MasyaAllah…Ternyata Mario Teguh Muslim Sejati


mario_teguh_muslimSumbawanews.com.- Tak disangka Motivator ulung pembawa acara Golden Ways di Metro TV ternyata seorang muslim sejati. Mungkin selama ini kita menyangka beliau adalah seorang yang beragama nasrani atau budha bahkan banyak yang menyangka sebagai seorang pendeta, karena dalam setiap acaranya Mario Teguh selalu mengunakan kata “Tuhan” untuk menggantikan kalimat “Allah”.

Fakta Mario teguh seorang muslim atau beragama islam terungkap tatkala Metro TV menyiarkan acara Mario Teguh pada Minggu 19 Juli 2009 yang topiknya seputar ibadah Umrah yang dipandunya. Terlihat Mario teguh sedang berada di Madinah sambil mengenakan pakaian berhaji dan bertasbeh.
marioteguh
Jatidiri Mario Teguh sebagai seorang muslim juga diperkuat dengan wawancara yang dimuat di situs http://sufinews.com

Berikut artikel yang sudah dilansirkan oleh sufinews.com tentang keislaman Mario Teguh.

Formula yang anda tawarkan seperti Emotional Question (EQ) nya Daniel Goldman, begitu?

Kira-kira begitulah. Tapi saya mengistilahkannya dengan Emotional Intelegents atau Kecerdasan Emosi.

Jabarannya seperti apa?
Banyak cara yang ditawarkan orang dalam melatih responcibility seorang klien. Ada orang yang dilatih untuk berespon agresif terhadap stimuli. Ada juga yang berlatih merespon dengan cara melarikan diri. Ada pula yang menggunakan pendekatan bersembunyi atau mencari pembenaran diri pada apapun. Pada pendekatan yang terakhir ini apapun dibenarkan sebagai dukungan terhadap kebenaran diri karena mendapat serangan dari lingkungan. Nah paradigma ini yang biasanya dibangun dalam budaya. Sehingga muncul budaya kalau tidak setuju diam saja, nanti kalau sudah keterlaluan baru kita bereaksi. Nah ini mengakibatkan sekelompok orang untuk diam selama tidak setuju dan kalau sudah tidak tahan baru bereaksi dengan reaksi yang lebih agresif dan anarkis.

Kecerdasan emosi itu bukan semata kemampuan seseorang mengendalikan emosi pada tempat dan waktu tertentu. Dalam Kecerdasan Emosi seseorang dibekali semacam peta baku yang menjadi “rujukan” untuk respons terhadap spekuli, atau respons terhadap hubungan. Seorang anak yang sudah memiliki Peta Kecerdasan Emosi tidak akan berespons negatif ketika dihina sebab dalam dirinya sudah ada peta bahwa hanya orang yang rendah saja yang marah ketika direndahkan orang lain. Seseorang yang sudah memiliki Peta Kecerdasan Emosi tidak akan berespons negatif ketika dikatakan bodoh oleh pihak lainnya sebab dalam Peta Emosi yang dimilikinya ada petunjuk bahwa hanya orang bodoh saja yang mengatakan orang lain bodoh. Kalau secara kolektif bangsa ini di isi oleh individu-individu yang bereaksi positif terhadap apapun yang terjadi dilingkungan kita, yakinlah kehidupan berbegara dan berbangsa ini akan lebih damai dan syahdu.

Jadi, penyemangatan yang kita bicarakan adalah penyemangatan yang memiliki muara pada pengertian-pengertian baik dan positif, bukan dari acara hingar bingar seperti musik keras atau teriak-teriak atau loncat-loncat atau melalui obat atau minuman yang membantu artificial kita untuk merasa kelihatannya seperti bersemangat. Penyemangatan yang demikian ini sesaat saja sifatnya.

Di Jepang ada sebuah toko barang antik yang disediakan untuk para eksekutif yang tengah dilanda amarah. Disitu, orang boleh memecah berbagai jenis keramik yang ada dengan harapan setelah itu orang akan merasa lega karena amarahnya telah ditumpahkan pada barang-barang
yang dipecahnya. Anda menghindari pendekatan macam ini?
Ya. Seperti yang saya katakan barusan, pendekatan macam itu temporal saja sifatnya. Dan ini bukan pemecahan. Marah hanya bisa diobati dengan memaafkan. Menahan amarah tanpa memaafkan hanya akan menambah penyakit saja.

Tapi dalam konsep tasawuf, memaafkan itu harus dilatih terus menerus seiring dengan tumbuhnya “kedewasaan ruhaniah” seseorang. Masih dalam konteks tasawuf, memaafkan itu hasil perjuangan dari pengendalian kekuatan ghadhab (amarah) yang berada diantara dua tekanan; pengecut dan pemberang. Bagaimana menurut Anda?
Nah disinilah letak perbedaan antara Ilmu Kejiwaan Barat dengan Ilmu Kejiwaan dalam agama.

Ilmu Kejiwaan Barat tidak menyertakan komponen keyakinan yang murni sebagai mekanisme manusia sebagai sebuah sistem, sedang Ilmu Kejiwaan dalam agama menyertakan proses bahwa manusia itu bagian dari sebuah keberadaan yang lebih besar, yakni Tuhan. Dan apa yang Anda
sampaikan itu adalah bagian dari Ilmu Kejiwaan dalam agama.

Apa yang Anda katakan itu memang sudah seharusnya demikian bagi orang yang sudah mengakui keberadaan Tuhan. Karena kalau kita sudah menerima Tuhan, semua waktu, tempat, keadaan dan kesempatan dipersembahkan hanya untuk Tuhan. Alasan kita tersenyum di pagi hari kepada isteri dan anak-anak, menyambut mereka dengan santun, berusaha datang tepat waktu untuk memenuhi janji, itu semua bukan semata-mata karena didasari atas kesantunan kita sebagai manusia, melainkan kita ingin mengabdi kepada-Nya.
Kembali pada “memaafkan” yang Anda katakan, dia sebenarnya akibat dan bukan sifat.

Memaafkan adalah sebuah peralihan dari pusat ego kepada altruisme. Orang-orang altruis dalam al-Quran disebut sebagai orang-orang yang berbuat baik (al-muhsinun; red). Semakin jelas disini bahwa memaafkan tak bisa direkayasa secara artificial dengan upacara pemutihan seperti acara halal bi halal misalnya. Serupa dengan memaafkan, kesabaran pun demikian. Ia bukan sifat tapi akibat. Ya, akibat dari karena ia mengerti resiko, mengerti reaksi yang tidak proporsional. Orang yang penyabar dan pemaaf itu sebenarnya cermin dari pengertian luas yang ia miliki. Karenanya kalau ada orang dilahirkan enggak bisa marah, itu bukan
kesabaran tapi ketidaknormalan.

Saat memberikan terapi atau memotivasi, diantara Ilmu Kejiwaan Barat dan Ilmu Kejiwaan dalam agama, mana yang anda gunakan?
Kalau Anda perhatikan penjelasan saya diatas, sebenarnya “peta” yang ada dalam Kecerdasan Emosional yang saya tawarkan merupakan gugusan pilar dari kebenaran, keindahan dan kebaikan. Hal ini didasari oleh fitrah kehidupan bahwa manusia dalam hidup itu tak lepas dari menginginkan kebaikan, menyukai keindahan dan mencari kebenaran. Tapi dalam realitas
kehidupan, tiga hal ini lebih sering dirasakan oleh manusia sebagai tiga hal yang berdiri sendiri-sendiri. Misalnya kebenaran yang dicari ternyata malah membawa kepedihan, keindahan yang disukainya ternyata tidak membawa kebaikan, atau kebaikan yang diusahakan malah bertentangan dengan kebenaran. Pada saat yang demikian manusia tidak dapat menikmati keadaan itu secara sempurna lalu mengidap split personality atau kepribadian yang terpecah belah. Nah kira-kira melalui apa manusia dapat menemukan dan merasakan kebenaran, keindahan dan kebaikan sejati (haqiqi; red)? Dalam beragama bukan?!

Wah penjelasan Anda nyufi banget loh ?!
Ha…ha…ha…terimakasih, Mas. Tapi terus terang. Dalam menjalankan tugas (baik sebagai pembicara publik maupun motivator) saya menghindari komponen-komponen komunikasi yang terlalu mengindikasikan agama Islam secara formal atau verbal.[/i]

Kenapa ?
Buat saya, ketika kita betul-betul dengan sadar sesadarnya mengatakan “ya !” terhadap keberadaan dan keesaan Allah (laa ilaaha illallaah; red) kita tak perlu repot-repot lagi memikirkan lebel-lebel formal ketuhanan. Pokoknya terus berlaku jujur, menjaga kerahasiaan klien, menganjurkan yang baik, menghindarkan perilaku, sikap dan pikiran buruk, saya rasa
ini semua pilihan orang-orang beriman. Itu alasan pertama

Alasan kedua, Islam itu agama rahmat untuk semesta alam loch. Berislam itu mbok yang keren abis gitu loch ! Maksudnya jadi orang Islam mbok yang betul-betul memayungi (pemeluk) agama-agama lain. Agama kita itu sebagai agama terakhir dan penyempurna bagi agama-agama sebelumnya. Agama kita puncak kesempurnaan agama loch. Dan karenanya kita harus tampil sebagai pembawa berita bagi semua. Kita tidak perlu mengunggul-unggulkan agama kita yang memang sudah unggul dihadapan saudara-saudara kita yang tidak seagama dengan kita.

Bagaimana Islam bisa dinilai baik kalau kita selaku muslim lalu merendahkan agama (dan pemeluk) agama lain.

Apakah dalam pandangan Anda semua agama itu sama ?
Ha…ha…ha…ya jelas tidak sama toch, Mas. Tapi oleh Tuhan manusia diberi kebebasan memilih diantara ketidak samaan itu. Saya tidak akan mengatakan bahwa perbedaan itu rahmat, tapi saya akan menunjukkan Windows Operating System yang dikeluarkan Microsof. Masih ada toch

Mas orang yang masih menggunakan Windows 95? Masih ada juga kan orang yang menggunakan Windows 98 atau Windows 2000? Dan Anda sendiri sekarang menggunakan Windows XP kan?. Begitu juga dengan agama-agama Tuhan, Mas. Ada versi-versi yang sesuai untuk zamannya, untuk kelengkapan fikiran di zaman itu dan disana ada jenis kemampuan masing-masing orang dalam menyikapinya. Masak Anda mau memaksa orang lain untuk memakai XP pada orang yang kemampuannya cuma sebatas memiliki Windows 95? Tidak toch!? Alangkah indahnya kalau semua orang Islam ketika bicara dapat diterima semua pemeluk agama lain.

Contohnya seperti apa pembicaraan yang dapat diterima semua pemeluk agama ?
“Anda adalah direktur utama dari perusahaan jasa milik Anda sendiri. Anda adalah CEO dari kehidupan Anda sendiri. Anda sebenarnya, sepenuhnya bertanggungjawab atas bisnis kehidupan Anda dan apapun yang akan terjadi pada diri Anda sendiri. Anda bertanggungjawab atas semuanya antara lain, produksi, pemasaran, keuangan, RND dan lain sebagainya diperusahaan kehidupan Anda. Demikian pula Anda sendirilah yang menentukan berapa besar gaji Anda, berapa income Anda. Bila Anda tidak puas dengan penghasilan yang Anda terima, Anda bisa melihat didekat cermin Anda dan menegosiasikan pada bos Anda, yakni Anda sendiri yang ada didalam cermin,” begitu kira-kira. Nah, menurut saya etos demikian tak dapat dibantah oleh semua ajaran agama-agama yang ada didunia.

Anda ingin mengatakan bahwa dibalik cermin tersebut ada impian masa depan dan perencanaan strategis, begitu ?
Ya, tepat sekali. Salah satu pengamatan penting yang dapat ditemukan pada suatu perusahaan atau individu adalah perusahaan yang dapat mengetahui nilai utamanya dan dapat membuat perencanaan ke depan serta mengetahui apa yang harus dikerjakan dalam mencapai misi dan
visi perusahaan.

Demikian pula dengan “perusahaan” Anda. Anda harus memiliki “impian” masa mendatang serta membuat perencanaan strategis yang harus dijalankan sesuai dengan proses yang direncanakan, sehingga Anda bisa mengerjakan apa yang harus Anda kerjakan dan bukan yang Anda senang
kerjakan.

Jadi, menurut anda apa asset paling utama untuk perusahaan dan indvidu ?
Asset yang paling utama bagi suatu perusahaan dan individu adalah reputasi. Pemasaran adalah persaingan antar persepsi yang ada dibenak pelanggan dan bukan persaingan antara produk yang sebenarnya. Jadi, reputasi dan persepsi suatu perusahaan atau individu adalah sesuatu yang amat penting dalam mencapai kesuksesan.

Jika ditemukan kegagalan, dimana letak masalahnya?
Saya melihat hanya sales people yang gagal, yang disebabkan karena mereka banyak menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang kurang memberikan nilai-nilai kunci pada perusahaan kehidupan mereka. Sebaliknya, bagi para sales people yang sukses, umumnya mereka
fokus pada aktifitas yang banyak memberikan nilai-nilai tambah dalam perusahaan kehidupannya.

Termasuk memberi nilai tambah estetika untuk perusahaan yang bernama Republik Indonesia karena kemerosotan perilaku bangsanya yang terjadi disana-sini?
Ha…ha…ha…Dalam sekali anda! Tapi memang benar, pengalaman estetika itu memang menjadi soal yang mendesak bagi masyarakat kita akhir belakangan ini. Sehingga mata pendidikan estetika pun menjadi pendidikan yang layak diakselarasi. Estetika bukan sebatas menyangkut kesenian semata, ini adalah peristiwa kebudayaan. Estetika itu awalnya adalah ketakjuban manusia dihadapan alam. Lalu alam itu mengajarkan bermacam-macam persoalan agar manusia meniru dan menduplikasinya. Sejak itulah lahir peristiwa kesenian. Didalam kesenian jiwa manusia
diperkenalkan kepada nilai-nilai yang lebih luhur. Dari keluhuran seni, manusia tergerak untuk mencari pengalaman yang lebih tinggi dan bertemulah dengan pengalaman reliji. Dari seni pindahlah mereka kepada agama. Dari sekedar pengalaman estetik maka menginjaklah manusia kedalam pengalaman relejius.

Sama seperti para ahli tasawuf saat membahas cahaya dari proses manusia bahwa hidup adalah sebuah tamsil agung tentang perjalanan seorang manusia menembus lorong dirinya sendiri, tanpa kawan, tanpa bekal, tanpa lentera…..?
Ha…ha…ha…. Anda lebih paham soal itu. Kembali kepada pendidikan estetika tadi, itulah pendidikan yang hasilnya akan kita nikmati dalam bentuk nilai kepatuhan publik kepada hukum, tertib sosial, sikap mental masyarakat yang hidup dan menjunjung tinggi kedaulatan umum. Dan bangsa ini akan menjadi bangsa yang peka terhadap alam dan kemanusiaan.

Sekaligus menjadi bangsa yang tampil lebih kuat dihadapan hasutan budaya pop dan tidak mudah memuja sesuatu yang sejatinya biasa-biasa saja cuma karena ia di populerkan oleh media massa ?
Ya. Hasil pendidikan itu membuat bangsa ini mudah mengenali sesuatu yang sejatinya indah dan gerah ketika melihat limbah.

Dengan cara apakah pendidikan estetika ini harus dijalankan ?
Oleh karena estetika itu lebih luas dari hanya mengenali lukisan cantik, tidak mudah memang untuk menyingkapnya. Tapi jika mau sederhana mulailah dari diri kita dan masing-masing komponen bangsa untuk kemudian para pemimpin yang besar visi estetik nya dan kesuksesan pun
siap untuk dijelang.

Apa arti sukses menurut anda ?
Perjalanan 50 tahun hidup yang sudah saya jalani menyimpulkan bahwa sukses itu tidak selalu berarti mendapat piala atau pujian, meski tak ada salahnya jika kita mendapatkan keduanya.
Hanya saja itu semua bukan kriteria dari sukses itu sendiri. Karenanya tak jarang orang kemudian sulit menemukan kesuksesan-kesuksesan yang pernah diraihnya.

Secara sederhana sukses adalah bagaimana kita keluar dari comfort zone kita dan mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan definisi ini Anda akan melihat begitu banyak kesuksesan yang bisa Anda lihat pada diri Anda. Kalau kemarin Anda baru bisa membantu satu orang, hari ini Anda bisa membantu dua dan besok Anda bisa membantu lebih banyak lagi, maka anda sukses. Dengan perasaan yang positif mengenai kesuksesan yang pernah Anda raih, maka Anda akan merasa semakin sukses dan semakin percaya diri dengan cita-cita, visi dan misi
hidup Anda.

Saya sangat tidak setuju dengan ungkapan, “Biarlah kita sekarang susah, asal nanti kita sukses”. Ini jelas enggak pernah bakal sukses. Saya bertanya, dimana anak tangganya?

Bukankah untuk meraih kesuksesan besar harus diawali dengan kesuksesan kecil dan sedang?.

Ada pepatah yang mengatakan, “Sukses akan melahirkan sukses yang lain.” Nah dari pepatah ini dapat diambil pelajaran, apabila kita semakin mudah untuk melihat kesuksesan kita dari hal-hal yang kecil, maka mudah bagi kita untuk mengumpulkan, mengakumulasikan dan melangkah
mencapai sukses yang lebih besar. Percaya dech, dengan sukses kecil-kecil itu, cepat atau lambat sukses yang lebih besar akan menjemput Anda.

Tapi sayang, umumnya, masyarakat kita menilai sukses seseorang dari ukuran-ukuran materi seperti merek mobil yang digunakan, mewahnya rumah yang dimiliki dan lain sebagainya.

Bagaimana komentar Anda ?
Ini jelas penilaian yang harus diluruskan sebab akan ada akibatnya; jika tidak kaya atau bergelimang harta maka seseorang tidak dikatakan sukses. Sehingga pada akhirnya berlomba-lomba setiap orang untuk mencari kekayaan yang lepas dari cara yang halal atau yang haram karena ia takut kalau dikatakan tidak sukses. Jika kekayaan itu sudah diraihnya,
pasti ia mudah terlena dengan kekayaan itu. Dengan angkuh, ia mengklaim bahwa kekayaan yang ada padanya itu hasil jerih payahnya sendiri. Ia lupa bahwa kekayaan sesungguhnya bukanlah sebab melainkan akibat dari sukses yang diraihnya. Hemat saya, orang yang angkuh dengan apa yang dicapainya sebenarnya dia tidak berencana untuk mencapai kesuksesan-kesuksesan yang lain.

Tandanya apa sich seseorang yang terjebak pada keangkuhan atau kesombongan?
Konon tidak seorang pun bisa masuk sorga kalau hatinya tinggi, arogansinya besar dan harga dirinya bengkak. Orang-orang arogan tidak bisa masuk sorga. Kira-kira begitulah secara spiritual. Tetapi didunia pekerjaan pun orang-orang yang kemudian masuk dalam jebakan
kesombongan dan arogansi ditandai dengan perasaan luar biasa hebat, perasaan paling top, perasaan paling hebat, bahkan lupa sebenarnya dia sudah merasa lebih besar dari pada sejatinya. Perusahaan-perusahaan dan orang-orang demikian biasanya mulai mengalami proses penjatuhan atau proses penurunan.

Jadi, sombong itu awal dari kejatuhan individual maupun kejatuhan perusahaan?
Ya, awal dari kejatuhan individual atau kejatuhan perusahaan adalah ketika mereka lupa diri, arogansi dan sombong. Itulah yang bisa diungkapkan dari sejarah bisnis. Pada banyak produk-produk yang dulu terkenal, pemimpin besar, market leader, tapi kemudian sekarang
hilang dari peredaran. Kenapa? Jawabanya adalah ketika mereka terjebak dalam kesombongan yang membuatnya rasa puas diri.

Dengan kata lain, sebaliknya, jika kita ingin maju kita harus rendah hati ?
Iya.

Rendah hati yang anda maksud ?
Ya, dia sejenis perasaan dimana kita bukan yang paling top, meski barangkali kita sudah duduk di tempat yang top[/i].

Maksudnya ?
Bisa saja seorang duduk dikursi Presiden misalnya, Gubernur misalnya, pokoknya sudah paling top. Lalu dia tetap menunjukkan kerendahan hati, itu rendah hati namanya. Sebaliknya, jika seseorang duduk pada tempat yang tinggi, seperti pada jabatan-jabatan itu, namun ia arogan, maka orang tersebut berubah menjadi tirani, berubah menjadi dictator, bahkan fasis.

Seseorang yang duduk dikedudukan tinggi tetapi rendah hati maka dia berubah menjadi pelayan, orang tersebut menyenangkan kita. Jadi sekali lagi, seorang yang rendah hati tidak merasa sudah paling tinggi meskipun barangkali dia sudah ditempat paling tinggi. Dengan kata lain, kerendahan hati adalah tidak menuntut apa yang tidak patut bagi kita sesuai dengan kedudukan kita. Mendahulukan orang lain dengan menolak mendahulukan apa yang patut bagi kita sesuai dengan kedudukan kita, itu kerendahan hati. Kerendahan hati adalah sebuah syarat dimana kita bisa belajar lebih lanjut. Ketinggian hati adalah sebuah kondisi dimana kita tidak belajar lagi karena sudah merasa paling top, paling pinter, paling luar biasa.

Penjelasan Anda mengingatkan saya akan nasehat Sufi Besar, Imam Ibnu ‘Atha’illah, yang mengatakan, “Tanamkanlah ujudmu dalam bumi yang sunyi sepi, karena sesuatu yang tumbuh dari benda yang belum ditanam, tidak sempurna hasilnya.” Pertanyaannya, bagaimana memupuk rasa rendah hati dalam diri kita ?
O, ya ? Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memupuk kerendahan hati diantaranya adalah dengan menyadari kembali bahwa seluruh yang kita punyai adalah anugerah-Nya, berkah-Nya atau rahmat-Nya. Karenanya katakan pada diri sendiri, “Aku masih ingin belajar”, “Aku masih ingin mendapatkan input dari sekelilingku”, “Aku masih ingin mendapatkan
pengetahuan-pengetahuan dari mana saja agar dapat lebih baik”.

“Aku masih ingin belajar”, “Aku masih ingin mendapatkan input dari sekelilingku”, “Aku masih ingin mendapatkan pengetahuan-pengetahuan dari mana saja agar dapat lebih baik”. Jika ditilik dari kehidupan kita, umat Islam, nampaknya metode memupuk kerendahan hati yang Anda
sampaikan masih menjadi problem besar tersendiri ya ?
Persis seperti yang saya perhatikan selama ini. Saudara-saudara kita sesama muslim masih terlalu asyik dengan dunianya sendiri dan bergaul hanya pada lingkungannya sendiri. Malah yang lebih memprihatikan, dengan sesama muslim kalau ngundang pembicara dia tanya dulu,
“Orang itu madzhabnya apa ?.” Dia tidak akan menerima orang yang tidak satu madzhab, satu aliran, dengannya. Padahal dinegara-negara maju sudah menjadi pemandangan yang biasa orang-orang Yahudi mengundang pembicara Islam, Hindu atau Kristiani, atau sebaliknya.
Mereka sudah mantap dengan iman mereka sehingga mereka tidak khawatir dengan pembicara yang datang dari luar komunitas mereka. Mereka sangat yakin, bahwa dengan cara demikian (menghadirkan pembicara “orang luar”), mereka dapat memperkaya wacana dan kehangatan batin.

Kita, atau persisnya sebagian umat Islam, lupa bahwa salah satu cara mensyukuri perbedaan ditunjukkan bukan pada lisan akan tetapi dengan mendengarkan pendapat orang lain yang beda keyakinan agamanya.

Anda punya pengalaman keberislaman Anda?
Iya. Pernah beberapa peserta saya mengklaim materi yang baru saja selesai saya sampaikan menurut sudut pandang keyakinan agama mereka. Seorang peserta yang beragama Kristiani mengatakan bahwa materi saya ada juga di ajarkan dalam Injil. Peserta lain yang beragama Islam mengaku bahwa materi yang saya sampaikan ada di Al-Quran surat al-Maidah. Peserta yang Budha menganggap bahwa materi saya itu penerapan dari Dharma-dharma Budha. Saya hanya mengembalikan semua apresiasi itu kepada-Nya

Pengalaman lain ?
Masih banyak orang yang salah faham terhadap Islam. Ada satu pengalaman yang mengherankan sekaligus membuat saya prihatin. Dalam satu seminar di acara coffee break isteri saya didatangi salah seorang peserta penganut agama Kristen yang taat. Masih kepada isteri saya,
orang itu memberi komentar bahwa saya menerapkan ajaran Injil dengan baik. Lalu dengan lembut, penuh kehati-hatian, isteri saya memberitahu bahwa saya seorang muslim. Sontak orang itu terperanjat saat mengetahui bahwa saya seorang muslim. Yang membuat isteri saya
(dan kemudian juga saya) prihatin adalah ucapannya, “Loch, koq ada ya orang Islam yang baik macam Pak Mario !?”

Jika sebagaian dari kita umat Muslim bisa menyampaikan dakwah sperti Mario Teguh, sudah tentu stigma negatif tentang Islam akan berkurang, Mau…?

About these ads
    • ob
    • Juli 26th, 2009

    Setuju..

  1. patut dicontoh

  2. Saya selalu mengikuti acara MTGW di Metro, I like it

  3. Salam superrr :D

  4. Emang kalau dia ISLAM apa hubungannya??? orang2 kerdil2 aja yg masih permasalahkan agama seseorang…

    • OOO…. JELAS ADA HUBUNGANNYA. HANYA ORANG-ORANG YANG DUNGU SAJA YANG TIDAK TAU PENTINGNYA SEBUAH KEYAKINAN………………

        • Windu
        • Februari 24th, 2010

        saya suka kata2 anda..
        sejak kapan satu hal dan yg lainnya tidak ada hubungannya..

        • Zia
        • November 1st, 2010

        Ya Mbok di saring bahasanya mas xpala, kita mendengar & membaca pikiran2 Pak Mario u 1 tujuan (lebih baik dari hari kemarin), wes yo ojo ono mne kata tu yo….

        • necha
        • Mei 16th, 2011

        bego bgt sie kamu, jls sy sbg seorang muslim bangga mmpunyai seorang bpk.mario, selain kecerdasannya beliau juga selalu memberi motivasi dan inspirasi bagi kita semua, kalo iri jngan kyk gt kang

  5. untuk menjadi muslim sejati tidaklah harus selalu menampilkan atribut dan penampilan kasat mata, namun juga yang lebih berharga adalah sikap perilaku dan nilai nilai yang diamalkan dalam keseharian akan lebih berarti dan membumi, rahmatan lil alamin. salam super :)

    • Subhanaloh

    • ferry_th
    • Juli 26th, 2009

    Baru tahu aq kalo dia muslim..
    Nice inpo gan…

      • mamo cemani gombong
      • September 13th, 2010

      jal dideleng KTP ne…..

      • ra due ktp,duene BPKB

  6. surprise…. !! pasti banyak yg belon tahu ya…

  7. michael jackson jga islam tpi kok dimakamkan secara kristiani…
    wa lahu alam…
    sry,slh postingan…

    • sejak kapan MJ masuk islam?
      wkwkwkkwkw, tertipu berita kau.

    • amirudin
    • Juli 27th, 2009

    salut buat pak mario teguh….

  8. @ rahul : hubungannya, kalau dia ISLAM ya berarti sholat. kalau dia kristen ya berarti ikut kebaktian.. :)

      • minori nol
      • Februari 19th, 2012

      InsyaAllah dia shalat, karena dia faham sekali (bahkan terlihat sangat menjiwai) makna doa iftitah…

  9. Salam Superrr

  10. kalau dengerin dia ngomong adem…
    kayak diberikan kesejukan batin, gw pengen curhat sama dia….

  11. jadi makin mantafffsss liat MTGW

    • muslimafif
    • Juli 27th, 2009

    Sejak awal saya sudah menduga bahwa Pak Mario Teguh adalah seorang muslim. Terus terang saya merasa rugi jika tak menyaksikan pencerahan yang Pak Mario Teguh di Metrotv. Saya doakan semoga Pak Mario Teguh senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, dengan demikian banyak orang yang terbantu dalam menyikapi hidup, bukan hanya oleh ulama, tapi juga oleh cendekia. Amin

    • takpenting
    • Juli 27th, 2009

    superb!banyak ilmu yg gue dapet dari dia.

    silakan mampir ke http://takpenting.wordpress.com

    • meesters
    • Juli 28th, 2009

    salam super to all

    • as
    • Juli 28th, 2009

    perkataan damai.

    • hrdgtv
    • Juli 28th, 2009

    salam super semuanya…

    http://lowongankerjadiglobaltv.wordpress.com

  12. seneng banget mendengar dan membacanya.. :)

    • fikriana
    • Juli 28th, 2009

    wah kemarin kiraiin masih gak beneran….ternyata beneran Islam too, seneng dengernya

  13. orang islam adalah orang yang tingkah polah kehidupanya mencerminkan ajaran islam seperti yang dicontohkan oleh rosul Muhammad solallohu ‘alaihi wa salam.
    kalo mau nyebut Alloh aja gak berani pake diganti2 dengan tuhan (saudaranya hantu) so…. what do you think of him?????

      • sembalap
      • Januari 17th, 2010

      dalam Al Qur’an pun tidak selalu menggunakan kata Allah …. tp juga Robbi (Tuhan) bagaimana menurut anda?

        • Windu
        • Februari 24th, 2010

        menurut saya semenjak ada kejadian di twitter kemarin, pak Mario Teguh itu sebagai motivator ga hanya sebatas profesi aja..
        tapi dakwah.. Pak Mario Teguh punya visi dan misi..
        Semoga Allah selalu melindunginya dan melancarkan niat baiknya.. amiin..

        • mamo cemani gombong
        • September 13th, 2010

        yaaaa sekarepe lah sing penting niate….Tuhan maha tau

      • purwanto romadhan
      • Agustus 17th, 2010

      jangan sentimen donk, kalau dia menyebut kata allah pasti yang bukan muslim tidak mau mendengarkan nya, jadi pencerahannya tidak meluas, hanya kelompok tertentu, tapi kalau pakai kata tuhan semua pasti tertarik, kata tuhan nya kan bisa di ganti oleh pendengar sesuai dg keyakinanya masing2, gitu aja kok repot……

      • lha yo to..mikir toe ya…orang dah gede juga

        • Pere
        • Agustus 7th, 2012

        Allah adalah sebuah bahasa yang di ambil dari bahasa arab, artinya adalah Tuhan.

      • stuju banget…!!. hanya orang yg berfikir sempit yg selalu menegatfkan yg positif

      • wawan
      • September 27th, 2010

      mnrt saya,kt ALLOH atau tuhan tuh sebatas ucapan dibibir,namun yg terpenting didlm hati

      • BOTEV
      • Agustus 3rd, 2011

      Assalmaualaikum :
      ga gitu2 juga kang eloy, banyak kata untuk mengexpresikan Nama Allah, Dia juga memberitahukan ada Asmaulhusna, so apa yang salah dengan kata TUHAN!!! di jawa bilang Gusti di Sunda bilang Pangeran dan laen2nya…dan inget pula nama samaran anda juga Eloy yang berarti Tuhan dalam bahasa Aramik/Ibrani… apakah anda juga sodaranya hantu???? Allah itu baik maka senang dengan yang baik2, mohon kita semua memperbaiki diri kita sendiri, daripada menilai orang lain……..wajib hukumnya mengingatkan orang lain kan bro ……………..Wasallam

      • neny
      • Juni 25th, 2012

      nulis Allah aja salah

    • rosa
    • Juli 28th, 2009

    Ketika saya melihat Mario Teguh saya yakin kalau orang ini sudah mengalami banyak hal, karena perkataannya dari lubuk hati yang paling dalam dan base on true story.

    website: http://www.gangsir.com

    • 4sudut
    • Juli 28th, 2009

    Mario sudah beberap bulan lalu mengeluarkan statemen bahwa beliau MUSLIM
    JIKA REKAN-REKAN INGIN TAHU BANYAK TENTANG TERORIS, KUNJUNGI http://sudutp4nd4ng.wordpress.com

      • budi Habi
      • Desember 30th, 2009

      yes i agree with you, sbutan itu bisa diwakilkan dg kta2 yang maknanya jg mulia..

  14. Saya kira Nabi Muhammad SAW tidak pernah mewajibkan kita harus menggunakan kata “Allah” untuk mengebut nama Tuhan. Malah terdapat 99 nama yang mewakili nama Allah…

    Mario Teguh menyebut kata TUHAN karena bahasa indonesia-nya Allah adalah TUHAN.. sering kali Mario Teguh menyebut dengan kata BELIAU, seperti BELIAU Yang Maha Kaya.. BELIAU Yang Memiliki Alam…

    Dan lagipula acara MTGW bukan acara rohani.. Mario Teguh bukan kyai atau ustadz, Mario Teguh setahu saya adalah motivator..

    So what do you think ?
    Jangan-jangan Anda ini saudara-nya hantu

    >>>>>orang islam adalah orang yang tingkah polah kehidupanya mencerminkan ajaran islam seperti yang dicontohkan oleh rosul Muhammad solallohu ‘alaihi wa salam.
    kalo mau nyebut Alloh aja gak berani pake diganti2 dengan tuhan (saudaranya hantu) so…. what do you think of him?????

      • setyawan
      • Januari 30th, 2010

      orang islam harus fleksibel….
      dapet beradaptasi dalam berbagai lingkungan dan bukan orang yang kaku…

      agree with you…

    • Lha dalam Islam sendiri itu memiliki maqom (tingkatan) pemahamanNya.
      Sebenarnya bagaimana kita mengaplikasi Al-Qur’an dalam membangun nilai-nilai kehidupan….

      • DARMANSYAH
      • Agustus 29th, 2011

      orang yang ogah menyebut nama ALLAH”, apalagi memberikan nasehat ” Tidak berdasarkan ” HADISt ” menurut saya, BUKANLAH ORANG ISLAM

    • Frileonal
    • Juli 29th, 2009

    pasti dia menggunakan kata “Tuhan” agar lebih universal, tanpa menyinggung agama lain

      • cupang
      • Agustus 19th, 2010

      setuju………………………
      yang mendengarkan belao kan bukan orang islam aja, jadi dia pake nama tuhan. lain halnya sama penceramah islam gt……

  15. gua bangga kita punya pak mario teguh.maju terus inspirasinya…………..

    • robby
    • Juli 30th, 2009

    Saya sungguh mengucap terimakasih masih ada anak bangsa kita seperti Bp. Mario Teguh , moga2 semakin banyak org di Indonesia ini seperti beliau sehingga kesejukan & kedamaian terjadi di sekeliling kita .
    Utk pak Mario tetaplah berkarya utk menciptakan Indonesia
    yang penuh suasana surga .
    Salam super .

  16. salam super…
    seandainya anak kecil yang bicara tapi itu mengandung kebenaran so what… apalagi seorang motivator, tapi motivator juga manusia biasa mohon dima’afkan klo ad ksalahannya…
    SALAM SUPER…..
    Penggemar GoldenWays

    • narra
    • Agustus 10th, 2009

    alhamdulilah cba je gw punya bapak kaya dia….
    pasti hidup gw berjalan lancar…
    ammmin

    • edi
    • Agustus 17th, 2009

    ada lelucon saat temen saya ditanya : “cantik mana desi ratnasari dibanding sandra dewi?” dijawab:” ya.. cantik desi ratnasari karna desi ratnasari kan islam!”.
    kenapa kita selalu melihat segala seuatu dari islam ato bukan tidak melihat esensinya. baik buruk tidak bisa dilihat dari agamanya tapi dari apa yang diperbuatnya.

      • Arya
      • Juli 22nd, 2011

      terharu aku baca kata2mu teman.

    • galih
    • Agustus 18th, 2009

    Beliau memang mantan pendeta..Alhamdulillah beliau mendapatkan HidayahNya

      • tyo
      • Agustus 25th, 2010

      Syukurlah kalo begitu dia bisa menjadi panutan buat “orang-orang lain” yang mendengarkan motivasi-motivasinya yang padat berisi filsafat sufi

    • Betha
    • Agustus 20th, 2009

    Betha like this…
    Ambil yang baik tinggalkan yang buruk…
    Kalau bisa sih metro tv jangan nyiarin pas jam 7 malem gitu… ganti jam 8…hehehhe

    • flowxkill
    • Agustus 23rd, 2009

    Bapak Mario Teguh, emang hebat !!!

    Nomongnya gak berbelit – belit dan langsung bisa menjawab pertanyaan orang yang nanya !!!

    Salam Hangat dan Salam Super Pak Mario….. :D

    • flowxkill
    • Agustus 23rd, 2009

    Bapak Mario Teguh, emang hebat !!!

    Nomongnya gak berbelit – belit, seandainya dia yang jadi pemerintah di indonesia…pasti bangsa yang kusam ini bisa lebih cerah dengan adanya pak mario.

    Salam Hangat dan Salam Super Pak Mario….. :D

    • Rima
    • Agustus 24th, 2009

    Subhanallah,,saya suka sekali dengan perkataan beliau yg dapat memotivasi saya dalam kehidupan yang penuh cobaan ini.

    • it
    • Agustus 24th, 2009

    Kok heran dan suprise ya…
    emang muslim di indonesia itu konotasinya “biasa-biasa” aja dan terksesan jelek, penyebabnya ya muslim indo itu sendiri. Gitu tau ada orang ‘bagus’ ternyata muslim, bengong sendiri…
    kacao…

    • bapk mario teguh itu nasrani,

  17. yang diucapkan mario teguh diambil dari al qur ‘an dan hadiz yang dihaluskan

    • International Thinker
    • September 17th, 2009

    Eat Local Think Global !!!
    Jangan Melihat orang dari Agama nya.
    Lihatlah orang dari pelayanannya
    Semua Agama sama saja, mengenal Surga & neraka, kita semua adalah saudara
    Kasihilah sesamamu maka kamu akan dikasihi pula.
    Hati hati dan waspadalah belakangan ini banyak macam “Agama sesat” entah bagaimana bentuknya.
    Bersyukur dan berdoalah menurut Agama Anda.
    Banyak bencana muncul di bumi kita ini, untuk mengingatkan kita lebih kepada-Nya.

    • Pipit
    • September 24th, 2009

    Seorang guru yang baik adalah beliau tidak pernah memilah2 muridnya dari agamanya atau latar belakangnya..guru yang bijaksana menjadikan muridnya lebih baik. Tetap menjadi orang yang menyenangkan buat siapapun pak mario.

    • Tri Agung Susanto
    • Oktober 23rd, 2009

    Pak Mario saya pengen diberi motivasi, begini pak saya sudah coba untuk bekerja keras demi mencukupi kebutuhan keluarga Alhamdulillah kebutuhan itu cukuplah tapi manusia kan selalu mempunyai keinginan yang lebih pak ya? mimpi saya satu yang belum tercapai pak mempunyai mobil sendiri
    tolong pak mario Motivasinya agar saya lebih semangat untuk mencapai keinginan saya.

    • artsas medan
    • Desember 6th, 2009

    ad gk y ustad ato gru islam/ngji yg bs sprti pak mario
    gwe pngen lht tu jdiny…
    jgn2 nnti disebut liberal jdinya
    kgk pantas sbnrny ya…
    jd pak mario dri mana dpt gya seperti itu…
    pnasran klo ada lgi org seperti bapak….
    ada yg bs kash conth lain gk org yg seperti pak mario ini
    yg pasti mirip cara bicarany gitu…??
    bkn aagym, ahmdinejab, baasyir, habib rizieg, imam samudra,yusuf mansur, zainuddin, ayatollah aja kgk sprti
    dia ngomong ny
    smua sepertiny gk ada yg mrip seperti pak mario
    jgn 2 pak mario ini apa yh…
    gw msh blm ykin dgn dia…
    sbb kta2nya dn gy bicranya mirip dgn gy bicr para kristiani mskdny pdt kristiani katolik bkn protestan ato org liberal barat
    takutny nnti dia org nasrani jdiny..
    sekrng aj seperti orng islm nantinya kta gk tau aplgi nnti thn 2012 gmn y!!!
    sy dr kmnitas islam sku karo berpndapat klo ad yg slh hny sbh pemkran sj….trims

      • neny
      • Juni 25th, 2012

      Quraish Shihab, direktur Al-Qur’an Indonesia

    • dyana destylya
    • Desember 10th, 2009

    yup…dengan cara berbeda …p’ mario teguh dapat membuat berdakwah menjadi lebih universal dan modern… tapi tetep berclass..

    • uzi willo
    • Desember 14th, 2009

    pak Mario mang motivator HEbat, salam super!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. nice blog nech, motivasi yang sangat super dari p’ mario bisa dijadikan pembelajaran tanpa melihat latar agama, budaya, atau apapun, selama bisa bermanfaat bagi manusia lainnya, dari pada harus membela sebuah keyakinan tapi yang dlakukan hanyalah pengrusakan bagi manusia lainnya. maju terus blogger indonesia.

    • Marganda
    • Desember 24th, 2009

    Agama itu merupakan keyakinan sesorang, jd walaupun Bpk Mario Teguh seorang Islam itu hal yang wajar. Dan kenapa Mario Teguh seorang Muslim, itu karna sebab akibat

    • hana-rochana
    • Desember 30th, 2009

    makasih Pa Mario atas Motivatornya…… semoga hidup semakin nikmat dan indah dengan kita selalu mengingatNya dan kedamaian selalu menyertai kita amiiiin…

  19. SEJARAH PUNYA KEJADIAN,,,,,,,,,,,
    KEJADIAN PUNYA PELAKY,, TEMPAT DAN WAKTU.
    HAL DEMIKIAN SIFATNYA BAKU,,,,,,,,,,,,,

    dari dupu siapa mario,,,,????

    AKU AMATI MARIO LEBIH PANTAS DISEBUT
    MANIPULATOR SEJARAH DARI PADA
    APA YANG MASYARAKAT SEKARANG SEBUT,,,,,,,,,,,

    DISEBUT GAK PUNYA/GAK TAKUT TUHAN
    JUGA PANTAS,,,,,,

    mario lebih pantas disebut provokator ,,manipulatormsejarah,,,,,,

    usut BLBI 1,,,, USUT BLBI 2,,,,,,,,,NO SUPPORT SBY,,,BUDIONO,,OBAMA,,,MEGA

      • ABU
      • Juni 18th, 2011

      KAMU ITU ORANG WARAS APA ORANG MIRING, ADA ORANG BERBUAT BAIK UNTUK BANYAK ORANG LHA KOG MALAH NYINYIR GAK NYAMBUNG. KAMU SOK SUCI, SOK ALIM, JUSTRU ORANG SEPERTI KAMU YANG BIKIN NEGERI INI MAKIN BUBRAH. DIKIT-DIKIT PANAS, MIKIRNYA CUMA PAKAI DENGKUL DAN OTOT. OTAK KERJA HATI TULI, DASAR…! KALO KITA SAMA2 MUSLIM YANG SEJATI MESTINYA MIKIRNYA GAK SEPERTI ORANG GOBLOK. …

        • KIMkim
        • April 23rd, 2012

        BETUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUL PISAN

    • S3K> sangat sangat sinting kamu (arif) namamu bagus tapi cara berfikir km guoblok dan tololllll

  20. ——————————————–
    29 des 09

    Halo,,,,,pers,,,media,,sta tv,,,
    ad,,upn,,unilever,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Kenapa ,,,dan apa alasannya REZIM sby and
    reformis,,,, tak mau mengusut BLBI 1 ????
    Jawabannya dari mas georges,,,,,
    Katanya ada bendahara yayasan yang ,,,dst
    namanya artalita,,,,,,Apa hanya nama mirip??

    DI KASUS BANK CENTURY ADA NAMA YANG
    MENERIMA UANG BANK CENTURY APA HANYA
    MIRIP2 SAJA??????????????????????????

    Kenapa ,,,dan apa alasannya Bank century
    diselamatkan??????

    Katanya karena menyelamatkan uang sampurna

    Kalau uangnya lebih dari 2 milyar sedang yang
    mendapat jaminan hanya yang 2 milyar,,,,,
    maka kenapa pula masih mendapat jaminan ,,
    untuk yang kelebihan dari 2 milyar ?????
    dst,,,,,,,,,,,,,,,,
    PRAKTEK APA ??????

    TERNYATA,,,, HANYA GANTI REZIM SAJA,,,,,,,,,,
    TERBUKTI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    GAK ADA NIAT USUT BLBI 1,,
    ,MALAH DIBUAT MAINAN,,, TEAM JAKSANYA
    TERLIBAT 6,6 MILTAR RUPIAH ,,,
    SELURUH TEAM JAKSA APA SEMUA JAKSA??????
    GAK JELAS JUGA,,,, DIKABURKAN,,,,,,,,,,,,,

    MAKA ,,,,,USUT BLBI 1,,,,DAN BLBI 2.

    Penguasaan pekabaran ,,juga terbukti,,,,

    PEMUTAR BALIKKAN FAKTA,,PEMBUNUHAN KARAKTER
    INDIVIDU,,,,MANIPULASI,,,,,,TERBUKTI JUGA,,

    MENGGUNAKAN PEKABARAN UNTUK MENGUBAH
    OPINI,,,BIKIN OPINI YANG SALAH,,,JUGA
    TERBUKTI,,,,,,,,,,,,,

    KELOMPOK P E D U L I ,,,,,,,
    JUGA PUNYA REZIM ,,,SBY…….

    SEJARAH PUNYA KEJADIAN,,,,,,,,,,,
    KEJADIAN PUNYA PELAKY,, TEMPAT DAN WAKTU.
    HAL DEMIKIAN SIFATNYA BAKU,,,,,,,,,,,,,

    dari dupu siapa mario,,,,????

    AKU AMATI MARIO LEBIH PANTAS DISEBUT
    MANIPULATOR SEJARAH DARI PADA
    APA YANG MASYARAKAT SEKARANG SEBUT,,,,,,,,,,,

    DISEBUT GAK PUNYA/GAK TAKUT TUHAN
    JUGA PANTAS,,,,,,

    mario lebih pantas disebut provokator ,,manipulatormsejarah,,,,,,

    usut BLBI 1,,,, USUT BLBI 2,,,,,,,,,NO SUPPORT SBY,,,BUDIONO,,OBAMA,,,MEGA

      • andi
      • Juli 31st, 2010

      terus terang aku ga mudeng apa yg kamu jlentrehkan, kamu sok sebut2 nama seorang pemimpin bangsa, sedangkan kamu sendiri aja belum pecus untuk membikin kata2, coba kamu telusuri dulu siapa sich kamu itu………melek melek matane.

      • minori nol
      • Februari 19th, 2012

      JAKA SEMBUNG BAWA ARIT
      GAK NYAMBUNG ARIP…
      ( sayang ya, namanya ARIP tapi komentarnya ga ARIP)

  21. MASYA ALLAH TERNYATA MARIO GAK KONSISTEN BERPIKIR BERUCAPNYA ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,SEPERTI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,KIBLATNYA ORABNG SHOLAT YANG DIPINDAH PINDAH,,,,,,,,,,,,,,

    BACA AL BAQOROH 142

  22. ASTAGA FIRULLAH,,,,,,,,,MARIO,,,

    MASYA ALLAH TERNYATA MARIO GAK KONSISTEN BERPIKIR BERUCAPNYA ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,SEPERTI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,KIBLATNYA ORAANG SHOLAT YANG DIPINDAH PINDAH,,,,,,,,,,,,,,

    BACA AL BAQOROH 142

    mulai biyen sak tenane sopo??? ojo plinplan,,,,

    USUT BLBI 1,,,,BLBI 2,,,,,,,,

    NO SUPPORT SBY,,BUDIONO ,,,,OBAMA,,,,

    ORA PANTES DISEBUT MOTIVATOR NGONO KUWI

  23. ASTAGA FIRULLAH,,,,,,,,,MARIO,,,

    MASYA ALLAH TERNYATA MARIO GAK KONSISTEN BERPIKIR BERUCAPNYA ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,SEPERTI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,KIBLATNYA ORAANG SHOLAT YANG DIPINDAH PINDAH,,,,,,,,,,,,,,

    BACA AL BAQOROH 142

    mulai biyen sak tenane sopo??? ojo plinplan,,,,

    USUT BLBI 1,,,,BLBI 2,,,,,,,,

    NO SUPPORT SBY,,BUDIONO ,,,,OBAMA,,,,MEGA

    ORA PANTES DISEBUT MOTIVATOR NGONO KUWI

  24. HIDUP ADALAH PERBUATAN,,,,

    MAKA MARIO,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    KALAU dedi,,,,,,TIDAK BERBUAT JANGAN NGAKU2,,,,

    HIDUP ADALAH KEJADIAN,,,,
    MAKA mario ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    KALAU TIDAK TERJADI dedi nulis di internet
    JANGAN DICERITAKAN nulis di internet

    HIDUP ADALAH PERILAKU,,,
    MAKA mario ,,,,,

    KALAU TIDAK BERPERILAKU BAIK,,,
    dedi gak punya ide,,,
    JANGAN DI KATAKAN BERPERILAKU BAIK,,,,
    M E N I P U ,,,NAMANYA

    • leo
    • Januari 10th, 2010

    halah. giar dia agnostic juga saya tetep penggemar beratnya.

  25. 14-1-10 Bank C Keluhannya BO
    ternyata minta dibeli

    Tentang B C ,masyarakat bingung antara
    Bail out dan pengambil alihan,,,,,,,,,,,

    B C masuk klinik dengan keluhan dan data2,,
    minta di bail out.
    Tetapi setelah di dalam klinik DATA yang ada
    menunjukkan ingin dibeli,,,ini berubah
    dengan cepat.

    Keluhan awal B C minta di bail out dan
    disepakati jumlah rp 632 M,,,,,,,,,,,
    Jumlah dengan cepat berubah menjadi
    rp 1,7 T ,,,3,7 t ,,,dst yang ternyata
    jumlah total rp 6.7 t.

    Keluhan awal dengan surat permintaan
    minta di bail out ,,,sepakat jumlah Rp 632 M,,
    Kemudian dengan cepat jumlah beruba menjadi
    Rp 1,7 t,,,Rp3,7 T ,, yang ternyata total
    Rp 6,7 sebagai uang pengambil alihan,
    (jumlah yang saya tulis kutang akurat,,
    temukan jumlah yang akurat).

    Kalau sejak awal mengeluh minta di beli ,,
    maka tak akan di penuhi pemerintah dan
    akan di tutup saja,,,,,,,,???? Akan tetapi
    karena ada unsur ,,penipuan,, (data dng cepat
    berubah ,, tak jelas kalau datanya mengarah
    ke tujuan agar diambil alih, data yang
    memberikan adalah BI, dan BI dari B C ),
    ,,(awalnya mengeluh minta Bail Out ,,
    tetapi ternyata dikemudian hari memberi
    data agar dibeli ,,,,,)

    Berarti ada unsur manipulasi data,,,,,,
    penipuan data??????

    Mestinya upaya demikian terdeteksi sejak awal
    oleh BI,,, Akan tetapi tidak terdeteksi atau
    tidak mau mendeteksi,, malah BI dan
    pemerintah memberi peluang?????? Apalagi
    dengan memberi alasan akan ada dampak
    systemik,,( B I dan KSSK ).

    Kalau B I dan Pemerintah ternyata terlanjur
    salah dalam memberi treatment akui saja ,,,,
    Dan jangan memberi pembelaan dengan memberi
    alasan yang sesat akan berdampak systemik.

    Apakah ada permintaan B C minta dibeli???
    dan kapan??? berapa?? Ada persetujuan DPR
    atau tidak?? Bagaimana aturannya bila pemerintah
    akan membeli bank,,, Siapa yang harus
    bertanggung jawab???

    Yang menarik adalah kalau sudah terbentuk
    kronologis dari awal,,,,B C minta apa,,
    data bagaimana ,,,,kemudian apa yang terjadi???
    Mungkin tulisan ini membingungkan????
    Buatlah versi dari pihak lain dan secara lengkap
    jumlah ,,,kapan,,,oleh siapa???? maka akan
    memberikan kecerahan dan kebenaran
    bagi pihak lain.

    Atau ada pemikiran dari pemilik B C bahwa
    indonesia masih menganut blanket garantee
    kemudian bank dibobol sendiri , kemudian
    dimintakan ganti kepada pemerintah????
    RUPANYA COLAR CRIME TAK PERNAH BERHENTI,

    Tak pernah ada ,,laporan ke presiden SBY????
    Sehingga SBY tak pernah di sentuh,,,,,

    Tapi semuanya ,,TANGGUNG JAWAB SIAPA????

  26. Halo,,,pers,,media,,sta tv,,ad,,upn,,unilever

    Ini tulisanku,,bukan tulisan dedi,,atau istrinya
    atau bapaknya,,atau ortunya,,atau mertuanya

    saya tidak berteman dengan dedi,,
    segala sesuatu terjadi karena tuhan
    bukan karena dedi,, ,,,bukan karena upn,,
    bukan karena unilever ,,,,,,

    saya tak ternah mengatakan dedi adalah wali,,
    atau kiai,,,,,,,,JANGAN DIMANIPULASI,,,,
    SAYA TIDAK MENILAI DEDI SEBAGAI BAUK,,,,

    Kasus bank century SIAPA YANG BERTANGGUNG
    JAWAB ??????
    Gak oernah ada laporan ke presiden ????

    Wawancara dari dulu tak pernah ada
    yang mengatakan lapor ke presiden dan
    jawaban presiden bagaimana??????

    USUT JUGA BLBI 1,,,,,,,,,,,,,
    JUGA ALIRAN DANANYA,,,,,,,,,,,

    JANGAN BERBELIR 2,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    usut juga aliran dananya,,,,,,,,,,,,,,,,
    AKU TIDAK MEMBAJAK,,,,,,,,,,,

  27. thanks informasinya

  28. halo,,,,,,,,,,,,,,,,,

  29. kalau sebuah kebijakan terkandung tindakan jahat,,,,,
    maka jahat pula kwebijakan tersebut,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    maka siapa yang bertanggung jawab?????

  30. KALAU SEBUAH KEBIJAKAN NIATNYA BAIK,,KATANYA,,,AKAN TETAPI ,,TERNYATA TERKANDUNG,,, PERILAKU JAHAT,,,KRIMINAL,,,,MAKA JAHAT LAH KEBIJAKAN TERSEBUT,,,,,,,,,,,,

    KALAU BANK CENTURY KATANYA DIBAIL OUT TERNYATA
    ADA UNUR PERAMPOKAN MAKA,,JAHAT LAH KEBIJAKAN TERSEBUT,,,,,,,MAKA TIDAK BAIK PULA YANG MENERBITKAN KEBIJAKAN TERSEBUT,,,,,,,,

    MAKA HARUS BERTANGGUNG JAWAB,,,,,,,,

  31. SOME SAY PEACE BEGIN WITH W A R ,, IT IS MEANS : WAR WITH HUMANITY,,,RESPONSIBILITY,,, NO HUMAN RIGHT VIOLATION. ARE – PEACE – BEGIN WITH : NO HUMANITY WAR ,,, NO RESPONSIBILITY WAR,,, NO HUMAN RIGHT WAR .,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,JANGAN ADA ,,,NOBEL UNTUK PEMBUNUHAN,,, NOBEL UNTUK PENGHAPUSAN UMAT TERTENTU.

  32. sebelumnya ketahuilah ahli sunah wal jamaah
    bilang dedi artinya bijaksana,,tentu ini
    adalah ahli memutar balikkan fakta waljamaah.
    rampaknya gak ada sembuhnya,

    Rizal ramli,,aku gak support sby – budiono
    sri,,,,,mega,, hatta,,, dedi ,,,,dll.
    Rizal katanya Bank century mesti ditutup
    akan tetapi kenapa ada kebijaksanaan
    bail out????
    Jadi SBY juga bertanggung jawab,,,,,
    Jangan melindungi,,,jangan provokasi,,
    kalau harus bertanggung jawab katakan
    jangan membOhOngi masa.

    Ini semua tak lepas ketika SBY,,menilpon
    Obama,,instruksinya agar bail out bank
    agar menjadi baik,,,dst,,,,

    Ternyata ada peristiwa demikian ini
    Bahkan kasus ini nyaris tak terekspos.

    Jadi jangan memanipulasi,,,
    jangan memutar balikkan fakta,,,
    jangan membunuh karakter individu,,,,,,,

    SAYA TAK MENDUKUNG SBY – BUDIONO,,
    MEGA,, HATTA RAJASA,,OBAMA ,,,

    SAYA SUDAH TAHU,,, SELURUH DUNIA TAHU,,MAU APA???
    MAKANYA SKANDAL CENTURY,DIUSUT TUNTAS HINGGA SBY – BUDIONO LENGSER

  33. Rizal ramli,,aku gak support sby – budiono
    sri,,,,,mega,, hatta,,, dedi ,,,,dll.
    Rizal katanya Bank century mesti ditutup
    akan tetapi kenapa ada kebijaksanaan
    bail out????
    Jadi SBY juga bertanggung jawab,,,,,
    Jangan melindungi,,,jangan provokasi,,
    kalau harus bertanggung jawab katakan
    jangan membOhOngi masa.

    Ini semua tak lepas ketika SBY,,menilpon
    Obama,,instruksinya agar bail out bank
    agar menjadi baik,,,dst,,,,

    Ternyata ada peristiwa demikian ini
    Bahkan kasus ini nyaris tak terekspos.

    Jadi jangan memanipulasi,,,
    jangan memutar balikkan fakta,,,
    jangan membunuh karakter individu,,,,,,,

    SAYA TAK MENDUKUNG SBY – BUDIONO,,
    MEGA,, HATTA RAJASA,,OBAMA ,,,

    SAYA SUDAH TAHU,,, SELURUH DUNIA TAHU,,MAU APA???
    MAKANYA SKANDAL CENTURY,DIUSUT TUNTAS HINGGA SBY – BUDIONO LENGSER

  34. sebelumnya ketahuilah ahli sunah wal jamaah
    bilang dedi artinya bijaksana,,tentu ini
    adalah ahli memutar balikkan fakta waljamaah.
    rampaknya gak ada sembuhnya,

    j

    Jadi jangan memanipulasi,,,
    jangan memutar balikkan fakta,,,
    jangan membunuh karakter individu,,,,,,,

    SAYA TAK MENDUKUNG SBY – BUDIONO,,
    MEGA,, HATTA RAJASA,,OBAMA ,,,

      • suci adi
      • Februari 1st, 2010

      ohh ini mbahas Century tooo, tak kira mario teguh

      • monica ria harnani
      • Februari 7th, 2010

      hidup mega!! cuma dia presiden yg peduli sama wong cilik!!! peduli sama purnawirawan… peduli sama rakyat…..peduli sama Indonesia…

  35. salam super!!!

    • Rudy
    • Januari 18th, 2010

    Alhamdulilah..saya juga sangat suka dengan acara Pak Mario teguh, dan dalam batin saya sdh mengatakan kok pembahasannya sangat mendalam dan…kayaknya sanagat islami yang sudah di bahasakan umu.ternyata benar. dan buat teman teman yang tidak suka dengan hal ini, belajarlah hati kalian untuk terbuka dan tidak suuzon, dan belajar untuk memahami bahwa andapun yang suka memaki saya yakin tidak lebih buruk dengan orang yang anda maki maki..jadi lihat sesuatu itu dengan pikiran jernih, dada yang luas…wslam salam super..

  36. ntu si “arif” nulis apaan sih??? yang dibahas siapa, dia nulis apa…..

    GaJeBo alias GAK JELAS BO!!!

  37. WA ALLAHU’AKLAM… tapi smuanya hebat…HEBAT,RUARBIASA. ASSALAMU’ALAIKUM. SALAM SUPER.

    • adi
    • Februari 9th, 2010

    Kalau memang benar2 muslim, tlong siarkan ajaran islam dong….???
    tp gua acungin jempol buat mario t

  38. ass. wr. wb
    trus berjuang pa teguh . . .
    beri trus kami pencerarahan dg cara anda . .
    karna kami sudah kadung suka karo sampean . .
    matur nuwun .
    sualam super . .
    wass. wr wb

  39. mendingan orang islam seperti pak mario teguh dari pada seperti abu bakar ba’asir yang ngajarin terorisme, kacau negara jadinya, orang islam harus menjadi rahmatan lil’alamin.

    • aria
    • Februari 14th, 2010

    superrrrrrrrrrrrrrrrrrr…………………….

    • Aaaaaaa
    • Februari 23rd, 2010

    Wah..orang hebat jadi motivator bangga sekali ya kalian.ckckck

    • Aaaaaaa
    • Februari 23rd, 2010

    Wah..orang motivator hebat yg beragama islam uda bikin kalian bangga sekali ya .ckckck

  40. semangat super
    eh, maksud saya SALAM SUPER…!

    • Lebah_Ratih
    • Februari 26th, 2010

    Salut buat Mr. Mario Teguh, motivasinya oke banget. Halus n` mendamaikan. Kapan ke Kaltim Lagi. Ke Sangasanga dunk…. heheh. ditunggu ya……….

    • andre bintan
    • Februari 26th, 2010

    sekarang memang zamannya motivator islam. mulai dari ary ginanjar, aa gym, yusuf masyur, purdie chandra, ippho santoso, valentino dinsi, ahmad faiz, safir senduk dll. salut MT

    • dita
    • April 29th, 2010

    SubhanALLAH, makin kagum sama pak mario.
    Semoga ilmu yang bliau bagikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan jadi amal kebaikan yang terus mengalir..
    Juga menjadikan orang yang mendengar, tertarik hatinya kepada kebaikan Islam… Salam Super ^^

    • alisjahbana
    • Mei 30th, 2010

    Mungkin wawancara ini bisa disebarkan lebih luas, sebuah pelajaran yang sangat baik dan sederhana tapi sangat mendalam dan menyentuh hati. Sukses untuk pak Mario

  41. suka suka dia kali mau pake kata Tuhan…..kok maksa banget lu.

    • partaonan hasibuan
    • Juli 22nd, 2010

    baru tahu juga
    salam superrrrrrrrrrrrrrrr fo MTGW

    • ermidsudiwardani
    • Juli 29th, 2010

    Cara penyampaian pak mario…sangat baguslah sehingga semua orang senang..dan merasa bahwa hidup tidaklah sesulit yg dibayangkan…,saya ikut bangga muslim bisa membawa diri…dan dihargai semua agama…salam super…

  42. patut di ajungkan jempoooool………..
    sukses selalu Pak.Mario teguh.

    • mleikut
    • Agustus 20th, 2010

    makanya jangan radikal, biar sukses…keyakinan boleh tetap tapi jangan menyangkal kalo dalam setiap keyakinan ada hal2x baik juga.

  43. saya setuju ama Mario teguh namun saya juga menghargai semua pendapat ulama termasuk Abu bakar Ba’asyir, bagi saya Mario Teguh Adalah Ulama yang bisa disandingkan dengan ulama lain semisal pak Abu bakar basyir karena jangan meremehkan pendapat orang lain kalau dia punya pegangan kuat…Amerika saja memenangkan perang terkejam didunia pada PD II yang karena mendengarkan pendapat si jenius Albert einstein untuk membom HIROSHIMA dan NAGASAKI seBANTAI BANTAINYA…..hasilnya KENIKMATAN DUNIA YANG MENIPU yang KITA RAsakan….

    mau video tutorial gratis klik :www.tutedu.worpress.com

    • yang bernilai masukin ke kantong ,..
      yaNg merugikan perlu di pilah___

      yang manis jangan langsung di telan,.
      yang pahit jangan langsung di buang__
      yang manis belum tentu madu, yang pahit bLom tentu obat

  44. aku yakin…seyakin2nya si arif kalau gak ngetik,alias semua tulisannya dia bawain buat pidato,pasti mulutnya pertama2 nyaring,trus berbusa2,kemudian serak kering,dan akhirnya sabis,ilang semua kata katanya…ha..ha…ha… :-D

    • zeo skynet
    • Oktober 11th, 2010

    mario teguh , mau agama nya muslim,nasrani.budha.hindu.atau dia ga punya agama.. kita hanya perlu mendengar kan katanya,dan mencernah.. bukan membahas.agamanya..dasar org2 bego kalian semua ini. gimana negara ini berkembang..kalau cuma menghujat aja tau kalian….dasar anjing2.dan sampah semua kalin… apalgi yg jadi sok mensucikan agama muslim… FUCK….

      • ujhe’
      • Oktober 27th, 2010

      trus kamu sendiri lagi ngapain tuh namanya???

    • matamu dirimu sendiri tu yang bego kita hidup didunia ini bukankah untuk saling menghormati mengayomi dan saling bersilahturohmi…bukan untuk menjelek jelek kan orang laen..!!! jadi diri sendiri itu lebih baik buatmu..!! salam kenal dariku untuk mu..!!

    • agama lo apa bro! apa yg lo ketahui tentang agama lo..? apa yang lo ketahui tentang kitab agama lo? jawab?

    • laundra tasti
    • Oktober 16th, 2010

    mf sblumnya saya kira bapak bukan agam islam lantas bapak memberikan siraman rohani gx bawa hadist n al qur’an.mf pak iy

    • laundra tasti
    • Oktober 16th, 2010

    menurut saya akan lebih baik,setiap kali memberika siraman rohani pakai hadist n dalial al qur’an donk…biar nabi muhammad tambah senang

  45. luar biasa,, salam super

    • fais
    • November 4th, 2010

    mas\mbk…..
    mbok ya udah tho saling ngehujatnya….!!!!???
    yang sy tahu smpe skrg kata2 beliau slalu memberikan yg trbaik buat smua kalangan,,,,
    peace for all…………

    • agus
    • November 28th, 2010

    salm superrrrr, kata2 adalah penyejuk jiwa……….

  46. mario teguh i like you

    • paijo
    • Desember 15th, 2010

    ternyata masih banyak yang lebih melihat siapa yang bicara daripada mendengar apa katanya …….

    • siapa yang bicara itu mencerminkan apa yang dia bicarakan, misalnya ada seorang pembunuh berbicara , emang kamu mau gitu dengerin dia ngomong walaupun sebenarnya apa yang diomongkan itu baik ???Jadi dia siapa itu, penting juga kita ketahui, karena pasti setiap apa yang dikatakan itu punya niat tersendiri

    • tya
    • Desember 17th, 2010

    iya, stigma negatif ttg islam akan berkurang ketika orang tersebut mengerti bahwa mario teguh adalah muslim sejati. tapi, bagaimana dengan orang orang yang tidak mengerti latar belakang mario teguh?

  47. Saya tidak bisa komentar lagi.. hanya satu kalimat buat Pak Mario Teguh…… SUPER SEKALI..
    mudah2 kebaikan bisa masuk di hati semua muslim..

    • Risco
    • Februari 21st, 2011

    Inilah yang membuat negara kita gak pernah bisa maju….. terlalu banyak manusianya yang munafik… yang selalu mengatas namakan agama….. agama itu penting… tapi bukan untuk dikomersialkan….

  48. janganlah ngomong islam dari lisan tapi, dari hati.

    • aryo
    • Maret 8th, 2011

    SALAM SUPER…….
    Pak Mario adalah penjual kata-kata
    Siapapun mario harus diakui dia adalah motifator hebat
    Islamnya dia adalah perbuatan bukan kata2
    Beda dengan para Dai komersil yang menjual Islam demi ketenaran dan harta, Dakwah dan Pengajian dijadikan ladang mencari nafkah dunia… Sungguh terlalu….
    tuk bro Arif….Kata2mu Tak SeARIF NAMAMU…. namamu tak ganti ARIT saja luwih pantes yo to LE… soale landep tenan tulisanmu garai moto loro….

    • yan’z.
    • Maret 10th, 2011

    saya salut dengan kata lata bpak mario.kata kata beliay saya jadikan inspirasi untuk hidup saya

    • Hj.Eriyati Rauf Saerun
    • Maret 13th, 2011

    kami salut pandangan pak Mario,kami sebagai musim taat,tapi kami sangat setuju dengan Bapak,seandainya semua muslim begitu.
    DUH DAMAINYA DUNIA KITA

  49. gmn tips mnjalin hub rt yg baik

    • Friend of peace
    • Maret 19th, 2011

    Seandainya pak Mario Islam, gak usah diributin. Janganlah repot2 membanggakan org lain.. Introspeksi dong, apakah orang Islam di Indonesia sudah menjadi berkat seperti pak Mario? Alias jangan omong doang tapi praktek nol besar. Mengapa gereja dibakar dan dirusak?
    Benar omongan ini…
    Cina negara komunis, gak pernah menghancurkan rumah ibadat orang Kristen, sedangkan di Indonesia yang mayoritas Islam ternyata lebih buruk dari Ateis di Cina… Gereja maen bakar aja. Coba pikirin lagi ya…

    • isnan hadi
    • Maret 21st, 2011

    sy skrg hmpr mrasa lega stelh membca kta2 dr bpk.MT.

    • ayu_nira
    • Maret 30th, 2011

    subhanallah…..betapa besar akan mengalir pada pak mario teguh,tlah memberi semangat banyak orang…

    • budy
    • Maret 30th, 2011

    menjadi seorang pengamat pasti banyak omong doang. menjadi ahli banyak berkarya dari pada bicara. menilai orang mudah ga sadar kalau kita ga pernah berbuat apa2.

    kalau setuju buat gerakan seratus rupiah, demi mengetaskan kemiskinan.
    setiap daerah jgn mengeluarkan hasil pertanian untuk luar darehanya. pasti masyarakat kota kelaparan….

    • smart_girl
    • April 1st, 2011

    pak mario teguh, saya menikmati setiap kata2 yang bapak sampaikan, sangat bermakna. menjadi sosok manusia harus integral-holistik. saya menemukan makna beragama melalui kata-kata yang bapak sampaikan… menjadi sosok muslim sejati, kita tidak perlu melalukan ‘truth claim’ pada agama kita dengan cara kekerasan, karena ketika kita melakukan cara tersebut berarti kita telah ‘menghacurkan’ esensi ‘keunggulan’ agama kita sebagai rahmatan lil ‘alamin… salam super…!!

    • OMG
    • April 7th, 2011

    Menurut saya cuma nabi saja yang hampir super…kalo yang lain…nggak lah yau. Manusia tetap seorang hamba yang hina dihadapan tuhannya.

    • 18account
    • April 8th, 2011

    RUARRR BIASAA, SALAM SUPERLAH…

    • hadi
    • April 12th, 2011

    bner2 orang super, sudah muslim super lagi.
    bagaimana kiatnya bapak mario???

    • beni simanjuntak
    • April 21st, 2011

    ternyata perbedaan agama bisa membuat anda jadi benci pada seseorang.KUNO,BEGO.LHO KEMBALI AJA KE JAMAN PURBA SEKALIAN ATO LHO GUA BALIKIN KE JAMAN YAHUDA ALIAS JUDAS YANG DI SALIB SAMA BANGSA ISRAIL.BIAR LHO DISALIB SKALIAN.

    • lalu gmana dng teroris dunia osama bin laden????
      osama agama apa ya???
      osama teroris cos ajaranxx…

    • widi-widi
    • April 26th, 2011

    yang jelas kata -kata motivasinya mengandung banyak hikmah.rasakan,resapkan laksanakan.kata katanya filosofis,agamis universal,saya rasa di semua agama diajarkan untuk selalu berbuat baik dalam hubungannya pada sesama manusia atupun pada sang pencipta.

    • nanang
    • Mei 22nd, 2011

    bangga dengan pak mario,,,,,,,,

  50. bapak mario teguh budie ajungkan jempol buat bapak sebnyak bnyaknya karena anda adalah manusia yang bisa mengerti keadaan yang kita alami sehari2 dan bisa mengerti cara berjalan dengan baik hidup didunia ini… salam dari ku wong jowo.. alamat teguhan.temepelrejo kecamatan mondokan kota sragen.!!!

    • isay_bdg
    • Juni 5th, 2011

    bersatu dalam damai untuk kita semua..

    saran saya : ‘ Dengerin dulu pak Mario Teguh ngomong baru dech komentar .. ! ‘
    jangan saling menghujat, kalo kalian mengaku pintar mari bikin forum ini sebagai ajang diskusi bukan EMOSI !

    sejatinya tidak ada orang pintar di dunia ini yang ada adalah orang yang ingin terus belajar, belajar dan belajar .

  51. awal lihat di metro ane mikir non muslim loh hehe…

  52. #nyesek itu law gak nonton Golden Ways tiap ahad… sayang yaa dah gak da di Twitter.. hikzzzz
    Thanks full dear Allaah give u for us.. huhihuhiihhuiii
    Salam SUPER Pak Mario.. :)

  53. Luar biasa pak Mario….

    • PEMBICARA Publik | TRAINER | NARASUMBER Seminar
    • Juni 18th, 2011

    Islam itu rahmatan lil ‘alamin

    http://pembicarapublik.wordpress.com

    • ABU
    • Juni 19th, 2011

    Tak habis mengerti, kenapa ya, diantara kita sendiri suka “kematos” dan merasa paling baik hanya diukur dari “baju sendiri”. Sementara baju orang lain ga dihargai. Padahal Allah Maha Tau, Maha Besar yang punya semua makluk di jagad ini. Kenapa kita yang hanya se-menir bisa bertingkah melebihi Allah sendiri, jadi hakim yang sok suci. Jadilah muslim yang bawa damai. Kita bilang islam itu indah tapi kita terkontaminasi oleh segelintir orang-orang yang berpikiran sempit.

    Ketika seorang Mario Teguh berhasil menyejukan hati banyak orang, kenapa ada malah ada yang kepanasan, orang muslim macam apa ini? Menghujad bukan sifat yang diajarkan Islam, tapi orangnya yang sudah miring dari ajarannya.

    Contohlah Mario Teguh yang bisa diterima semua orang, tidak liat agamanya, tapi mendengar dan merasakan apa yang disampaikan. Biar si Arif itu ustad sejati, tapi kalo sikapnya seperti itu justru mengotori umat islam saja, islam menjadi bukan agama pembawa damai, tapi maksiat. Kita malah bisa jadi terbelakang.

    Mari kita jd muslim yang membawa kesejukan,pembawa damai, sehingga mampu memperbaiki negeri ini. Rukun agawe santoso, crah agawe bubrah.
    Gue setuju yang korupsi di gantung. Tapi jangan bilang bahwa kita paling bener , karena yang paling benar hanyalah Allah SWT.

    Teruskan pak Mario ,selama anda punya niat baik Allah akan meridhoi. Saya suka anda. Salam super!

    • anti mario
    • Juni 21st, 2011

    sumpah yah,,,
    saya jijik banget nengok si mario ini,,seakan2 jalan kita makin baik kalo kita mendengarkan dia,,
    cuiiiiiiiihhhhhhhhhhhh najisssssssssssssssssssssssss

    • wajar lah.. lo gak punya TV..!

    • bt yang anti mario teguh hey luuuuuuuuuuuu yang ga sehat dan luuuuuuuuuuuuuuuuu yang ga berakal, se oraqng mario teguh begitu hebat msh bisa looooooooooooooo caci anjing,setan luuuuuuuuuuuuuu………………………….dan gw yakin bt si setan yang satu ni dah kehilangan akal

    • jgn heran sama tujuan anti mario, dia ngomong kaya gitu cuma mau numpang tenar,karena M.T itu kondang dan sangat terkenal makanya kita ga usah hera sama orang yg pengen ikut terkenal lewat jalan sesAAAAAAAAAT

    • haha
    • Juli 1st, 2011

    hahahaa…
    mario teguh keren..

    • lutfi
    • Juli 19th, 2011

    udsa

    laden :

    lalu gmana dng teroris dunia osama bin laden????
    osama agama apa ya???
    osama teroris cos ajaranxx…

    • FAHMI
    • Juli 25th, 2011

    BAGIMANA CARA MENGUNDANG BAPAK MARIO TEGUH
    UNTU BISA MEMBERIKAN ILMUNYA TENTANG BISNIS DI KAMPUS SAYA

    • aldi
    • Juli 31st, 2011

    yang penting hepiiiiiiiii………..

  54. Mohon Baca Sejenak
    http://ponpes-nu.co.cc/?e7a266​00

    insya Allah tidak merugikan, dan smoga bermanfaat.

    • robet junaidi
    • Agustus 8th, 2011

    Mario Teguh = Tokoh Motivator bangsa indonesia,….
    mungkin kita tau yg namany INDONESIA ,disana banyak matrix golongan ,ras,agama,suku, and ETC maka saya menyadari mengapa Pak Mario Teguh menggunakan Tuhan dan tidak memaksakan kalimat ALLOH sebagai penunjuk sang KHOLIK ,karna Tuhan pun sifat kata nya mewakili keyakinan seluruh Manusia tentang apa yg di yakin Nya sebagai sesembahan Nya.
    contoh nya seorang guru terhadap murid didik nya Beliau dalam mendidik tdk pernh menanyakan agama kamu apa ? ,Guru selalu memberikan pendidikan seoptimal mungkin agar semua nya mendapatkan manfaat pendidikan yg harapkan (di sini Beliau berfrofesi sebagai Motivator yg sifat nya UNIVERSAL)

  55. bodo amat mau islam or nasrani. wong Mario Teguh cuma sekedar alat yg dipakai-Nya (Allah/Tuhan) kok. gitu aja di ributin. baru satu tokoh islam yg berprestasi aja, umat islam udah sombong, lihat tuh, banyak tokoh² dari berbagai aliran kepercayaan yg mendunia

    • gaya betul kaya kau sempurna. orang yang tidak punya tuhan/allah sama aja hidupnya ngak ada artinya faham loe baru pake ngina allah lagi ingat orang yang menghina allah orang yang terkutuk

    • asih keyla
    • Agustus 24th, 2011

    di dunia ini pasti ada pro dan kontra, dg demikian hidup jd seimbang..maju trs pak mario…aku selalu mendukungku..

    • Richard
    • Agustus 29th, 2011

    TUHAN/ALLAH ITUKAN MAHAKUASA, MAHA SEMUANYA…GAK PERLU MANUSIA KAYAK ELU ORANG YG PICIK BELA…DIA ITU ADALAH SEGALANYA, ELU CUMA MANUSIA DOANK….,AU BELA TUHAN APANYA….PAKAILAH OTAKMU DAN HATI NURANIMU!!! bELA DAN JAGALAH HATIMU JANGAN SAMPAI SESAT, KARENA HATI NURANI ADALAH CERMINAN TUHAN/ALLAHMU YG DITEGASKAN OLEH SETIAP NABI…HORMATILAH AGAMA2 PENDAHULUMU, JANGAN SOK PALING TERBAIK…CONTOHNYA, APA ELOE MAU MENGHINA/MENYIKSA/MEREMEHKAN KAKEK/NENEK TERDAHULU…TIDAK KHAN, MALAH DIAJARKAN UNTUK MENGHORMATI MEREKA…NAH ELU PIKIRLAH SENDIRI.

    BUAT PARA TERORIS YG BERANI MATI,…MATI TUH GAMPANG BUNG, TAPI…HIDUP JAUH LEBIH SUSAH, PENUH PERJUANGAN LAHIR DAN BATHIN…JANGAN CUMANYA BERANI MATI DOANG, BERANILAH HIDUP…HIDUP ITU LEBIH SUSAH DR MATI….DASAR PADA GOBLOK DAN PICIK.

    TIDAK PERDULI ORANG ITU AGAMANYA APA TAPI BAGAIMANA DAN APA YG TELAH ORANG TSB BERJASA/MENGHASILKAN HAL2 YG BAIK….ITULAH YG BERNILAI….

    NUFF SAID!

      • Bram
      • September 26th, 2011

      saya setuju dengan kata-katamu itu. Lebih gampang lagi, bagi yang merasa tidak pernah melakukan kesalahan, silakan untuk berbuat kesalahan dengan cara kalian sendiri (entah dengan kata-kata, perbuatan bahkan pikiran). Bagi yang pernah merasa melakukan kesalahan, silakan perbaiki kesalahan diri sendiri sebelum menilai salah orang lain. Berpikirlah secara dewasa. Berpikirlah sebelum kalian berbicara. Berpikirlah sebelum kalian bertindak.

    • atresia billier
    • September 19th, 2011

    klo mau dengerin ceramah agama Islam.nonton aja acaranya ustad Jefri,Yusuf Mansyur,mama Dedeh and sejenisnya.Klo acaranya Mario Teguh memang bukan siraman rohani agama Islam.Klo saja semua org indonesia spt pak Mario Teguh,apapun agamanya pasti negara ini akan makmur, sejahtera dan aman.klo sebagian besar org indonesia msh sibuk menyalahkan org atau kelompok lain dan menganggap dirinya atau klmpnya plg benar, indonesia bakal spt skrg terus: kemiskinan dimana2,tawuran dimana2,kejahatan di tiap sdt dll.Naudzubillah….Smg acara MTGW dpt mjd slh satu pencerah bg bgs indonesia apapun agamanya

    • Slamet ortega
    • September 25th, 2011

    Sob ingat kata khalifa ali bin abi tholib yg bahasa indonesia nya = PERHATIKANLAH APA YANG DI BICARAKAN DAN JANGAN PERHATIKAN SIAPA YANG BERBICARA. Andai kan ada seorang kyai berbicara menghasut. Dan seorang pendeta berbicara menghasut kira mana yg kalian dengarkan. Gitu aja kok reeepoot!!!: oke sob

      • Dio
      • September 26th, 2011

      saya setuju dengan pendapat anda. Good think pal.

    • Dio
    • September 26th, 2011

    Agama kok jadi masalah. Semua agama itu mengajarkan yang baik. Semua orang dengan agama apapun bisa menjadi motivator asalkan dia mau dan berhati bijak. Mampu mengendalikan diri untuk memotivasi orang lain. Tidak hanya dari perkataan, namun juga dari perbuatan. Thanks to mario teguh.

  56. Coba deh… Gunakan EI (Emotional Inteligence)-nya…
    Khan udah jelas…
    Islam adalah agama rahmatan lil alamin…
    Ya toh???

    • jati
    • Oktober 8th, 2011

    mau kaya umroh bok.resep mario teguh.niscaya tidak ada orang miskin di jawa.tidak pemulung.tidak ada pelacur.tidak ada gelandangan.charter garuda ke arab untuk memberangkatkan jutaan fakir miskin ke arab.jadilah orang jawa kaya-kaya.paling minim setinggkat abu rizal bakrie.resep dari mario teguh.

    • arifin
    • Oktober 24th, 2011

    Sy berharap bpk mario teguh bs mnjadi jru bicara n penasehat president..smoga bisa terwujud.Amin

  57. Yang selalu saya tunggu2 dari acara Pak Mario yaitu pesan2 di akhir……….sangat mendalam..menyentuh……..dan membekas dihati,,,dalaaaaaaaaaaaammm banget.I like you MTGW……

  58. sungguh menyentuh…..,

  59. unzur man kola , walaatan nyur man kola , sungguh pak mario teguh merupakan wadah inspirasi buat saya , semoga Allah terus bersama bapak . amin

      • Makruf
      • Desember 12th, 2011

      Tul mas,bnyak antra kta t’ mau ambil hikmah yg bkan dr kmpulan kta,tulah yg jd klemahan kta,mlah brpendapat q lah yg plg btul(ashobiyah),trs kpn kta kan mju lo kt t’ mau liat bgmn mrk ble mju,bhkn taunya menghujat dan menyalahkan orang lain.tul t’….

    • Iswan selo
    • November 23rd, 2011

    super !

    • atma tanjung
    • November 28th, 2011

    Subhanallah Pak Mario, super sekali…

    Saya tidak bisa komentar apa-apa lagi pak, semuanya sudah lengkap, dan saya sangat senang membaca artikel-artikel Pak Mario, sungguh sangat memberikan motivasi…

    Terima kasih….

    Salam super….

    • Nur AsIah
    • November 29th, 2011

    I Like it . Very very very beauty perfecto .
    Mr . Mario Teguh is inspiration for Me .

    • At laki laki sadap
    • Desember 1st, 2011

    Mau dia islam ke atau kristen…..apanya yg slah…justru org yg banyak komen itulah yg tidak punya agama……….

  60. hahahahahahahaahhahahahahahaahahahahahahahahahahahaaaaaaaaaaaaaaaahahhhhhaaaaaaaaaaa…………isi kepala manusia..sungguh brbeda-beda…hal yg prtama yg harus dilakukan adalah…..buat lah paradigma yg positif…lihtlah diri sndiri..itu lbih baik..salam super…

  61. salut…..buat tuhan…menciptakan manusia……..yg sungguh brbeda2..
    padahal sungguh sulit untuk memghitung sbrapa
    bnyaknya manusia di dunia..ini…smoga perbedaan ini bisa dihargai..
    itulah alasannya knapa “KITA” ada

  62. SAYA LEBIH BERHARAP BPK.MARIO TEGUH MENJADI PRESIDEN INDONESIA… dengan tutur kata yang bijak dan sikap yang baik serta MUSLIM SEJATI tentunya…mudah-mudahan segala permasalahan bangsa ini bisa teratasi dengan cepat dan baik…

    • jauhariatun mawaddah
    • Desember 7th, 2011

    i like

    • taqiem
    • Desember 12th, 2011

    mencerahkan hati,, semoga bermanfaat

    • wita
    • Desember 19th, 2011

    Kenapa sih…….jaman sekarang masih aja ada orang komen masalah agama,emang kalo mario teguh seorang nasrani , emang salah. kalo muslim,emang salah.hello………bangun…..dari kedunguanmu,g jamanya mempermasalahkan keyakinan ,mau nasrani , mau muslim .mau hindu,mau buda. tetap aja kita harus hidup damai dan selalu rukun

    • wita
    • Desember 19th, 2011

    Mario teguh……………OKE teruskan perjuanganmu, jangan hiraukan orang2 dungu berkomentar.Anggap aja mereka yang mencacimu itu.orang sirik tanda tak mampu.Salam super

  63. riyansleman :

    jadi makin mantafffsss liat MTGW

  64. Jiwa yg sabarlah yg teguh pd saat mendengar pendapat orang lain bertentangan dgn naluri kita sbg manusia, krn ada hikmahnya disitu sbg iktibar unt mmperbaiki diri, maju unt benar mundur bukan unt kalah dan Allah-lah yg memberi Rahmat dan Karunia itu, mari sama2 kita unt berbuat yg terbaik unt diri sendiri dan jg unt bersama, Allahu Akbar.

    • ezha
    • Desember 29th, 2011

    terima kasih atas motivasi yang anda berikan
    tidak ada gading yang tak retak,,,,
    cara berdakwah bukan dengan kekerasan atau ajaran yang keras. tetapi didasari dari hati yang tulus.

  65. Bp. Mario Teguh muslim sejati, christiani sejati, budha sejatia no problem. Yang paling penting bahwa motivasinya bermanfaat bagi orang banyak. Teruskan Pak Mario….sampaikan motivasinya secara universal….saya lebih setuju jika Bapak tidak membawa-bawa golongan tertentu.

  66. Dalam awal pertemuannya lebih baik pake Salam Super saja, tidak usah pake salam-salam yang lain. Bapak tidak perlu terpengaruh oleh bisikan-bisikan yang tidak produktif. Salam Super adalah ciri khas Bapak…..Salam Super!!!

    • ad
    • Januari 8th, 2012

    keyakinanbukan jadi masaalah yang penting bagaiman kita berpikir realistis tentang kehidupan. menurut saya semua agama mengajarkan kebaikan tinggal orang yang menganutnya saja yang harus menyikapinya dengan baik pula.

    • Valencia and-i
    • Januari 10th, 2012

    Aku mencintai agamaKu tapi aku benci atas perlakuan orang orang islam yang sok anarki berkacalah kelakuan kalian tidak pantas buat islam , islam itu bukan jihad tapi islam itu kita sederhana

      • Osman bin Japar
      • Juni 9th, 2012

      Masyallah Valencia….
      Istiqar, Istiqar Valencia,
      alif ta ba tsa zai jim ha (Allah tuhan kita semua)
      Cha zai da rul sai syim cin (Mari kita tingkatkan taqwa)

      Sahabat Valencia, jihad adalah Islam dan Islam adalah Jihad, Kami Laskar Jihad melakukan Jihad karena menegakkan kebenaran

      Taukah kamu setelah kami mati jika karena jihad, telah disiapkan 72 bidadari bagi kami para muslimin yang sholeh di dalam istana kami dan istana kami pun dilalui oleh sungai yang dialiri oleh khamar yang tidak memabukkan, itulah ganjaran bagi kami para laskar jihad

      ALLAHUAKBAR…..!!!!!!!

        • aning
        • Agustus 27th, 2012

        buat Osman bin Japar,,cuman mau ngingetin n ngasih tau aja,,

        kalimat yg ini..
        alif ta ba tsa zai jim ha (Allah tuhan kita semua)
        Cha zai da rul sai syim cin (Mari kita tingkatkan taqwa)

        SALAH..
        insyaAllah yg bener gini
        alif ba ta tsa jim kha
        kho dal dzal ro za sin syin..

  67. “Memaafkan adalah sebuah peralihan dari pusat ego kepada altruisme”

    altruismeartinya
    paham (sifat) lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain (kebalikan dr egoisme)…. kata-kata yang simple tapi masuk akal… baru denger juga saya tetang altruisme..

  68. sepakat dengan sdr/sdri wita…
    anjing menyalak kafilah berlalu……

    • riskatyas
    • Januari 17th, 2012

    Subhanallah…
    dalam setiap motivasinya selalu menyajikan ulasan2 yang luar biasa.

    • orang biasa
    • Januari 20th, 2012

    ‘berkatalah yang baik atau lebih baik diam’
    ‘hindarilah perdebatan’
    ‘pertanggungjawaban di akhirat akan ditanggung oleh insan itu sendiri. lebih baik introspeksi dan perbaiki apakah perbuatan, ibadah kita sudah benar.’

    • Nofita nuning
    • Januari 29th, 2012

    salut bnget sama Pak Mario.

  69. nama saya zaay saya ingin bertanya. car mnegatasi rasa takut kegagalan.. .

  70. bapak emang superrrr abiiiiis…saluuuut……God bless. you ..

    • renny reyrey
    • Februari 7th, 2012

    Subhanaallah,, Artikelny bagus bngtz??

  71. Salam Super !
    pas tayangan Golden Ways Mr. Mario pake baju ihram sm istrinya itu gue nonton dan langsung kegirangan Alhamdulillah ^^v
    kenapa Mr. Mario gak jadi penasehat President ya atau sekalian aja jadi Presiden :D biar ada pilihan,
    pasti deh 2014 bakal gue coblos … http://www.coretanbetty.co.cc hehe.

    • mas gresik
    • Februari 12th, 2012

    SALAM SUPERRRR AKU SETUJU KLU PAK MARIO JADI PEMIMPIN NEGARA INDONESIA INI

  72. siapapun yang memberikan kebaikan, itu pasti dari tuhan, bukan dari setan. baik itu muslim atau bukan. jangan alergi dengan formalitas atribut.

    • anto
    • Februari 14th, 2012

    pendahulu2 (Islam) byk yg spt atau bahkan lbh baik lagi..apalagi 3 generasi awal. dan aku lbh bangga dengannya.

    • salmananaba
    • Februari 14th, 2012

    PAK MARIO BETUL2 PENDAWA HEBAT K

  73. TOP BGT !

    • Nugraha
    • Februari 22nd, 2012

    Mantap…. super

  74. Dear Bpk Mario, salam superrrr … motivasi Anda dan semangat Anda semoga dapat menjadikan rakyat Indonesia menjadi lebih SUPER dalam segala aspek kehidupannya :)

  75. salam super pak mario……..smga kita sll dilindungi ALLAH SWT dan sll diberikan kesehatan…….

  76. sangat inspiratif ! mksih gan!

  77. sungguh luar biasa kata-kata beliau,bisa meyejukkan hati yang panas,membahagiakan jiwa yang resah.

    • novalpandolo
    • Maret 1st, 2012

    ya, ampun! postingnya thun 2009, aku bru thu di thun 2012… smoga dia senantiasa di ridhoi Allah…!!

    • miftahul djafar
    • Maret 2nd, 2012

    subahanaulloh…

  78. salam super pak Mario Teguh.
    ane sok demen kalo ente memberi motivasi hidup dihadapan publik. :-)

  79. alhamdilillah lah amin kakak mario islam amin allah

    • aliv
    • Maret 23rd, 2012

    apapun alasan dan perdebatan yang terjadi..
    mario Teguh tetap manusia yang terlahir untuk membahagiakan manusia lain….
    maju terus pantang mundur..pak

    • tutuh
    • Maret 28th, 2012

    subhanallah .. ternyata allah sangat adil dan bijaksana
    menciptakan oang” yg berhati mulia yg mau merubah para pribadi yg buruk

    • damianus nono
    • Maret 28th, 2012

    cara pembawaan pak mario yg merangkul semua kalangan dan bahasa yg di pakaipun sgt universal, itulah yg membuat org bertanya-tanya agamanya apa sih? itulah supernya pak mario

    • riri galileone
    • April 3rd, 2012

    hebat banget

    • hamba alloh
    • April 12th, 2012

    asskm wr wb
    islam mengajarkan kita harus saling menghormati,agama islam agama damai….mengajarkan kita mengambil hal2 yg baik tak perduli dari mana datangnya sekalipun……jadi buat teman2 khususnya sdrku seiman kasih contoh yg baik…jgn saling menghina..kalau tdak mau di hina…..agama kita agama suci jangan kotori dgn hal2 yg dapat menjejaskan agama kita

  80. Mau …

    • Insya Alloh

  81. “hitung-hitung tambah wawasan, respon positif,side out negatif !”

  82. Acara kesukaan My Mommy….Tiap hari minggu jam tujuh , aku mau nonton “Hitam Putih” ( Trans7) langsung diganti sama Mamaku…..Mau nonton “On The Spot” juga diganti sama Mamaku…..Jadinya kau ketinggalan acara kesukaanku (“On The Spot”)……Huh….T_T…..Salam Super….

    • Akrim
    • April 18th, 2012

    bapak mario teguh yang terhormat, saya adalah salah satu dari sekian banyak pengagum bpk. saya adalah seorang pemuda 23 tahun asal sulawesi tengah kab. Tojo Una-Una. saya ingin bertanya nih sama bpk. ini tentang bagaimana cara kita menghadapi problema hidup yang begitu membuat kepala stress ? terima kasih atas jawaban bapak …….

    • santoso
    • April 23rd, 2012

    alhamdulillah….. se agama dengan q

    • lekardhi
    • Mei 3rd, 2012

    “sukses akan menghasilkan sukses yang lain”. wow, emang telah banyak terbukti. btw komennya kok berkutat masalah perdebatan agama yaaa #no ofense :p

  83. Cuma satu yang bisa di ucapkan…
    SUPER SEKALI :d

    • haltim
    • Mei 10th, 2012

    tidak perlu diperdebatkan agama pak mario, tp yg perlu di acungin jempol krn beliau org yg tdk menjelekan agama lain untk membenarkan agamannya sendiri. terus berkarya bpk….doa kami Tuhan terus memberikan hikmat2 yg luar biasa utk mempererat tali persaudaraan agama2 yg ada diindonesia. indonesia aman, anak cucu kita bisa terus hidup dengan damai dan tentram……

    • Zulva
    • Mei 16th, 2012

    Masyaallah… Alhamdulillah yah… seagama….:)

    • Rad_
    • Mei 18th, 2012

    Subhanallah Walhamdulillah Walaa illahaIllah Wallahu Akbar

    • arvian
    • Mei 19th, 2012

    yng jelas p SMT (Sis Mariono Teguh) udh pernah ngalamin banyak kesusahan cz semua yng di omongin adl motivasi bagi orang orang yang lagi susah, n masalah penyebutan Tuhan dalam setiap perkataannya tinggal kita yang mendengarkan dan memahami, yng jelas kita punya keyakinan masing masing, n yng jelas kita punya keyakinan itu dari dalam hati dan dari perilaku kita sehari hari, n g perlu di bantah2in.

    • arvian
    • Mei 19th, 2012

    yng jelas p SMT (Sis Mariono Teguh) udh pernah ngalamin banyak kesusahan cz semua yng di omongin adl motivasi bagi orang orang yang lagi susah, n masalah penyebutan Tuhan dalam setiap perkataannya tinggal kita yang mendengarkan dan memahami, yng jelas kita punya keyakinan masing masing, n kita punya keyakinan itu dari dalam hati dan dari perilaku kita sehari hari, n g perlu di bantah2in.

    • Sisca Maya Maurissca de Freitas Capatossa
    • Mei 28th, 2012

    walaaahhh gitu sj kok dipermasalhkan…mau Mr.Mario Teguh keimanannya Islam, HIndu, budhha, nasrani, kepercayaan kpd Tuhan YME, asal bagus isi pesannya, ga masalah tuh…kan yg kita lihat, “buah-buah” dari pesannya…

  84. sungguh mulia……………………………………………………..

    • nini
    • Juni 12th, 2012

    pak mario juga udah sering pakai hadits dan Al Quran kok
    disebutin secara halus
    coba deh lebih di dengarkan

    buat yang anti sama pak mario
    ngritik gpp
    tapi tolong yang sopan
    bukankah anda bersekolah dan ngaji dididik untuk saling menghormati

    SALAM SUPER

    • Dini
    • Juni 12th, 2012

    Alhamdulillah.. satu lagi bukti kekuasaan Allah melalui pak Mario.. SUPER!

  85. gitu aja kok repot,yang jelasnya mario teguh muslim.

    • neny
    • Juni 25th, 2012

    orang islam jadi motivator? biasa aja tuh…
    udh sharusnya
    orang islam jadi teroris, itu baru aneh (kok bisa?)

  86. Maha adil, maha tau dan maha esa adalah nama sang pencipta yaitu allah swt. Karna ia bisa jadi apapun tergantung apa yang diperbuat ciptaannya, ia bisa jadi maha pemurah bagi umat yang ingat dan meminta padanya, tapi ia juga maha adil bagi orang yang ingkar pada penciptanya.
    Saya pikir p mario lebih bijak kalau pakai nama tersebut diatas dari pada nama tuhan yang lawan katanya hantu atau ber-allah lawan katanya ber-halla.
    Teguh haruslah lurus pada intinya. Tapi sebagai orang jawa harus ingat pusakanya yaitu keris, keris lurus pada intinya, melenggak-lenggok pada pinggirnya tetapi tetap bisa dimasukkan dalam rangkanya. Itulah filsafah dalam keris yang harus kita lestarikan sebagai orang jawa, sulalu teguh intinya pada sang pencipta, melenggak-lenggok menurut situasinya tetapi tetap tidak boleh keluar dari rangka islam.

    • RUSLI
    • Juni 29th, 2012

    apa pun agama pak mario teguh itu tdk masalah yg penting itubuah2 pesanya yg harus dihayati engan semangat perubahan……

    • Loko
    • Juli 1st, 2012

    Setuju, agama ga perlu di pusingkan. yg paling penting adalah kata motivasinya. Dia sudah membantu banyak orang, baik yg beragama isalam, nasrani, hindu dan lain2. semuanya dia lakukan untuk kehidupan. Biar radikal sekalipun terhadap agama, suatu saat akan mati juga, Ga ada yg hidup kekal di dunia. semua akan mati juga.

    • manusia
    • Juli 2nd, 2012

    Buat yang tukang mencemooh orang lain ….ngaca…..
    yang tukang jelekin agama lain…. ngaca…..
    yang merasa diri paling ….ngaca
    apakah kamu yang paling benar……
    pastinya bukan …..
    manusia tempatnya salah dan dosa….
    ga ada manusia yang suci…..
    yang ada manusia yang berusaha menyucikan diri…..
    jadi kalo ada orang yang berikan nasihat yang baik dengarkan dan laksanakan……
    intinya yang baiknya di ambil dan laksanakan….
    yang jeleknya buang jauh….

    • susi
    • Juli 8th, 2012

    apapun agama kita yg penting perilaku kita,makanya nontom MTGW biar kita jadi org yg lebih baik. salam super…

    • pandangan
    • Juli 18th, 2012

    cinta kasih adalah ajaran yesus, yesus itu ya tuhan itu sendiri menurut iman saya, perhatikan perbuatan orang orang kristen dalam kehidupan sehari hari di sekitar kita, masih banyak yang meninggalkan ajaran cinta kasihNya, semoga mario teguh dapat meneladaniNya, pasti kelak jauh lebih sukses daripada sekarang, mario teguh dipintarkan oleh orang lain yang tidak se-iman dengannya dan lebih hebat darpada mario teguh, proficiat, selamat ! mario teguh sepanjang masa !

    • iwan
    • Agustus 13th, 2012

    Muslim sejati? semoga yah.. ;)

    • Mazt Wawan
    • Agustus 25th, 2012

    Perilaku adalah Raga, Iman adalah Jiwa. Muslim sejati tidak akan pernah takut pada Kebenaran justru akan mencari kesejatian, dan Islam
    Justru satu-satunya konsep yang bisa mengayomi semua agama, dalam Islam tidak di wajibkan memeluk Islam bagi orang-orang yg beragama, hanya Muslim yg wajib memiliki 11Rukun 5Rukun Islam, 6Rukun Iman.
    Jika Pak Mario Teguh tidah bisa menyebarkan 11Rukun Islam sama artinya dengan .. sliahkan Artikan sendiri..

    • aning
    • Agustus 27th, 2012

    ketika aku baca yg ini “Loch, koq ada ya orang Islam yang baik macam Pak Mario !?”
    sontak akupun terkejut,,merinding dan miris bgt..

    • Assalammualaikum .wr.wb. Teman-teman ku yang slalu dirahmati oleh tuhan yang maha kuasa,jangan saling menghina.Hanya karena pak Mario teguh agama islam,jadi teman-teman yang beragama islam merasa bangga diri dan menganggap agama yang lain kecil?Sebelumnya apa teman-teman semua tahu apa agama pak mario?Yang bikin kita suka sma pak mario kan karna kata-kata dan ucapanya yang mampu menjadi cambuk dan motivasi kita untuk melangkah ke arah yang positiv.Saling berbaik hati terhadap sesama,saling cinta kasih,tidak terprovokasi dengan keadaan,mencoba untuk menjadi pribadi yang baik,paling tidak untuk diri sendiri.Kalau kita tidak bisa berbuat baik,paling tidak jangan berbuat jahat.

    • Abdul aziz
    • Oktober 20th, 2012

    La’allahu muslimun haqqon…

    • aldy
    • November 5th, 2012

    bukti bahwa MT muslim sejati
    http://harisaryono.com/2012/07/mario-teguh-kristen-benarkah/

    • wayne van yasin
    • Desember 8th, 2012

    i like it….,.,.,.,.

    • smile morning
    • Desember 17th, 2012

    Ana teringat adab rasulullah yang sangat baik dan rendah hati sebagaimana berlaku baik kepada umat yahud dan nasoro dan tidak enggan membantu ,memperhatikan , bahkan berbagi tanpa memandang dia pemimpin agama dan seorang nabi jika semua muslim mencontoh demikian sebagaimana yang implemntasi dari cara yang berbeda pak mario teguh ,konsep islam sebagai rahmatan bagi seluruh alam bakal terealisasi ,asalkan konsepnya sama perihal perjalannya dan caranya sesuai kemampuaan dan keahliaan diri, membaca artikel ini hanya menambah kerinduaan ana kepada rasulullah , semoga makin banyak muslim yang seperti pak mario. ,,

    • xxx
    • Desember 27th, 2012

    kok bnyak komen yg memojokkan Islam,
    topik apa,bhasannya apa,gag jelas,
    yg bkar greja lah,yg mmusuhi apa lah,
    bknkah kristen n yahudi yg prtma kali mnyebarkn kbencian,
    irak n afganistan korbannya,
    afganistan di tuduh punya snjta nuklir,tp mna,smpai negara itu porak poranda spt skrg tdk ada itu namanya nuklir,skrg jawab,siapa yg mnebarkan kbencian?
    irak pun demikian adanya,
    palestina,sdikit dmi sdikit wilayahnya di rampok zionis israel,
    skrg jwb,siapa yg mnebarkn kbencian?
    negara Islam mana yg tdk porak poranda krn ulah negara non Islam,
    suriah,mesir,turki,libanon,irak,afganistan dll,
    skrg jwb,siapa yg mnebarkn kbencian?
    semut tdk akn menggigit klo td di usik,
    tp terserah apa kata org nasrani,yg jelas Islam tdk spt itu.
    itulah fakta.
    budha,hindu,tdk pnh mngusik negara lain.
    pikirkn itu.

      • omkos
      • Maret 21st, 2013

      ngomong opo kowe? ngomong opo kentut??

    • gampang
    • Januari 15th, 2013

    ..gimana klo doi sejak awal beragama non muslim, tetap ga komentnya mengelukan beliau…
    mudah2an tetap gan, kalau tidak, yah…berarti negara kite ni masih jauh dari “dewasa”…

    • fauzy iwan
    • Februari 11th, 2013

    astagfirullahal adzim, , ,
    muliakan diri sendiri dulu deh, , ,

  87. ada MP3 nya ga…lebih enak aja gitu…

  88. Semangat buat Bapak Mario Teguh.

    • Sardi
    • Mei 17th, 2013

    Sahih Al-Bukhari, Volume 9, Book 87, Number 113
    Dikisahkan oleh Abu Qatada:
    Sang Nabi berkata, “Mimpi baik datang dari Allah, dan mimpi buruk datang dari Setan.”

    Malik’s Muwatta, Book 52, Number 52.1.4
    Yahya menceritakan padaku dari Malik dari Yahya ibn Said bahwa Abu Salama ibn Abd ar-Rahman berkata, “Aku mendengar Abu Qatada ibn Ribiyy berkata bahwa Rasul Allah berkata, “Mimpi baik datang dari Allah, dan mimpi buruk datang dari setan. Kalau kau melihat apa yang tidak kau sukai, meludahlah ke sebelah kiri 3 kali setelah kau bangun, dan minta perlindungan dari Allah. Atas kehendak Allah, hal itu (mimpi buruk) tidak akan mencelakanmu.’ Abu Salama berkata, “Aku sering bermimpi yang membebaniku lebih berat daripada sebuah gunung. Ketika aku mendengar hadis ini, aku tidak khawatir lagi.”

    Nah, Muhammad sendiri sudah mengaku bahwa mimpi buruk datang dari setan. Sedangkan wahyu “illahi” datang padanya melalui mimpi buruk !! Jadi jelas yang datang padanya adalah setan dan bukan malaikat.

    Simak juga Hadis-Hadis dibawah ini yang menceriterakan tentang turunnya wahyu Quran sebagai berikut:

    Diriwayahkan oleh ‘Aisha:
    Al-Harith bin Hisham bertanya Rasulullah ‘Ya Rasul, bagaimana wahyu diberikan kepadamu ?” Rasulullah menjawab, “Kadang kala diberikan seperti gemerincing suara lonceng, bentuk pewahyuan seperti ini yang paling berat …. Kadang kala malaikat datang dan berbicara dengan saya dan saya mencoba mengerti apa yang dikatakannya.” ‘Aisha menambahkan: Sungguh saya melihat nabi diberikan wahyu pada hari yang sangat dingin dan melihat keringat menderas dari keningnya (saat wahyu selesai). (Sahih Bukhari Jilid : 1, Buku 1, Nomer 2)

    ‘A’isha melaporkan bahwa Harith B. Hisham bertanya kepada Rasulullah (saw): BAGAIMANA WAHYU DIBERIKAN KEPADAMU ? Katanya: KADANGKALA BERUPA GEMERINCING SUARA LONCENG YANG MANA PALING BERAT BUAT SAYA … (Sahih Muslim Buku : 30, Nomer : 5765, Sahih Bukhari Vol I No. 1, Sahih Bukhari Vol. IV No : 438)

    kemudian dalam hadist selanjutnya:

    Abu Huraira melaporkan Rasulullah (saw) mengatakan: LONCENG ADALAH INSTRUMEN IBLIS (Sahih Muslim Buku : 24, Nomer : 5279)

    Diriwayahkan oleh Umar ibn al-Khattab:
    Ibn az-Zubayr mengatakan bahwa seorang klien wanita mereka membawa puterinya az-Zubayr ke Umar ibn al-Khattab sambil mengenakan lonceng di kakinya. Umar mencabutnya dan mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah mengatakan bahwa: Ada Iblis disetiap lonceng. (Sunan Abu Dawud Buku 34, Nomer : 4218)

    Diriwayahkan Umm Habibah:

    Nabi (saw) mengatakan: MALAIKAT TIDAK AKAN MENEMANI DIMANA ADA SUARA GEMERINCING LONCENG. (Sunan Abu Dawud Buku : 14, Nomer : 2548)

    Dari hadis-hadis tersebut diatas, dari siapakah wahyu yang diterima Muhammad ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 130 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: