Geng Motor ‘Satudarah’ & ‘Hells Angels’ Nyaris Bentrok di Amsterdam


Amsterdam – Kepolisian kota Amsterdam berhasil mencegah potensi bentrokan antar dua geng motor paling berpengaruh di Belanda, yakni Satudarah dan Hells Angels. Beberapa anggota geng ada yang ditangkap polisi.

Seperti diberitakan AFP, Minggu (31/7/2011), bentrokan ini diprediksi bakal terjadi di kota Amsterdam. Namun polisi buru-buru melakukan upaya preventif dengan menangkap 56 anggota Satudarah.

“Ada kemungkinan konfrontasi antara geng Satudarah dan anggota Hells Angels,” kata seorang pejabat polisi.

“Mereka ditahan pada Sabtu malam karena mengganggu kenyamanan publik. Semua yang ditangkap berasal dari Satudarah,” kata polisi tersebut menambahkan.

Belum bisa dipastikan dari kota mana geng Satudarah ini berasal. Namun sebuah laporan menyebutkan, geng yang didirikan oleh para biker keturunan Maluku, Indonesia, ini sudah memiliki ‘cabang’ di 10 wilayah Belanda. Polisi enggan membeberkan informasi ini lebih lanjut.

Ketegangan antar dua kelompok geng motor ini sudah tercium oleh polisi sejak jauh hari. Pemicunya tiada lain karena perebutan kekuasaan wilayah. Hells Angels saat ini tercatat sudah memiliki kelompok di 17 wilayah di Belanda. Mereka bahkan sudah mendeklarasikan diri sebagai organisasi kriminal.

Juru bicara kepolisian Amsterdam mengatakan pada koran Algemeen Dagblad, polisi akan melakukan segala cara untuk mencegah kemungkinan bentrokan antar geng motor. Kejadian pada tahun 1990 antara geng Hells Angels dan Bandidos di Skandinavia yang menewaskan 11 orang dan 95 luka-luka tak akan terjadi di Belanda.

Menelusuri Sepak Terjang Geng Motor ‘Satudarah’ di Belanda 

Jakarta – Polisi menangkap 56 anggota geng motor Satudarah di Amsterdam karena berencana ‘perang’ dengan geng motor Hells Angels. Bagaimana sepak terjang geng motor yang didirikan oleh pria-pria keturunan Maluku tersebut?

Dalam situs http://www.satudarahmc.com, Senin (1/8/2011), tercantum sejarah pembentukan klub motor Satudarah. Pada awal tahun 90-an, ada 9 orang pria yang sudah lama bersahabat, lalu berinisiatif membentuk geng motor di kawasan Moordrecht, sebuah wilayah dekat kota Gouda, Belanda.

Dari 9 orang tersebut, sebagian besar merupakan warga Belanda keturunan Maluku, Indonesia. Beberapa pendiri lainnya berlatar belakang etnis berbeda.

Meski datang dari komunitas berbeda, geng ini memiliki hobi yang sama, yakni menaiki motor besar Harley Davidson. Mereka juga memimpikan kehidupan seorang biker di jalanan.

Semakin lama, klub ini tumbuh semakin besar. Anggota pun terus bertambah hingga mencapai ribuan.

Bahkan, Satudarah kini tercatat memiliki 8 cabang wilayah di Belanda, yakni di Gouda, Den Haag, Hengelo, Apeldoorn, Rotterdam, Tilburg, Beverwijk dan Bergen op Zoom.

Seiring berjalannya waktu, beberapa anggota Satudarah mulai terlibat aksi keributan. Sama halnya dengan geng motor Hells Angels yang sudah lebih dulu mendunia karena kekejiannya.

Terakhir, polisi Amsterdam menangkap geng Satudarah karena dikhawatirkan bentrok dengan Hells Angels karena perebutan wilayah.

Juru bicara kepolisian Amsterdam mengatakan pada koran Algemeen Dagblad, polisi akan melakukan segala cara untuk mencegah kemungkinan bentrokan antar geng motor. Kejadian pada tahun 1990 antara geng Hells Angels dan Bandidos di Skandinavia yang menewaskan 11 orang dan 95 luka-luka tak akan terjadi di Belanda.@DETIK.COM

About these ads
  1. hebat lah orang indonesia ngediriin geng motor d belanda udh bnyak lgi anggota nya :))

    • jack
    • Desember 3rd, 2011

    satudarah…itu oranng-orang pelarian pilitik pada masa sukarno, mereka dijanjikan oleh belanda untuk memberontak di indonesia, tetapi sampai disana mereka disia-siakan, untuk bertahan hidup mereka bekeja di bidang informal (sesuai sama kemampuan merka lah) jadi sekuriti klub malam, tukang pukul, pedagang dll

  2. nice.

    • bokir
    • Februari 24th, 2012

    bukanya menambah persaudaran,tapi mencari musuh…tolong di selesaykn baik2 kan bisa,,jangan pakek kekerasan,,,apa kalian dak malu ?? udah tua tua masih kaya anak kecil.

  3. mantap..mc=motor club…hidup satudarah dari randy karman

    • toke117
    • April 18th, 2012

    kampungan!

    • indra
    • Mei 9th, 2012

    hidup maluku….mantap

    • ivan hellrebel
    • Mei 31st, 2012

    free for paraa biker’s…..sudah takdirnya gesekan di jalan,, manusia tangguh adalah manusia yg mampu mempertahankan keyakinannya.. biker’s always be biker’s…

    • ari ajibekti
    • Agustus 24th, 2012

    ini baru penjelajah dunia

    • remy
    • Desember 18th, 2012

    dont fight with 81 solder,,,u’ll loose bro!!!

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 135 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: