Misteri Gunung Gede-Pangrango


2512947670_831970ba01Kadangkala pendaki yang berada di kawasan alun-alun Surya Kencana akan mendengar suara kaki kuda yang berlarian, tapi kuda tersebut tidak terlihat wujudnya. Konon, kejadian ini pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dengan dikawal oleh para prajurit. Selain itu para pendaki kadang kala akan melihat suatu bangunan istana.

Alun-alun Surya Kencana berupa sebuah lapangan datar dan luas pada ketinggian 2.750m dpl, di sebelah timur puncak Gede, merupakan padang rumput dan padang edelweiss. Surya Kencana adalah nama seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar (pendiri kota Cianjur) yang beristrikan seorang putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra : Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi.

Kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana. Beliau bersama rakyat jin, menjadikan alun – alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.

Petilasan singgasana Pangeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini, petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading. Sumber air yang berada di tengah alun-alun, dahulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi.

Di dalam hutan yang mengitari Alun-alun Surya Kencana ini ada sebuah situs kuburan kuno tempat bersemayam Prabu Siliwangi. Pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi yang menguasai Jawa Barat, terjadi peperangan melawan Majapahit. Selain itu Prabu Siliwangi juga harus berperang melawan Kerajaan Kesultanan Banten. Setelah menderita kekalahan yang sangat hebat Prabu Siliwangi melarikan diri bersama para pengikutnya ke Gunung Gede.

Sekitar gunung Gede banyak terdapat petilasan peninggalan bersejarah yang dianggap sakral oleh sebagian peziarah, seperti petilasan Pangeran Suryakencana, putri jin dan Prabu Siliwangi. Kawag Gunung Gede yang terdiri dari, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon, dijaga oleh Embah Kalijaga. Embah Serah adalah penjaga Lawang Seketeng (pintu jaga) yang terdiri atas dua buah batu besar. Pintu jaga tersebut berada di Batu Kukus, sebelum lokasi air terjun panas yang menuju kearah puncak.

Eyang Jayakusumah adalah penjaga Gunung Sela yang berada disebelah utara puncak Gunung Gede. Sedangkan Eyang Jayarahmatan dan Embah Kadok menjaga dua buah batu dihalaman parkir kendaraan wisatawan kawasan cibodas. Batu tersebut pernah dihancurkan, namun bor mesin tidak mampu menghancurkannya. Dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, terdapat petilasan/ makam Eyang Haji Mintarasa.

Pangeran Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia. (net)POSMETRO-MEDAN.COM

About these ads
  1. Yap… apa yg mas tuturkan benar. Saya pernah alami itu. Ketika itu th 1979 saya dan beberapa teman mendaki gunung Gede. Mendekati puncak, saat bergelantungan di dinding tebing 90 derajat, saya mendengar dg jelas suara orang menunggang kuda…… Jalannya kuda setengah berlari layaknya penunggang sedang dalam tugas mengontrol keadaan……. (Selebihnya silakan banyak pada blog saya di http://carolusispryono.blogdetik.com)

  2. Alam memang slu menyimpan misteri…
    tapi itulah daya tarik nya…
    Bulan depan saya dan kawan2 akan ke GEDE,semoga perjalanan lancar2 sj ya ^_^

      • raisfadilah
      • Juli 21st, 2010

      saya senang jadi orang pegunungan coz di pegunungan udaranya masih sangat sejuk n” alami banget klw di kota begini gak ya……..

    • zaini
    • Juni 29th, 2009

    iniliah Indonesia, kaya dengan berbagai budaya, cerita dan lain-lain.

      • raisfadilah
      • Juli 21st, 2010

      main yuk ke gunung gede

    • gumilar
    • Juli 9th, 2009

    banyak misteri makin asyik
    alam lebih indah dari body cewe yg paling seksi sekalipun
    “,”

    • yoi bang …

    • gumilar
    • Juli 9th, 2009

    alam lbh indah dr tubuh wanita seksi

  3. Walaupun tersimpan misteri gunung gede tetap banyak diminati oleh para pendaki.
    So, ga masalah selama kita berprilaku baik dan sopan disana….

      • denis
      • April 8th, 2010

      tapi sayang skrg ini bayak uang yg harus kita keluarkan untuk menikmati keindahan gunung gede pangrango entah karna apa sebabnya,saya ingin tau

    • vhiea
    • Oktober 7th, 2009

    kapan akan adaaa pendakian lagi

    jagn lupa di aad yyyyyyyy

    • rizky fauzi
    • Oktober 30th, 2009

    bner bgt ne informasi…
    saat w berada d’puncak w ngrsa ada ssuatu yg ganjil yg bkin w n kawan” g tnang…

    • Walau Gunung Gede serem saya ga gentar sedikitpun, karena saya cinta akan alamnya yang indah, Segala sesuatunya itu akan baik-baik aja kalau kita menjalaninya dengan setulus hati dan positif, bulan ini saya dan kawan-kawan akan mendaki Gunung Gede, doain smunya lancarlancar aja, thx all.

    • edi
    • Desember 3rd, 2009

    Minggu kemarin aku dari gunung gede. Pegelnya masih berasa. Tapi artikel ini cukup menarik untuk menambah wawasan.

  4. Gn.gede alam yg terindah yg prnah saya n tman2 alami.

      • all_ramlly
      • Desember 24th, 2011

      msh bnyak pemandangan yg lebih bgus d gnung sumbing nikmatin ja…

    • Ade subandi
    • Februari 6th, 2010

    Saya pernah ke puncak gede/pangrango,jalur putri dan cibodas 6 kali,gak pernah bosan2” karena indahnya saya suka, pngennya seh di tanjakan setan gak ada tali biar lebih alami.alhamdulilah ga ada ke jadian yg aneh2,,

      • all_ramlly
      • Desember 24th, 2011

      coba gunung cerme ja klo mau cba tantangan cbain semuru nikmatin badai’a

    • zaenudin
    • Maret 24th, 2010

    gede pangrango ribet bgt sekarang bwat ngadain pendakian kesitu.. tolong tuh skalian ma dana yg dikeluarin ma pendaki mahal bgt bosss udah kaya ma orang mana aje … w kegunung ngk bwa dwit bnyak mang nye w ke MALL…

    • anto
    • Maret 29th, 2010

    iya bener….
    tapi bnyak yg d ada”….
    tolong bnerin agi kata, yg ada petapa sakti yg jadi batu….
    itu gx ada…..

    • nadie
    • April 12th, 2010

    sip2

    • jaka kelana
    • April 26th, 2010

    daasaarny ssih…gng tmppt jin hehee..n sssssssetaaaaaaaan.

    • bontot sii petualang
    • Mei 7th, 2010

    nggak ada misteri nggak seru…!!
    jadi sama ajj kita qlo mendaki tanpa ada tantangan….!!!
    by’sispala tangerang..

    • gie
    • Mei 24th, 2010

    alam mang menyimpan bnyk misteri….slama kita ga ngerusak n ga usil alam ga bkl mrh….alam bukan untuk d taklukkan…

    • Arek Pasuruan
    • Oktober 7th, 2010

    Hm kisah menarik,jd tertantang ni u/ daki G.Gede,salam kenal latif,lg cari kawan pendakian G.Gede,kontak sj d 085695759365,thx

  5. jangan sekali sekali melupana sejarah….walau zman sudah edan!!!!

  6. blh percaya tp jng terlalu mengiyaaaaaaaahkan bgt. tar malah jd musrik,jd pengen cepet naek k gede,ya yg penting kita jng merusak alamnya dan jaga etika aja

    • iCHaaa
    • April 4th, 2011

    Waduuhhh klw membuat kesalahan Di Gunung Tersebut…
    kira2 Apa aja yg akan terjadi? Thanks…….

    • ron
    • April 7th, 2011

    Yang Penting Masih Ada Yng Hijau ………………………………………………………………………………….

    • neli rahmawati
    • April 24th, 2011

    sayang aq ga pernah sampai alun-alun surya kencana, setiap ada pendakian selalu gagal dan ga pernah bs berangkat,selalu suamiku yg berangkat ke sana.
    tp keair terjun cibereumnya aq pernah dan gn.geger bentangnya..memang indah pemandangannya. sampai skrng masih besar keinginan q ke puncak gn. gede. Insya Allah,anakku sudah gede pasti aq ajak.

  7. di blik alam msih adda crita msteri.
    Tpi di blik itu smua psti adda ksaksian alam yg indah.
    Buat qwan qwan pcinta alam jga trus yy alam kita.

    HARPEAL.
    himpunan anak gondrong pecinta alam.

  8. ingn rsanya naek ke gede lgie tpi syang wktu yg mnghambat.

    Tahun kmaren krna cuaca yy yg kurang baik pncak pangrango gk trlihat krna tertutup kabut.

    Insyyaallah tahun ni kmi akan mndaki gn pangrango.
    Mda”han slamat smpe puncak pngranggo.

  9. subhanallah keren euy…

  10. aku suka ke indahanya,tapi sangat sayang banget.dari pos 1 smp kandang badak tdk pernah tidak sampah berserakan.awal Mei kami 6 org prihatin melihat kandang batu n kandang badak seperti TPA-Tempat Pembuangan akhir Sampah.bagi kami yg jauh2 dateng dri Jateng n hrs melewati birokrasi yg rumit,benar2 kecewa apa lagi ketika kami membawa sampah2 sebagian kecil,banyak orang yg melihat kita aneh n ada pula yang mentertawakan.sungguh suatu hal yg bertolak belakang dengan megahnya kantor pengelola.apakah slogan2 itu hanya tulisan??? sejauh mana partisipasi dari pengelola??? lihatlah pos2 di:air panas,kandang batu n kadang badak…
    sampah plastik2 n bahkan tdk sedikit pakaian+sepatu jg di tinggal sehingga tak nyaman utk di lewati.belum lagi pos2 or tempat istirahat yg laen…???
    PA-Pencinta Alam apakah harus kita ubah Perusak Alam?!.,…?

    • bedegul tukang ngibul
    • Juli 11th, 2011

    mohon koreksi kembali tulisan anda….megenai silsilah Pageran surya kencana n kake buyutnya

  11. wah.. saya belum kesana tu.. tapi kayaknya asyik..

    • manaseh
    • Desember 22nd, 2011

    saya baru dari puncak gede-pangrango kemarin.
    benar2 indah dan mengagumkan kuasa Tuhan.
    lelah yg dirasakan terbayar lunas ketika sampai di kedua puncak, gede dan pangrango.
    rasanya seperti ingin terus ada di puncak, menikmati alam dengan lebih dekat…

      • all_ramlly
      • Desember 24th, 2011

      prnah k gunung semeru?

    • all_ramlly
    • Desember 24th, 2011

    merenunglah setinggi gunung…. berfikirlah seluas samudra…

    • ihsan
    • Januari 25th, 2012

    tolong koreksi tulisan anda tentang eyang prabu siliwangi putra eyang surya kencana haji…..
    kl g salah eyang prabu putra eyang prabu wangi raja galuh

    • bie
    • Maret 19th, 2012

    klu kta hbis muncak dri puncak gunung gde pangrango trun lwt jlur cibodas..tiap pndaki pa5ti nympati k curug ciberium coba jga kta tatap dn konsen sbuah batu yg ad d tengah2 curug p5ti kta akn liat batu tr5but brubh mnjdi sesesok kake brjangut panjang seolh2 sdng br5emedi..

    • spicypizza
    • Mei 13th, 2012

    ya..selalu menyukai gunung gede

  12. bontot sii petualang :
    nggak ada misteri nggak seru…!!
    jadi sama ajj kita qlo mendaki tanpa ada tantangan….!!!
    by’sispala tangerang..

    • Ayu Nursita Al-paridi
    • Juni 15th, 2012

    selalu ada misteri dibalik panorama yang indah ..

      • rp
      • Agustus 4th, 2012

      prabu suryakencana keturunan prabu sri baduga siliwangi..pemegang tahta terakhir pajajaran sebelum pajajaran ngahiyang ilang tak tampak namun msh berdiri kokoh dialam ghaib.tanda pajajaran ada,mahkuta dititipkan kekerajaan sumedang..dipegang prabu geusan ulun. hyang suryakencana raja sunda pajajaran yg msh aktif dipangrango. lembah suryakencana adalah alun2 pertemuan prabu dgn segenap rakyat dan penghuni kerajaan baik manusia.jin dan leluhur sunda lainnya..

    • ahdiat
    • Juli 26th, 2012

    koreksi… dalamtulisan ini disebutkan Prabu Siliwangi adalah Putra Eyang Surya kancana… menurut hemat saya itu tidak benar, Prabu Siliwangi lahir sekitar Tahun 1400 an, sedangkan Eyang Surya Kancana tahun 1600 an, terpaut hampir 2 abad… tidak mungkin terjadi.. kalau Prabu siliwangi lari ke Puncak gede itu bisa dibenarkan… tetapi beda dekade dan beda kerajaan…tq

    • srri
    • Juli 29th, 2012

    emang cerita nya bener gk sih ko aneh ya

    • joefit
    • September 19th, 2012

    dari sekian cerita sy baru baru tau,kmrn sy baru ke gn gede yg sy liat ada patung sesosok kakek2 tinggi besa di air terjun’a berjenggot rambut sebahu,batu besar sebelum ke air terjun panas itu sy liat tpi misteri itu benar ga ya?

  13. kalo mau buang ari di atsa bagaimana ya

  14. ya..gtu deh asyik,ajib,mistik…kebsaran illahi mmang tk da btasny…

    • novayanda
    • Maret 4th, 2013

    Kalau kita sering baca buku politik,bisa jadi politikus…..
    Kalau kita sering baca buku ekonomi,bisa jadi econom…
    Kalau kita sering baca buku misteri,bisa jadi dukun..
    Lapendos

  15. Right now it seems like WordPress is the preferred blogging platform available right now.
    (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  16. Wow, that’s what I was seeking for, what a information! present here at this website, thanks admin of this website.

  17. Its not my first time to go to see this web page, i am browsing this web site dailly
    and take fastidious facts from here every day.

  18. Hi there every one, here every person is sharing these kinds of familiarity, thus it’s fastidious to read this webpage, and I used to visit this webpage everyday.

  19. I read this article completely concerning the
    comparison of most recent and previous technologies, it’s amazing article.

  1. November 21st, 2009
  2. Juni 8th, 2011
  3. Mei 9th, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 130 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: