‘Charge’ Ponsel Cukup 20 Detik


Ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil mengembangkan baterai lithium ion yang isi ulangnya hanya dalam hitungan detik. Penemuan ini membuka kemungkinan untuk membuat baterai isi ulang super cepat untuk ponsel atau perangkat lain.

Baterai lithium ion digunakan secara luas diperangkat elktronik portable karena mampu menyimpan energi lisrik dalam jangka waktu lama. Tapi kekurangannya perlu waktu panjang untuk isi ulang, sehingga kurang nyaman bagi yang sering bepergian.

Tim ilmuwan di MIT yang dipimpin oleh Profesor Gerbrand Cedar menemukan lithium ion sebagai pembawa listrik pada baterai, dapat digerakan lebih cepat jika mengalir di terowongan.

Terobosan ini membuka kesempatan mengembangkan materi untuk baterai agar lithium ion dapat bergerak cepat di keseluruhan permukaan baterai dan mengarahkan ke terowongan. Prototip baterai dengan metode itu bisa penuh hanya dalam 20 detik atau kurang. Untuk isi baterai ponsel biasanya selama 6 menit.

Materi yang digunakan sudah biasa digunakan untuk berbagai peralatan. Hal ini berarti baterai dengan teknologi itu sudah bisa tersedia di pasar dalam dua hingga tiga tahun mendatang.INILAH.COM

    • dika
    • Maret 14th, 2009

    wkt tu saya prnh mendengar baterai Hp bisa bertahan berbulan-bulan..tp tekhnologinya tdk prnh muncul2…ap tekhnologi ini bisa yakin muncul untuk masyarakat luas?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: