MITOS MENGERIKAN Tentang Uang Indonesia Rp.100 Rupiah Emisi 1992 Perahu Layar


agan2 semua tentu mengetahui tentang uang yang satu ini,  uang 100 rupiah emisi 1992 yang sering disebut sebagai 100 PL (Perahu Layar)  . Banyak sekali persepsi yang salah mengenai uang ini gan  mari ane bahas satu persatu.

1. Banyak orang berpendapat uang ini sangat langka sehingga bernilai jual tinggi

Kenyataannya gan, uang ini sangat banyak dan relatif mudah ditemukan. Jangankan cuma satu gepok berisi 100 lembar, yang masih berbentuk brut pun berisi 1000 lembar juga masih ada gan ngakak . Harga perlembar sekitar 1000-2000 rupiah tetapi untuk per gepok harga pasaran cuma 50-60 ribu rupiah saja gan. Baru-baru ini ada penjual yang menawarkan uang ini dalam jumlah nominal 7 juta rupiah, alias 70.000 lembar = 700 gepok = 70 brut!

2. Emisi tahun 1992/92 sangat langka dan bernilai jual tinggi gan tapi
enyataannya : Memang demikian adanya, nilai jual yang emisi 92/92 agak lebih tinggi daripada emisi lainnya gan, tetapi tidak sampai kebangetan. Rata2 perlembar hanya bernilai Rp.5 ribuan saja gan

3. Uang ini ada yang memiliki benang pengaman gan

Kenyataannya : Sampai saat ini ane dan teman-teman tidak pernah menemukan variasi yang memiliki benang pengaman. Yang ada adalah melipat uang ini sampai patah kemudian diluruskan lagi dengan cara di press sehingga garis lipatannya seakan-akan mirip dengan benang pengaman gan. Jadi ada unsur penipuan gan


4. Uang ini ada yang memiliki tulisan Perahu Layar gan

Uang Rp.100 PL walaupun disebut sebagai PL (Perahu Layar) tetapi dalam kenyataannya yang tercetak di kertas uang adalah Perahu Phinisi gan. ane pernah mendapat tawaran adanya varian yang bertulisan Perahu Layar, bukan Perahu Phinisi gan. Maka dengan segera saya datangi untuk melihat dengan mata kepala sendiri gan. Ternyata tulisan Perahu Layar yang tertera di kertas uang bukan asli dari percetakan gan  . Melainkan rekayasa dengan cara menghapus tulisan Perahu Phinisinya dan diganti dengan Perahu Layar gan  Tentu perbuatan ini menggunakan printer berwarna. Sekali lagi ada unsur penipuan gan

5. Uang ini dapat dirubah oleh orang sakti (atau dukun) menjadi pecahan 100 ribu rupiah gan. 

Untuk yang satu ini ane engga banyak komentar gan. Bila ada yang percaya ane sih engga bisa larang. Hal inilah yang menyebabkan uang PL ini dicari oleh banyak pihak gan. Beberapa tahun yang lalu banyak sekali orang2 yang percaya mencari dan membeli uang ini dalam jumlah sangat banyak, harga menjadi tinggi sekali, tetapi karena tidak terbukti maka secara lambat laun harga mulai turun dan stok di pasaran mulai melimpah gan.


6. Ada lagi rumor terbaru gan : Uang ini ada yang bertahun 1982!

Sudah pasti rumor tersebut salah besar gan, tidak pernah ada Rp.100 PL yang bertahun 1982. Bagi yang memiliki coba perhatikan angka 8 nya, sangat mungkin angka 9 yang sengaja diubah menjadi 8  gan

Sumber :
– Batavia kota hantu (Alwi Shahab)
– Banknotes and Coins from Indonesia 1945-1990
– Munt Almanak 2006
– kuki
– website Museum Bank Indonesia
– website sastravardhana
– wikipedia
– Jurnal Rupiah
– Katalog Pick
– Jurnal Rupiah
– Katalog lelang ANI
– Koleksi teman-teman kolektor

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10500701

About these ads
    • Edy Supaham
    • September 15th, 2011

    Aneh juga….

    • Perfecto
    • Oktober 13th, 2011

    Aneh-aneh saja

    • Perfecto
    • Oktober 13th, 2011

    Ada” saja

    • jonny
    • Januari 22nd, 2012

    uang rp 100 th 92 dg tulisan perahu layar memang ada, tetapi cm trbts,tak seberapa lama stlh uang ini dikeluarkan lnsng ditarik kmbli dr peredaran karna uang ini dianggap cacat,sy sndri pny uang tsb. Mgkn anda &sbgian org tak prcy karna anda belum prnh melihatnya,krn melihat tentu lebih baik drpd mendngr.
    Bila anda tak prcy bs anda tnykn pd pihak peruri, atau bs liat kpnyaan sy dg alat apapun jg tuk membuktikn keasliannya…
    Salam numismatik.

      • mahmudin
      • Februari 16th, 2012

      saya btuh 1 lmbar,,anda tinggal dmna ?

    • aku butuh Gan hubungi aku di 085643328295 harga manut Gan..makasih

    • Watno Eka Prasetyo
    • Februari 5th, 2012

    di jakarta ada yang jual dalam jumlah byk gk..ane butuh ni 100 rb pecahan Rp100

    • guzren
    • Februari 7th, 2012

    Watno Eka Prasetyo pada
    Februari 5, 2012 pukul 9:2

    stat anda saya koment, anda srius punya uang tersebut.. boleh minta alamatnya gk biar saya bisa ktemu anda??? alamatnya kirim ke email saya ea!!!!

      • iben
      • Februari 15th, 2012

      Saya punya uang pecahan Rp. 100 th. 92 tulisan perahu pinisi. ada 10.000 lembar atau 10 lak nomor atau 1 brud berurutan. kalo anda berminat bisa hub.saya di 0821-22673068 atau 0857-10783677 dgn iben. posisi saya di bogor.alamat email saya benrinaldi37@yahoo.com

    • joko hadi harjo
    • Februari 11th, 2012

    permisi agan agan saya punya uang kertas Rp. 100 th 92 dengan tulisan PERAHU LAYAR (4 lembar). itu asli bukan rekayasa bila anda tak percaya bisa anda tanyakan pada pihak peruri, atau bs liat kepunya’an saya dan bisa dibuktikan dengan alat apapun untuk membuktikn keasliannya…
    hub: 085866376000
    saya di demak jawa tengah
    saya mau menjual uang ini jika agan agan berminat hub no di atas trimakasih

    Salam numismatik.

      • Wawan
      • Februari 10th, 2013

      Masihhkah uang PL nya Gan?

  1. saya punya uang pecahan 100 rp perahu layar tahun 92 cetak dan tandatangan direksi sama bila berminat email ke alamat email ini budhi.saputro19@Gmail.com

  2. Wah Wah…. aneh juga.. ya

    • Mela
    • Juni 22nd, 2012

    Saya punya uang 100 rupiah gambar perahu layar 4 lembar. Dan uang 500 rupiah 1 lembar.
    Jika anda berminat hubungi 085 729 883 102

      • Wawan
      • Februari 10th, 2013

      Domisili dmn? Masihkah uang PL nya?

    • muhajir
    • Juli 17th, 2012

    saya punya uang Rp. 100 PL thn 92 sebanyak 3 lbr.kalo b erminat telp di 087790421166

    • Kanda
    • Agustus 23rd, 2012

    Saya juga punya uang Lembaran 100 Rp,tpi gx tau asli apa kagax,low da yg mau boleh deh,tpi d’ hargai brapa yah,He,he,he.

    • Kanda
    • Agustus 23rd, 2012

    Saya punya uang 100 Rupiah 1 lembar yg gambar perahu Layar,Emang ada Mitos Ny’ yah?He he he, #CIKAMPEK.

  3. bukanya yang tulisan prahu layar itu tahun 1991 ya

  4. waduhh, kanda,,hahahaha,

  5. PROMO 1 minggu bulan OKTOBER

    Mulai tanggal 1 – 7 Oktober 2012, untuk min pembelian 150.000 di http://www.facebook.com/toko.serba.doraemon akan mendapatkan GRATIS ongkir ke seluruh indonesia. berapapun beratnya, kemanapun tujuannya, akan tetap mendapatkan GRATIS ongkir.

    Ayo buruan belanja,,,PROMO ini hanya 1 Minggu.

    EX: kapan lagi ada program GRATIS ongkir kemanapun dan berapapun?????
    MANFAAT’KAN KESEMPATAN INI, program ini hanya sekali :)

  6. kalau memang ada kwan2 yg punya saya sanggup beli dgn harga 5 jt per lmbarnya hubungi 085365545468 elbi

    • smail
    • Oktober 6th, 2012

    puya ane kok bukan perahu layar gan tapi perahu pinisi hehee

  7. Saya punya,punya uang Rp100 gambar kapal titanic kerenkan dari pada perahu layar

    • ryo
    • November 23rd, 2012

    aku mah punya uang kertas 100 rupiah tahun 1968 gambar Sudirman dan uang kertas 1000 rupiah tahun 1975 , ada yg minat hub 081806167387

  8. terimakasih atas informasi nya :)

  9. ahh yang bner informasinya ?

  10. bingung deh saya :D

  11. ciyusss ahh yang enel ….

    • bonteng
    • Desember 13th, 2012

    gw masih punya yg Rp. 100 thn 1977 ( badak )

    • diehazt
    • Desember 18th, 2012

    anehh yaaa…..?? hehehe… o.O

  12. Yg mana yg bs dprcya nich ? Indonsia klo buat isu pling jago,, aq da tuch yg thun 91 ma 92 g bnyk cm 4 lmbar !

    • Mbahe
    • Februari 17th, 2013

    Ada yg perahu tongkang pa ga?

  13. mang harga pasaran-y brpa cuy.
    mw tau aja nich.
    :p

    • joni.gembus
    • Maret 21st, 2013

    wah.aku..tertarik.banget.tuh.bos..sayang.susah.cari.duit.yg.begituan…ya.gimana.lg…duitnya.duit.boongan.kan?..mo.nipu.ya?..asuu.loe..bajingan.penipu..bangsaat..!!

    • joni.gembus
    • Maret 21st, 2013

    anjing.bangsat.penipu…bajingan.asu..

    • joni.gembus
    • Maret 21st, 2013

    mo.tiputipu.yaa?..tipuan.kunooo.cuuk..

  14. di 1984 saja gambar bendungan Asahan..saya punya dan masih baru..

  15. saya baca di uang kuno. ini catatan lama tampaknya tetapi berita hangat sekarang ini.

    • lan64
    • April 24th, 2013

    sy ada 4 lmbr uang 100 RP, 2 lmbr 500 RP 1992, 1 lmbr 1000 RP 1992 dan 1 lmbr 10000 RP 1985.

    • budi heryadi
    • April 28th, 2013

    saya punya koin indie tahun 1921 sama 2 1/2 cen 1945 asli uang turun temurun dari kake buyut saya ? sy bleh minta kriteria ciri uang asli pd masa itu g,alnya sy g tau ini asli/ ngak?namanya jg warisan

    mhn bantuannya

    budi 08976957681
    di bekasi

    • Ipung Bagus
    • Mei 11th, 2013

    Aku masih punya ni gan uang 100 yg Perahu Layar (asli) bukan fotocopy atw rekayasa. Berminta hub. 082146165088 (Jakarta).

  16. hemmm uang setan!

    • Ipung
    • Mei 24th, 2013

    Yg butuh PL (Perahu Layar) th 92, bs hub sy di 0821 4616 5088. Posisi sy di Grogol (Jakarta).

    • nugie
    • Mei 25th, 2013

    ada kabar dari para numismatik,katanya uang perahu layar ini dibuat pihak swasta,entah siapa,sy sendiri jadi ikutan mengoleksi uang ini,kl ada yg butuh kontak aku di no ini 08158955934

    • Ipung Bagus
    • Juli 7th, 2013

    Saya punya 2 lembar gan. Yang butuh silahkan kontak 0821 4616 5088. Saya di Grogol, Jakarta Barat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 130 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: