911 Hadir di Indonesia


911Siapa tidak mengenal emergency call 911? Di Amerika Serikat, nomor ini memang sudah tidak asing lagi. Kini, nomor 911 hadir di Jakarta.

“Kami menyadari pengetahuan masyarakat Indonesia akan tata cara memberikan bantuan medis darurat masih belum memadai. Untuk itu Medic One hadir di Indonesia,” kata Direktur Medic One Indonesia Ronny W. Adhipurna.

Hal tersebut disampaikan Ronny saat soft Launching Medic One di Wisma Medic One, Jl Prapanca Raya No 6A, Jakarta, Kamis (19/3/2009).

Menurut Ronny, pentingnya bantuan medis ini untuk menolong korban supaya terselamatkan. Serupa dengan Emergency 911 di AS, semua telepon yang masuk ke Emergency Medical Response Center (EMRC) juga dijawab oleh seorang operator.

Ronny menjelaskan, telepon emergency nantinya akan diproses oleh teknologi call center yang akan mengenali nomor-nomor telepon anggota. Data-data penting penelepon kemudian akan muncul dan pertolongan pun dapat dilaksanakan lebih cepat.

Ronny menambahkan, Medic One saat ini sudah dilengkapi dengan penyimpanan data rekam medis, tim paramedis motor dan ambulans. Selain itu Medic One juga membuka pelatihan yang tergabung dalam Komunitas Siaga Medis (KSM).

“Dengan keanggotaan dan pelatihan, kami bervisi akhir tahun 2011 ada 5.000 guru yang terlatih dalam memberikan bantuan medis darurat. Sehingga salah satu dari mereka bisa jadi penyelamat anda atau orang yang anda cintai,” pungkasnya.YAHOO NEWS

  1. Bagus juga…
    Tapi sayang baru bisa di Jakarta ya?
    Kota penyangganya kaya Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi udah bisa belom ya?

    • devina samantha
    • Februari 7th, 2012

    Wah menarik sekali!! Bagaimana cara bergabung menjadi paramedik? Apakah memerlukan latar belakang sekolah medis? Saya sangat tertarik!! 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: