt tsunami.. krna makam itu mrupakan paku bumi jakarta. mnurut seseorang ulama yg mengaatakan

    • Ubaidillah Shahab
    • April 15th, 2010

    Al-Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad adalah seorang waliullah, tidak ada seorangpun yang menyangkalnya.. Seorang Wali keberkahannya tidak akan hilang seiring dengan Kematiannya. Keberkahan itu tetap ada di Rumahnya, Majelis yang Dibinanya hingga Maqamnya..
    Apakah Pemprov mau kehilangan keberkahan Jakarta dan menginginkan Jakarta ditenggelamkan oleh Allah swt??

  9. Kalau di negara maju, situs bersejarah itu dilestarikan. Kalau di negara berkembang, semuanya harus menyerah kepada kepentingan komersil. Sedih ya? 😦

    • anggun
    • April 15th, 2010

    UE SUMPAHIN TUH BUAT ORANG-ORANG YANG SERAKAH AKAN LAHAN KEKUASAAN BAKAL MAMPUS MENGENASKAN…AMIIINNNN…..EMANG U KIRA TUH TANAH MILIK BAPAK MOYANG U….NENEK MOYANG BELOM LAHIR AJA TUH TANAH DAH JDI MILIK MBAH PRIUK. DASAR ORANG TOLOL.SEJAK KAPAN NAMA U BRUBAH JDI PRIUK MAEN MAU AMBIL TANAH ITU AJ.

  10. Sy sangat sedih ats perlakuan pol pp. ke masyarakat.apa dy bukan muslim.harusnya dy tau.muslim sangat melarang kekerasan.liat aja klo melakukan hal yg sama lg sperti mau menggusur makam mbah oriok.Sy Emngn bukan orngn baik,Tp sy tau mna yg bnr & yg tdak bnr.aparat sekarang hanya mementingkan diri sendiri,harusnya dy menjaga masyarakat.klo tdak ad masyarakat dy mau makan apa?
    sy mau pesen jah sama aparat.mohon lah jaga selalu mesyarakat,sy sedih melihat kejadian kemaren,apa susahnya merelakan tanah sedikit demi kepentingan masyarakat.pertahankan terus itu kawan2 sy sangat mendukung.hajar saja yg berani yg mengusik mkm mbah priok

  11. Saya setuju kalo makam itu dijadikan sebagai cagar budaya …

    • RADEN_ PHOTEL AL
    • April 15th, 2010

    terlepas dari hebanya seseorang atau apalah beliau karena yang lebih haq dan pantas disembah hanyala allah semata namun dalam tata susila kita harus menjada dan mempertahankan apa yang kita yakini apalagi mbah priuk adalah salah satu dari sekian banyak kalifah yang telah memakmurkan indonesia dengan doa dan shalawat belaiu, namun apabila seorang sekolmpok manusia telah melanggar susila tadi maka disebut dengan “ASU-SILA” ASU ITU ANJING, SILA ITU DASAR MAKA ORANG YANG DEMIKIAN DIKATEGORIKAN “DASAR ANJING”, siapapun orangnya, siapapun keturunanya apabila menghilangkan nilai sejarah dan menghancurkan nilai-nilai sejarah bangsa itu tergolong orang-orang “ASU-SILA”, Nggak negerti TATA KRAMA, Naggak ngerti Adab dan yang utama mereka itu nggak negrti “AGAMA” apalagi menghilangkan sejarah tentang penyebaran islam di indonesia dan sesungguhnya mereka itu adalah pengikut dazal, jauhi mereka dengan cara yang baik atau lawanlah mereka dengan kalimat LA ILA HA ILALLAH MUHAMMADURASULULLH”, inil;ah kata yang tepat untuk memerangi dazalk yang beujud manusia, apakah diantara anggota pp tidak ada yang beragama islam ? seandainya ada mohon maaf aza sesungguhnya anda adalah orang yang paling bodoh dan paling tolol didunia ini karena kamu adalah pengiklut dazal yang nyata, dan tak berguna bagi mereka islam karena mereka sesungguhnya bukan “islam” bukan agama “allah”, namun mereka adalah dazal yang yang kembali dari kejahiliyahan, Nauzubillah minzalig, “Hati-hati orang yang sholat apabila melalaikan akan sholatnya, dalam arti Percuma anda ngaku islam tetapi menghancurukan islam itu sendiri” musih yang paling besar di antara musuh-musuh allah adalah musuh dari kaummu sendiri yaitu orang-orang yang munafiq, yang hanya semsta-mata mengejar kehidupan dunia, dan meninggalkan kehidupan akhirat, dan mereka akan muncul pada akhir zaman, inilah seseungguhnya mereka itu telah muali bermunculan, dengan manindas yang rakyat yang lemah dan mencium “pantatnya orang berduit konglomerat”, subhaanallah, apabila polisi sudah dengan tega membunuh rakyatnya sendiri ini tanda-tanda kiamat, apabila presiden yang diangkat tidak mengert agama ini juga salah satu tanda kiamat, karea allah menurunkan agama itu bukan sekedar teori namun sholat sesungguhnya adalah kelakuan, “jangan mengangkat orang-orang kafir sebagai “imam atau pimpinan” karena sesungguhnya mereka akan mengembalikan kamu kedalam kejahilyahahn kembali” ya jadinya seperti ini dimana maka kekacauan adanya,

      • Ridho Aas
      • April 15th, 2010

      Mari kiita terus gemakan Dzikrulloh…..

    • cari dulu kebenaran sejarahnya apa ia ntu kuburan bener kuburan orang suci.jangan cuma katanya. apa bagus membunuh orang demi orang mati yg ga jelas?

    • RADEN_ PHOTEL AL
    • April 15th, 2010

    Maka jika dikatakan oleh kaum maya kiamat 2013 mereka selalu “mentaqwil” padahal suku maya lebih baik iman dan akhlaknya dari pada anda yang meng-aku islam namun nggak ngerti “islam” hati-hatilah dengan orang yang demikian ini, jadi untuk semua saudaraku kembalilah kejalan yang lurus, satpol ppp dimana-mana selalu menimbulkan kekacauan, dan sesungguhnya yang selalu menimbulkan kekacauan itu adalah dazal, penhasut, baik dipasar, dijalanan, seakan akan pp itu adaalh malaikat, padahal menurut penglihatan saya keturunan kamu adalah ?…..Nauzubillah minzaliq, la haula wala quwata ila bil haziyil adim, hanya engkau ya allah yang kuasa, mengapa engkau menciptakan manusia-manusia yang asusila ini ya allah, apakah ini ujian darimu atauakah ini memanga sifatnya orang yang tak ber-susila(Asu-Sila), semua hanya engkau yang maha tahu ya allah dan semua ini adalah permainanmu ya allah, semoga para saudara-saudara saya yang dengan gigih mempertahankan haq mereka engkau kuatkan dan beri kekuatan untuk mel;awan kaum yang dolim, pimpinan yang dolim, yang hanya berani menyiksa rakyat sendiri pada malaysia yang jelas telah merampok negera NKRI nggak berani diserang inilah adalah satu ciri-ciri Pemimpin yang muinafiq, pemimpin yang dholim, dan mereka tidak akan mendapat penolong di dunia dan akhirat amin , insya allah, tapi akan kami azab dengan bencana yang amat dasyat, amin ya robal alamin, “orang pinter belum pasti bijak” tapi “orang bija pasti pinter” orang holat belum tentu islam namun orang islam pasti sholat baik yang lahir maupun yang bathin, tingkah polah dan kelakuan mencermian seseorang pada tuhannya, dengan melihat kelakuan tahulah kiota bahwa mereka sesungguhnya bukan islam melaikan dari golongan yang sesat, hati-hati dengan mansuia type ini, benar dikatakan salah salah dikatakan benar, inilah ciri-ciri manusia pengikut dazal, selalu menghasut dan mengadu domba antar manusia, saya harap kepada para ulama tolong segera tertibkan mansuia-masnuia yang tidak beriman, jangan kita menggangab diri telah sampai doa kepada allah namun ternyat akhirnya sesat, karena allah menilai bukan dari doa namun dari tingkah laku dan perbuatan, doa semua bisa sapipun berdoa, babipun berdoa, anjingpun berdoa, tapi kita bukan dari golongan binatang, kita dari golongaan yang termulia dmata allah dan malaikatnya, maka berkelakukan yang baiklah sesuai dengan alquran, jangan hanya sesuap nasi kita mengorbankan orang banyak, ini banyak terjadi saat ini, dengan alasan kepentingan masrakat namun sesunggunhnya hanya segelintir orang yang makmur, kalau mau pemilusuara arkyat suara tuhan selepas pemilku dazalmmengubah kalimat allah tadi menjadi suara rakyat suara setan, nauzubiullah minzaliqh

    • RADEN_ PHOTEL AL
    • April 15th, 2010

    inilkah celoteh akhir saya buat semua umat, apabila mengaku berselimut muhammad maka iktulah “lima sila pancasila” dan lima sila Allah “Rukun islam” maka akan sejahterlah kamu dunia dan akhirat, karena pasti semua akan hidup rukun bebarengan, tidak ada yang diazab oleh allah dan tidak akan ada yang disakiti oleh allah, karena semua telah mengikuti rahman dan rahiemnya allah, namay maju itu pasti tidak mengorbankan sebagian yang lain dan tidak mengangkat sebagian yang lain, itulah maju sebenarnya, kalau mengrbankan sebagian dan memajukan sebagai itu namanya tidak maju, hanya renovasi, namnya negara yang maju itu tidak mesti mengorbankan satu kaum, suatu golongan tapi ayo kita bangklit bersama untuk mencapai hidup yang gemah ripah loh jinawi, saling bahu membahu, daling ketergantungan rakyat dengan pemerintah, bukan saling menindas. Sekarang presiden itu apa ? presiden adalah mandat MPR, pesuruh MPR Beliu itu bukan RAJA adanya presiden di bumi ini karena “SOEKARNO” dulunya ini adalah bagian dari nusantara adalah kerajaan, akhirnya dibentuk NKRI supaya tidak terjadi perang anding antar daerah, dan dengan adanya penjajahan, maka terciptalah NKRI DIBAWAH NAUNGAN REPUBLIK INDONESIA, bukan Satpol PP yang berjuang, satpol preman-preman itu adanya sekarang ini, nenek moyang saya juga ikut berjuang diera penjajahan, sampai akhir kemerdekaan, tapi saya tidak searogan dan sesombong Satpol Preman-preman, karena saya punya tata susila bukan nggak punya sulila (Asu=anjing, Sila=dasar jika digabung dasar anjing) karena kami dari kleturunan yang baik, yaitu tuban, kami adalah orang yang diberi rido allah bukan orang yang dimurkai allah, jadi kembali menghargai jasa para pahlawan maka insya allah kita akan menjadi ORANG YANG DIPILIH BUKAN MENJADI ORANG YANG DIPILIH, APALGI MENJADI ORANG YANG MAU DIPILIH INI SANGAT ANGGAK ENAK, MAKANYA SEPERTI SEKARANG INI KACAU BALAU ADANYA, AGAMA (A=TIDAK GAMA=KACAU BALAU KALAU ORANG TIDAK BERAGAMA MAKA KACAU BALAU DAPATNYA CONTOHNYA NEGARA KITA INI, DIMANA-MANA KACAU BALAU apakah ini yang dinamakan KIAMAT? MUNGKIN KARENA KIAMAT ITU HANYA ALLAH DAN ROSUL YANG DIKASIHI YANG TAHU SIAPA RASUL ITU YAN SAYA, YA ANDA, YA SBY, YA SUSNO, KITA ADALAH SALAH SEORANG RASUL, UTUSAN DIMUKA BUMI INI DAN AKAN KEMBALI KEPADANYA DENGAN INALILAHI WA INALILLAHI ROJIUN, DARI PADA ALLAH PASTI KEMBALI KE ALLAH DARI PADA DAZAL AMKA KEMBALI KE DAZAL, ALAH LEBIH TAHU AKAN HAMBANYA KARENA YANG DEMIKIAN INI TIDAK BISA DIAMBIL HIKMAH DAN PELAJARAN BAGI RANG YANG BERAKAL DAN PUNYA MATA HATI, BUKAN ORANG YANG PINTER, ORANG PINTER, PANDAI ITU BANYAK NAMUN YANG MENGGUNAKAN KEDUANYA AKAL DAN MATA HATI ITU 1% DARI AKUMULASI PENDUDUK BUMI, APAKAH ANDA MSAUK DALAM 1% ITU LIHAT DULU KELAKUKUANMU, DENGAN MELIHAT KELAKUAN KITA BIUS AMENILAI ORANG TADI MASUK DALAM 1% ATAU MASUK DALAM KATAGERO 99% YANG DIAZAB OLEH ALLAH,
    KELAKUAN MENCERMINKAN IMAN, IMAN MENCERMINKAH JIWA, JIWA MENCERMINKAN RUHANIAH, RUHANIA ADALAH RUH ALLAH (TAUHID), MAKA SATPOL PP JANGAN AROGAN DAN JANGAN SOMBONG NANTI ADA SAATNYA KITA AKAN BERPERANG HABIS-HABISAN, KALAU SEKARANG BELUM NANTI SATU MASA KAMI AKAN MERAJAM ANDA KARENA KEBODOHAN ANDA SENDIRI DAN KATA ALLAH KARENA KEKAFIRAN ANDA SENDIRI. YANG HANYA MENGIKUTI PERINTAH YANG DIBERIKAN YANG BUKAN HAQNYA KARENA AUATU SAAT MANUSIA AKAN DIKEMBALIKAN KEPADA KEJADIANNYA DAN DIMINTAI PERTANGGUNYAJAWABNNYA, SEPERTI FOTO DIATAS MAKA ANADA AKAN DIPERLAKUKUKAN OLEH KAMI PADA SAUATU MASA HARTA BENDA, EMAS PERMATA, KEKAYAAN YANG M,ELIMPAH TIDAK AKAN BISA MENOLONG ANDA BESERTA NENEK MOYANGMU APABILA TELAH KAMI SAMPAIKAN AZAB YANG AMAT SEPERTI DI HAITI, CHILI, TIDAK KAMU MENGAMBIL HIKMAH DAN PELAJARAN DARI SEMUA ITU ? JANGANKAN SATPOL PP, FIRAUN YANG BEGITU HEBAT KAMI AZAB DENGAN SIUKSANN YANG PEDIH, BERAT, HIDUP INI HANYA SEMENTARA, APABILA NAFAS SEORANG HAMBA TELAH SAMPAI DIKERONGKOINGA MAKA HAMBA TADI AKAN TAHU BERIMIAN ATAU KAFIR, SEMUA ITU BISA DILHAT DARI PENCERMINAN KELAKUAN SI HAMBA SEHARI-HARI, MAKANYA BENAR KATAKAN BENAR SALAH KATAKAN SALAH KARENASESUNGGUHNYA ORANG BERIMAN TIDAK “TAKUT AKAN PENGURANG PAHALA DAN PENAMBAHAN DOSA ” TERMASUK KEHINGALAN NYAWA SEPERTI “AMROZI DKK”, KARENA YANG MEBUNUH ADALAH ORANG ORANG AL-KAFIRUN YANG NGGAK MENGERTI HIDUP DAN KEHIDUPAN YANG HAKIKI, WASSALAM

    • yg arogan itu siapa? tulisannya sampean aja arogan sekali hahahahaha merendahkan hati adalah kunci suatu yg benar jangan sok paling paham akan agama malah diri lupa akan suatu ajaran yg benar

    • RADEN_ PHOTEL AL
    • April 15th, 2010

    YANG MERAKA TAHU YANG PENGTING BAPAK SENANG, YANG PENTING HIDUP SAYA KAYA RAYA, YANG PENTING PANGKAT SAYA TETAP NEMPEL DIPUNDAK WALAUPUN SESUNGGUHNYA SAYA KAFIR, INILAH TYPE MANUSIA YANG AKAN DAN MASIH DICARI OLEH ALLAH DENGAN ADANYA BENCANA YANG DASHYAT YAITU : APABILA MATAHARI DAN BULAN KAMI DIKUMPULKAN, APABILA BUMI KAMI GIUNCANG DENGAN SEDASHYAT-DASYATNYA SECARA BERTURUT-TURUT, DAN APABILA LANGIT KAMI BELAH, DAN APABILKA GUNUNG-GUNUNG KAMI HANCURKAN DAN JADILAH GUNUNG-GUNUNG TADI BUTIR-BUTIR POASIR YANG BERTERBANGAN, DAN APABILA BUMI TELAH MEMUNTAHKAN ISI PERUTNYA (PORONG SIDOARDJO) SDECARA MURSAL, KEMANA SATPOL PP AKAN LARI ? KEMANA TENTARA DAN POLISI AKAN LARI ? KEMANA PARA PIMPINAN AKAN LARI ? KEMANA PARA JAKSA DAN KORUPTOR AKAN LARI ? KEMANA MARKUS-MARKUS AKAN LARI ? HANYA KEPADAKU KEMBALIMU YANG BAIK, JADI JANGAN NGAKU ISLAM KALAU SESUNGGUHNYA KAFIR, JANG JADI HARIMAU BERBOLO DOMBA SAYA NGGAK TAHU TAPI ALLAH TAHU APA YANG KAMU SIMPAN DALAM HATIMU ATAU KAMU UCAPKAN MELALUI LISANMU, TIDAK MEREKA TIDAK BISA LARI DAN HANYA BERTANYA-TANYA ADA APA DENGAN DUNIA INI ? BAHKAN SEKELOMPOK MANUSIA ITU AKAN MEMBUAT MAKSIAT TERUS-MENERUS dengan menaikkan BBM, Listrik, AIR, Pajak (Upeti), akhirnya sekelompok dari kaumnya yang mekakan hasil upeti tadi dan dibagikan berssama-sama dengan kelompoknya sering mebuat kemasiatan, kemudkaratan, dan sesungguhnya mereka itulah pengikut dazal yang nyata, jadi kalau nggak tahu mereka itulah manusia yang dicari oleh allah pada hari kiamat,

    • RADEN_ PHOTEL AL
    • April 15th, 2010

    kalau tidak mampu dan sanggup memimpin negara ini untuk mejadikan mahdinatul iman, gemah ripah loh jinawi berikan kepada yang sangguop dan mampu saya yakin dengan seyakin-yakinya dinatara 300 juta penduduk indonesia ini pasti ada satu dua, atau 9 wali allah, ratu adil yang sanggup dan mampu mengamebalikan indonesia pada masa kejayaan dan keemasan yaitu “MAJAP[AHAIT” jangan hanya menjadikan ralkyat sebagai kelinci percobaan dan pembantaian masal dimana-mana, seperti kejadian tahun 1965, jaman ini sudah merdeka 60 tahun koq masih nggak aman ? mengapa karena banyak rakyat yang kelaparan, banyak rakyat yang miskin, contohnya kalau sembaku murah dipasaran nggak laku berarti ekonomi negara itu sudah sempurna, tapoi kalau sembako murah masih laku apalagi yang ngakunya kaya msih senang makanan yaorang miskin, intu namanya negara itu tidak maju dan tidak beriman.

    • unda
    • April 15th, 2010

    ingat wahai pemimpin,makam wali Allah!!!!!!!!! klo durhaka!!! gubernurnya lah yg harus bertanggung jwb serta walikotanya,jgn gra2 uang bongkar sini dan sana

  12. bener banget..saya yang baru mendengar tentang makam ini aja nggak setuju..palagi setelah mengikuti kasus ini di TV ditambah lagi meng”google” mencari tahu siapa mbah priok. saya amat menyesalkan, jangankan pemindahan atau pembongkaran makam orang yang sudah berjasa atau berkategori pahlawan, makam orang biasa saja harus melalui beberapa tahap kesepakatan. pelindo udah kelewatan. situs ini, harus dijaga sampai kapanpun. sebagai saksi sejarah bangsa ini

    • Dzay
    • April 15th, 2010

    Alhamdulilah.. Akhirnya perjuangan utk mempertahankan makam wali allah.. Di dengar oleh allah sehingga pembongkaran tidak di lanjutkan..

  13. semoga seleseai permasalahan ada batas yang jelas antara kedua belah pihak yang bersengketa

    • matthew
    • April 15th, 2010

    kalian semua percaya dengan tahyul.itu dilarang oleh agama islam maupun kristesn.makam hanyalah makam.tidak lebih.memangnya kalo makam,kenapa?minta izin dulu.masa hanya makam saja,jadi masalah.lebih baik kremasi semua org yang mati,nanti dibilang keramat semua.pakai hati nurani,plus otak.jangan hanya iman.salah itu.

    • robby
    • April 15th, 2010

    Penguasa yang serakah, tidak lagi mempertimbangkan arti pentingya sejarah. akan tetapi gelap mata dengan harta dunia yang di iming2i oleh pengusaha.

  14. Yaa haddad… T_T

    • sitara
    • April 15th, 2010

    Makam ya memang makam tapi ketika bernilai sejarah sangatlah layak dipertahankan, o ya hindari syirik dengan mengkramatkan makan.
    Kasian an bego to Pol PP di Adu Ama rakyat, yang brengsek to yang ngasih perintah, kaya ga ada cara laen aja udah tau masalah sensitif.
    Anehnya yang mati dari pol PP tuh ada yang namanya Israel Jaya, semoga jadi pertanda hacur kebiadaban bangsa Israel.

  15. Saya setuju sepenuhnya untuk kita sebagai manusia,dan juga sebagai penduduk negara ini ,menjaga dan melestarikan cagar budaya.karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa pahlawannya.dan MBAH PRIOK adalah seorang pahlawan bahkan LEBIH DARI PAHLAWAN.Mbah Priok adalah seorang WALI. Darah adalah taruhannya untuk memperjuangkan cagar budaya ini. JIHAD hukumnya memperjuangkan hal ini. Andai kita tidak hidup di jaman ini dan hidup di jaman NABI, saya akan sangat menikmati melihat penguasa kita yang teramat ZOLIM ini di BANTAI habis,bahkan saya tidak akan menutup mata saya meski saya takut akan darah disaat Leher para PENGUASA ZOLIM dinegara ini DI GOROK.Demi اَللّهُ.
    saya tau ISLAM tidak pernah mengajarkan KEBENCIAN.Namun BENCI lah kita pada dosa,atau semua hal yang dekat dengan dosa.Ini hukum pasti. Laa Ilaha Illallah !!!!

    • Lonelyloner
    • April 16th, 2010

    Udahlah, PT Pelindo cari cara lain aja, mungkin memperluas ke areal lain saja, gak udah di areal Makan Mbah Priok itu.
    Ini bukan soal menang kalah atau apakah makam itu sakti atau tidak atau omong kosong macam macam.
    Pusing kan harus dengerin omongan kacau kayak begini semua? Udahlah, anggap rugi aja terus cari tempat lain. Ngapain kayak beginian diurusin terus. Cuekin aja, terus cari tempat lain yang lebih tidak ribut. Gak usah buang buang energi lagi.

    • Wandi
    • April 16th, 2010

    Kalau sampai kejadian makam mbah Priok di bongkar, azab Allah akan datang, maka kota jakarta akan tenggelam menjadi laut. Allahu Akbar….

  16. semoga cagar budaya tetap dapat dilestarikan…

    • Al fakir
    • April 17th, 2010

    Makam Alhabib tersebut merupakan situs sejarah agama islam yang seharusnya di pelihara bukan di bongkar, didanai dipugar, ya jelas aja massa marah dan tindakan ini saya nilai murni dari dari pembelaan masyarakat bukan oknum atau ormas saja melainkan umat yang bersatu menjaga situs sejarah penyebar agama islam tersebut. serta juga Allah berkata tiada kamus kalah bagi orang-orang beserta ku, barang siapa memusuhi waliku/kekasihku maka ku umumkan perang terhadapnya lahir & batin

    • Al fakir assayid akhmad effendy asy syathiri
    • April 17th, 2010

    wasalam

    • Elan
    • April 17th, 2010

    Saya jd bingung, kalau memang keramat, lha kok malah menimbulkan bentrok dan korban nyawa; makam wali2 a.l. wali songo, rasanya gak pernah nimbulkan korban, atau bikin masalah; mungkinkah andai beliau tahu, akan dengan lapang dada memindahkan ‘tempat ibadahnya’ drpd bentrok antar bangsa, bahkan sesama muslim yg kebetulan ‘trpaksa’ bertindak berseberangan. Kalau gak salah meng’keramat’kan makam, siapapun, termasuk sirik ? …..

      • baba
      • September 28th, 2011

      coba2 ingat2 lagi …. kalo ada penggusuran oleh satpol PP …pernah ada ngga yang jadi korban mati justru dari pihak satpol PP(polisi) ????
      inilah bukti kramatnya makam mbah priok…..

  17. Mari kita belajar mengenai larangan membongkar makam kaum muslimin. sehingga dapat berilmu sebelum beramal atau melakukan suatu hal. ini yang penting. Tapi, setahu saya, artikel sejarah para ulama Indonesia yg meriwayatkan perjuangannya, para ulama indonesia sebenarnya tidak ingin seperti sekarang yg terjadi… makam mereka di kunjungi dgn hal2 yg mengarah kpd kesyirikan, apalagi mereka dikultuskan sebegitu lebihnya, Semoga ini menjadi bahan renungan bagi umat Islam., kembali kpd ajaran Islam yang benar sesuai yg diajarkan para ulama kita dahulu…

    • abdullah
    • April 18th, 2010

    Semoga senantiasa dalam perlindungan Allah, Tapi kenapa kok sekarang berkembang ritual yg sekiranya tidak pernah di ajarkan oleh Rasulullah, Apakah hadrahan, mengunjungi kubur dgn berbagai kegiatan sprt yg kita lihat pernah di ajarkan Rasulullah? aiwa….

    • nurdin.as
    • April 18th, 2010

    upaya pembongkaran mbak priok mengingatkan kita pada firman ALLOH Swt dalam surat al-fiil. dimana pasukan bergajah yang akan menghancurkan ka’bah hancur oleh burung ababil. subhanalloh

      • Agung M
      • April 19th, 2010

      Beda jauh sekali donk antara Ka’bah dg. hanya sekadar makam. Antara keduanya nggak bisa dibadingkan ! Kalau mau bela sampe mati dan menjadi suhada, pergilah ke Palestina untuk menghardik Israel yg terus-terusan menggusur Masjidil Aqso. Ahli antropologi DKI megatakan bahwa foto udara tahun 1925 di tempat tsb. nggak ada bangunan apa-apa. Nama Tjg Priok sudah dikenal sejak sebelum masehi.

    • Adan
    • April 18th, 2010

    Di antara manusia yg mengaku islam ada yg tidak mengerti keramat, tidak mengerti arti waliallah, tidak mengerti balas jasa kepada orang yg telah berjasa, tidak mengerti arti syirik hingga sering menuduh orang syirik.

  18. Apakah tidak aja jalan lain untuk diskusi?
    saya sedih lihat saudara2 saya yang sebangsa ini saling hantam bahkan saling bunuh.

    • rio
    • April 20th, 2010

    3 Poin penting yang harus dilakukan atas tragedi priok 2
    1.gubernur pak kumis harus pecat karena tdk bs memimpin aparaturnya
    2.stpol pp di bubarkan karena banyak mudlorotnya daripada manfaatnya
    3.tanah leluhur komplek mbah priuk tidak akan di ganggu gugat
    TITIK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Naahidlul Umulaat
    • April 21st, 2010

    He.. he. he .. dasar indon ! Kalo ‘mbah priok’ dibiarkan maka akan ada “mbah teluk bayur’ di padang, ‘mbah sekupang’ di batam, ‘mbah mas’ di semarang. ‘mbah perak’ di surabaya dan ‘mbah-mbah’ lainnya diseluruh tanah indon… wakakakakk!!!

    • dina nak mqom
    • April 22nd, 2010

    ane cinta wali Alloh
    maqom mbah priok g bkln d bongkar
    kl mpe ad yg brni ngbongkr mqom mbah priok
    brarti dy dh siap mati masuk neraka (jahanam) MIN AHLINAR (naudju billah hamin djalik)

  19. siapa yang berani membongkar makam habbib hasan bin muhammad al-haddad akan tahu akibatnya?

  20. siapa yg berani memnongkar (makam ) allhbib hasan bin muhammad al-haddad…

    kami pemegang bendera islam….tak tangung 2…siap untuk perang!!!!

    ALLAH HU AKBAR!!!!

    • moch hidayat
    • April 20th, 2010

    hukuman yang paling ringan untuk perusak makam dan sekitarnya adalah sakit gigi selama dua tahun , impoten permanent atau ada keluarga dekatnya menjadi psk. semoga cepat terjadi .aaamiiinnnnnnn.

  1. Juni 12th, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: