Inilah Gejala Flu Singapura


Flu Singapura sebenarnya adalah penyakit yang di dunia kedokteran dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit jari, kaki, tangan, dan mulut ( KTM ). Penyakit KTM ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan virus RNA yang masuk dalam keluarga Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ) dan Genus Enterovirus (non Polio)

Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus. Di dalam Genus enterovirus terdiri dari Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus dan Enterovirus.

Penyebab KTM yang paling umum adalah Enterovirus coxsackie A16, jika penderita terinveksi virus jenis ini, maka tidak perlu khawatir. Ini lantaran dapat ditangani hanya dengan rawat jalan.

Namun, jika pengidap terinveksi Enterovirus 71, maka harus mendapatkan perawatan lebih intensif, lantaran keadaannya lebih berat.

Bahkan, jika terjadi komplikasi dapat menyebabkan pederita meninggal dunia. Virus yang tergolong Enterovirus memang dikenal dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Penularannya bisa melalui kontak langsung dengan kulit penderita, udara lewat percikan air liur, urin, dan feses. Gejala yang muncul seperti flu biasa, yakni demam, batuk, pilek, pegal-pegal, dan mudah lelah.

Namun, derita terinfeksi flu singapura akan semakin bertambah dengan sariawan di dalam rongga mulutnya dan munculnya bercak-bercak merah berair, seperti cacar, di telapak tangan dan kaki, khasnya adalah di antara jari.

Itulah mengapa penyakit ini juga disebut sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Jari, Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM).TRIBUN BATAM

Iklan
    • cupangkolam
    • April 21st, 2009

    Meski begitu mesti ditangani serius dong, dok, jangan sampai menular kemana-mana.

  1. Nice Info. Thanks

    • zbqi
    • April 21st, 2009

    apakah seperti flu burung

  2. atau “burung flu” ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: