Perolehan Suara Caleg Artis & Tokoh terkenal


Sejumlah artis calon anggota legislatif (caleg) yang bertarung memperebutkan kursi DPR RI mendominasi perolehan suara sementara dibandingkan caleg lainnya satu partai, Sabtu (11/4).

Hanya penyanyi dangdut Gitalis Dwi Natalia alias Gita KDI yang untuk sementara ini perolehan suaranya kalah oleh Yanuar Prihatin. Kedua caleg ini sama-sama berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar XI, meliputi Garut, Kabupaten Tasik, dan Kota Tasik.

Selain Gita KDI, artis Anna Tairas, yang bernama lengkap Yohana Tairas, untuk sementara tertinggal oleh Buki Wikagoe dengan perolehan suara 20 berbanding 62. Kedua caleg ini sama-sama dari Partai Gerindra dan bertempur di Dapil I Jabar (Bandung-Cimahi).

Artis lainnya sangat mendominasi. Artis senior Nurul Arifin paling melejit di antara caleg Golkar DPR RI yang sama-sama bertarung Dapil Jabar VIII (Karawang, Purwakarta, dan Bekasi). Nurul hingga pukul 15.00 kemarin dari data KPU Jawa Barat memperoleh 958 suara, sedangkan pesaing satu partainya, Hasanuddin, hanya 662.

Rieke Diah Pitaloka hingga pukul 15.00 meroket meninggalkan Ketua Dewan Pembina PDIP Taufik Kiemas yang sama-sama bertempur di Dapil Jabar 2 (Kab Bandung-Bandung Barat). Rieke “Oneng” menangguk suara 527, sedangkan suami Megawati itu baru 261 suara.

Caleg artis lainnya di Dapil Jabar 2, Derry Drajat dari PAN, yang menempati nomor urut 4, memperoleh suara 78, mengungguli politisi senior PAN Dedy Djamaludin Malik yang hanya meraup 37 suara. Rachel Maryam, calon dari Gerindra dan bersaing di Dapil Jabar 2, juga unggul di atas Yosse Yuliadra, dengan perolehan suara 80-49.

Di Dapil I (Kota Bandung, Kota Cimahi), caleg PPP Marissa Haque unggul di atas Wakil Sekjen DPP PPP, Somali Abdul Malik, dengan perolehan suara 90 berbanding 32. Tengku Firmasyah, caleg PKB, unggul dengan perolehan suara 49 jauh di atas Uun Munir yang hanya mendapatkan 5 suara.

Nurul Arifin dan Rieke Diah Pitaloka adalah artis yang memperoleh suara paling melejit di dapil masing-masing untuk sementara ini. Tidak ada satu pun caleg dari partai politik lainnya yang menyusul suaranya.

Ketika dikonfirmasi mengenai keunggulan sementaranya, Rieke mengatakan, ia enggan besar kepala. Ia akan melihat hasil akhir sesungguhnya. “Itu kan baru sementara. Saya gak mau sombong dulu, lihat saja nanti hasil sebenarnya,” ujar Rieke yang dihubungi Tribun lewat telepon.

Rieke menjelaskan, ia dalam meraup suara di Dapil II Jabar tentunya tidak mengandalkan popularitas keartisannya. Ia juga melakukan kampanye door to door.

“Saya turun ke bawah, loh. Dalam satu hari bisa 7 sampai 10 lokasi saya kunjungi, meskipun dalam keadaan hamil,” jelas Rieke, seraya mengatakan dirinya berterima kasih kepada para relawan dan stuktur partai PDIP.

Pun begitu dengan Primus Yustisio yang berada di Dapil IX Jawa Barat untuk PAN. Primus memperoleh 1.133 suara. Sebelumnya, ia sempat mencalonkan diri sebagai Bupati Subang, namun gagal lantaran kurang dukungan. Besarnya suara yang diperoleh para artis ini juga belum bisa memastikan mereka duduk di kursi DPR.

Nasib kurang baik didapatkan Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio yang diusung PAN sebagai caleg dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII. Dia baru mendapatkan 53 suara. Nasib serupa juga dialami Zulfikar Fawzi alias Ikang Fauzi. Caleg PAN dapil Banten I itu baru mendapatkan 180 suara.

Artis komedian Mandra YS yang dikenal melalui sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN memperoleh suara sementara Pemilu anggota DPR sebanyak 121 suara. Sesuai dengan data perolehan suara sementara yang dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Sabtu (11/4), Mandra yang Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan DKI Jakarta I nomor urut 2 ini memperoleh suara terbanyak kedua, setelah Andi Anzhar Cakra.

Di daerah pemilihan Jatim I yang meliputi Surabaya-Sidoarjo, nama besar Guruh Sukarno Putra di PDI-P tetap yang tertinggi dengan 667 suara disusul oleh caleg perempuan yang juga manager Persebaya Indah Kurnia dengan 466 suara.

Tak hanya PDI-P, Partai Golkar juga menempatkan caleg andalannya yaitu Priyo Budi Santoso diurutan teratas dengan 305 suara. Begitu juga dengan Partai Demokrat tetap menempatkan Gondo Radityo Gambiro sebagai pemenang dengan 526 suara. Hanya saja, kejayaan ini tidak dirasakan oleh Muhaimin Iskandar yang hanya mendapatkan 243 suara dan harus kalah dengan Imam Nahrowi yang mendapatkan 304 suara.

Kejayaan para tokoh partai maupun artis setidaknya juga terlilhat di dapil VII yang menempatkan Edie Baskoro (anak Presiden SBY) sebagai yang teratas dengan 4074 suara, disusul oleh Ramadhan Pohan 834 suara.

Tak hanya itu, di Dapil VI, Pramono Anung juga masih yang teratas dari PDI-P dengan mendapatkan 7170 suara. Angka yang diraih Pramono Anung ini setidaknya baru kalah jika dibandingkan dengan raihan calon dari Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang mendapatkan 13719 suara.

Nama-nama artis lainya yang bersaing memperebutkan kursi dewan seperti Samiadji Massaid atau yang akrab dengan panggilan Adji Massaid mendapat 91 suara, tertinggi di Partai Demokrat dapil Jawa Timur II (Pasuruan dan Probolinggo).

Venna Melinda artis yang kini aktif pengajar tari Salsa ini juga mendapat 386 suara di Partai Demokrat untuk dapil Jawa Timur 6. Perolehan suara Venna tertinggi kedua setelah Anas Urbaningrum caleg Partai Demokrat dengan 4.145 suara.

Berbagai Sumber

About these ads
  1. Ya…ya…ya… Marissa Haque dan suaminya Ikang FAwzi selalu alhamdulillah unggul ya?

  2. Mohon juga dibaca beberapa blogs yang dimiliki para figur publik ini antara lain> http://marissahaqe.kompasiana.com; http://ikangfawzi.blogdetik.com; http://ikang-marissa.blogspot.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 134 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: