Hebat Mana Senjata Korsel/Korut dengan Indonesia?


Korea Selatan dan Korea Utara baru-baru ini terlibat perang. Lalu seberapa hebat senjata kedua negara itu dibandingkan Indonesia?.

Jumlah tentara

Indonesia memiliki 581 ribu tentara aktif. Sedangkan Korea Selatan memiliki 687 ribu tentara aktif, dan 28 ribu bantuan tentara dari Amerika Serikat (AS). Untuk Korea Utara, negara ini memiliki 1,19 juta tentara aktif.

Senjata Konvensional

Indonesia memiliki 1.815 kendaraan tempur dan helikopter sebanyak 145 unit. Selain itu, ada 29 kapal perang, 31 kapal patroli, dan 2 kapal selam. Untuk pesawat tempur, Indonesia memiliki 50 unit pesawat tempur, 69 unit pesawat angkut.

Korea Selatan memiliki 2.750 tank tempur utama, dan 2.780 personel lapis baja. Selain itu, negara ini juga memiliki 10.470 artileri termasuk 1.089 artileri otomatis, dan 3.500 manual. Korea Selatan juga memiliki 185 peluncur roket. Selain itu, Korea Selatan juga memiliki 140 kapal perang.

Korea Utara memiliki 4.100 tank, dan lebih dari 2.500 personil lapis baja. Kebanyakan alat berat militer ini berasal dari Uni Soviet dan butuh modernisasi. Misalnya, tank T-54, tank ini masih menjadi tank tempur utama Korea Utara di mana negara lain sudah memensiunkan tank ini sejak 1970-an. Selain itu, negara ini memiliki lebih dari 17.900 artileri, termasuk 4.400 artileri otomatis, 2.500 peluncur roket dan 7.500 mortir.

Korea Utara memiliki 620 pesawat MIG tua buatan era Soviet dan secara umum telah usang dan tak cocok untuk pertempuran modern. Negara ini juga memiliki sekitar 490 pesawat tempur modern. Diyakini, negara ini juga memiliki armada kapal selam yang belum diketahui jumlah pastinya. Negara ini memiliki 71 unit kapal perang.

Rudal

Untuk kepemilikan rudal, Indonesia belum ada data pasti. Namun, menurut kabar terakhir, Perusahaan Rosoboronexport, pengekspor senjata Rusia pada 10 November menyatakan telah menandatangani kesepakatan penjualan rudal dari udara ke udara senilai US$ 50 juta (Rp 448 miliar) dengan Indonesia.

Untuk Korea Selatan pembangunan rudal dibatasi oleh perjanjian dengan AS. Tapi, baru-baru ini Korea Selatan telah menempatkan sejumlah rudal baru jarak jauh (jangkauan 1.500 km) yang menjangkau seluruh wilayah Korea Utara.

Korea Utara memiliki lebih dari 800 rudal balistik, dan lebih dari 1.000 rudal dengan berbagai jangkauan.

Nuklir

Indonesia belum terdapat data kepemilikan nuklir.

Korea Utara diyakini telah memproduksi sekitar 50 kg plutonium, para ahli mengatakan jumlah ini cukup untuk membuat enam sampai delapan senjata nuklir.

Korea Selatan sangat maju dalam PLTN, namun tak memiliki senjata nuklir. Meski begitu, AS menjanjikan perlindungan ‘payung nuklir’ untuk negara ini.INILAH.COM

About these ads
  1. bagaimanapun keliatan lebih gagah tentara indonesia gan..!!

  2. soal jumlah indonesia menang kok.ga tau dat diatas itu gmana.tapisoal teknologi kita lebih baik ngaca dir.kita ketinggalan JAUUUUUHHHH

  3. Indonesia punya bambu runcing berjuta-juta buah

  4. Indonesia sadar diri, di mata dunia kita dah ga ada apa 2 nya. MAkanya naekin harga diri dengan naekin kulitas hidup di depan Yang Maha Kuasa.
    Mo nantangin negara laen perang mah, mending ngaca dl. Antar kita aj masih sering ribut.
    So, kalo loe ngerasa cinta Indonesia, cintai dl orang 2 yang ada di sekitar loe.
    Pisss!!!!!!!!!!!!!

  5. wong ndesooo

  6. komentar opo to rekkk2 ra pentinggg

    • sujak
    • Februari 27th, 2011

    kayaknya tetep indonesia yang menang gan,kalo perang kita pasti wajib militer, sedangkan korut sudah wajib militer malah ada tentara wanitanya. masa nyediain 5 juta tentara gak bisa dari 23 juta lebih rakyatnya. Entar kalo medannya korea kita mampir dulu ke cina minta bambu terus kita runcingin tuh bambu itu sih alternatif kalo PT.PINDAD nyendad-nyendad bikin senjata alias kurang dana. Tapi gan gak usah peranglah orang sama-sama orang timur, entar malah diketawain orang barat. Oya gan dulu orang barat jajah orang asia dengan meras keringat kakek kita, lah sekarang dijajah dengan budaya dan ekonomi. Sori gan komentar saya jadi kebarat, mungkinkarna gak fokus.

    • syem
    • Maret 21st, 2011

    teknologi indonesia msh dikatakan jauh dari canggih…….
    korsel dan korut bru canggih……..
    klo mau canggih coba bikin sendiri jgn beli terus ke luar…

    • tajab marzuki
    • Februari 25th, 2012

    pemerintah seharus membantu permodalan untuk industri pertahanan dalam negeri untuk menjawab tantangan kedepan, bukan beli dan beli trus dr luar negeri yang bikin hutang luar negri mkin gendut, contohnya indonesia dulu punya 11 kapal selam yang canggih tp skg hanya 2 lagi semakin lama negara ini semakin miskin dan rapuh contohnya pulau ambalat hampir milik malaysia,,,, kami di indonesia lebih baik jadi warga negara malaysia

    • tajab marzuki
    • Februari 26th, 2012

    Sangat jauh berbeda lebih canggih korsel dan korut, indonesia negara yang miskin mungkin karena mata uang pling kecil didunia, dan rakyatnya setiap hari ribut ditambah pemerintahnya korupsi dan korupsi trus nanti akn runtuh spt VOC dulu bangkrut karena korupsi dan akhirnya runtuh…..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 133 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: